Mana yang Lebih Baik Antara Waxing dan Mencukur? Simak Penjelasan Ahlinya

Oleh Aprilia Wahyu Melati pada 29 Sep 2022, 15:47 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 15:47 WIB
waxing-kezo
Perbesar
ilustrasi tips yang harus dilakukan sebelum melakukan waxing/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada cara yang benar atau salah untuk hair removal tubuh. Baik waxing, mencukur, atau memanfaatkan laser permanen, semua itu bisa dilakukan sesuai keinginan.

Meskipun ada beberapa metode penghilangan rambut sementara yang dipilih, mencukur dan waxing menjadi cara yang paling populer. Namun, jika bertanya antar keduanya mana yang lebih baik, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan seperti biaya, efek samping, dan masih banyak lagi.

Bagi yang penasaran, dilansir dari laman InStyle, Rabu (28/9/2022), begini kira-kira perbedaan keduanya sehingga Anda dapat memilih mana yang cocok untuk tubuh.

Selama Perawatan Waxing

Selama perawatan waxing, lilin hangat dioleskan ke kulit dan dengan cepat dihilangkan setelah dingin. Cara ini dengan cepat menghilangkan rambut dari akarnya.

Perlu diketahui, ada dua jenis lilin yang biasanya digunakan. Ada lilin lunak yang membutuhkan strip kain untuk dihilangkan dan dibuat dengan damar, minyak, dan aditif lainnya. Ada pula lilin keras yang tidak memerlukan strip dan biasanya terbuat dari damar, lilin lebah, dan minyak.

Namun, cara ini membutuhkan, waktu, kesabaran, dan perencanaan.

Meski hampir setiap bagian bisa waxing, Ahli Estetika di BEAUTYBEEZ Jessica Houston mengatakan di area kemaluan, ketiak, alis, dan bagian atas adalah paling umum. Sebelum waxing, para ahli mengatakan penting untuk melakukan eksfoliasi 48 jam sebelumnya, minum banyak air sebelumnya, dan minum pereda nyeri jika diperlukan.

Penting juga untuk tidak menggunakan retinol atau produk retinoid lainnya pada area yang akan Anda waxing sekitar 7-10 hari sebelumnya. Hal ini karena akan membuat kulit lebih halus yang kemudian dapat terkelupas dengan lilin sehingga menyebabkan luka dan koreng.

Efek Samping Waxing

Selama perawatan dan setelahnya, Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan berupa kemerahan, ruam, benjolan sementara, rambut tumbuh ke dalam, dan kepekaan terhadap sinar matahari. Ahli kecantikan mungkin mengoleskan gel lidah buaya setelah wax untuk membantu meringankan beberapa efek samping ini.

Seiring waktu, kata Ahli Bedah Plastik Wajah Utama dari DeRosa Center Plastic Surgery & Med Spa Jaimie DeRosa, waxing secara teratur dapat memperburuk penuaan kulit.

"Dalam jangka panjang, tarikan berulang pada kulit selama waxing juga dapat menyebabkan peregangan kulit dan mempercepat penuaan kulit dan kerutan," jelasnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Mencukur yang Benar

Cukur bulu ketiak
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/goffkein.pro

 

Selain waxing, Anda juga bisa mencukur sendiri. Mencukur berarti menghilangkan bulu tubuh menggunakan pisau cukur yang menggores tepi atas kulit untuk menghilangkan bulu.

Dalam hal ini, ada beberapa jenis pisau cukur yang biasa digunakan untuk menghilangkan bulu. Ada pisau cukur dengan pengaman, yang biasanya sekali pakai atau pisau cukur lurus, yang terlihat seperti pisau terbuka. Selain itu, ada pula alat cukur listrik, yang biasanya lebih mahal tetapi menghasilkan pencukuran yang lebih dekat.

Untuk mempersiapkan bercukur, cukup bersihkan kulit lalu mulai mencukur perlahan. Banyak yang memilih untuk menggunakan krim cukur agar membantu pisau cukur meluncur mulus di kulit.

"Waktu yang tepat untuk bercukur adalah setelah atau selama Anda mandi karena kulit Anda akan hangat dan lembap dan juga bebas dari minyak berlebih dan sel kulit mati," jelas DeRosa. "Gunakan krim atau gel cukur yang bagus untuk hasil terbaik," lanjutnya.

Sementara itu, seberapa sering Anda perlu mencukur akan bervariasi berdasarkan jenis rambut.

"Untuk beberapa orang, Anda mungkin melihat pertumbuhan rambut yang membutuhkan pencukuran setiap hari, sementara yang ada pula yang mencukur setiap dua hingga tiga hari untuk bercukur bersih," kata DeRosa. "Beberapa variabilitas frekuensi ini berkaitan dengan ketebalan rambut - janggut rambut yang lebih kasar lebih mudah dirasakan daripada rambut halus yang lebih lembut."

Efek Samping Mencukur

Menggunakan pisau cukur yang tumpul atau menggunakan terlalu banyak tekanan saat menggunakan pisau cukur di atas kulit dapat menyebabkan luka bakar, luka, gatal, lecet, rambut tumbuh ke dalam, dermatitis kontak, dan jerawat atau juga dikenal sebagai folikulitis.

"Salah satu cara terbaik untuk mengurangi efek samping ini adalah dengan sering mengganti pisau cukur Anda dan menggunakan krim cukur, bukan sabun," kata ReRosa.

Dia menjelaskan, "Krim cukur memberikan hidrasi dan pelumasan tambahan pada kulit selama bercukur. Ini juga merupakan pengingat yang bagus tentang di mana Anda telah berada sehingga Anda tidak pergi ke tempat yang sama lebih dari sekali."

Nantinya hidrasi dari krim akan membantu menjaga rambut tetap lembut sehingga lebih mudah bagi pisau cukur untuk memotong, yang pada gilirannya akan mencegah pisau cukur terbakar dan terpotong.

 


Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi mencukur bulu
Perbesar
Ilustrasi mencukur bulu (Foto: Instagram/tendskin.official)

Jawaban atas pertanyaan ini bermuara pada metode mana yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

"Hampir semua jenis kulit bisa di-wax atau dicukur jadi ini lebih tentang apa yang lebih mudah dan memakan waktu lebih sedikit untuk Anda," kata DeRosa.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan Anda adalah seberapa sering Anda perlu mempertahankan hasil dan harga.

Biasanya, waxing bisa bertahan empat sampai enam minggu, sedangkan mencukur perlu dilakukan setiap beberapa hari.

"Hasil waxing bertahan lebih lama daripada mencukur. Biasanya dibutuhkan dua hingga tiga minggu setelah wax agar rambut Anda lebih panjang dari sebutir beras (panjang yang dibutuhkan untuk mendapatkan wax)," kata Houston. "Jadi waktu tumbuhnya lebih lama. Sedangkan dengan mencukur, pertumbuhannya bisa terlihat dalam beberapa hari."

Dan akhirnya, area tubuh yang Anda kerjakan menentukan apakah Anda memilih waxing atau mencukur. "Mencukur lebih nyaman dan lebih mudah dilakukan di area tubuh yang lebih luas," kata DeRosa.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya