10 Trik Makeup bagi Wanita Berumur 50 Tahun, Dijamin Berhasil

Oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah pada 27 Sep 2022, 09:17 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 09:20 WIB
Alat Make Up
Perbesar
Ilustrasi Foto Alat Make Up (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang dunia Make up insta-tren, perlu diperhatikan keamanan dan kenyamanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Melansir laman AARP, Selasa (27/9/22) seorang editor kecantikan yang telah menghabiskan puluhan tahun untuk pemotretan dengan penata rias dan selebriti papan atas, berbagi tips 10 kiat terbaik yang terbukti benar untuk wanita berusia 50 tahun ke atas. Apa saja tipsnya?

1. Mulai berhias dalam keadaan wajah bersih dan segar

Memulai riasaan dengan mencuci, membersihkan dan melembabkan wajah terlebih dahulu.  Gunakan air hangat, pijat wajah, dan aplikasikan krim, minyak, atau serum yang sesuai dengan jenis kulit anda untuk  mengencangkan garis, menghaluskan, dan menghidrasi kulit kering atau pascamenopause.

2. Lakukan riasan mata sebelum wajah

Supaya tidak khawatir tentang bedak yang jatuh di pipi atau noda liner di bawah mata yang dapat “menodai” alas bedak, perona pipi atau concealer sehingga membutuhkan pengulangan.

Lakukan dengan mempersiapkan kelopak mata menggunakan primer atau krim terlebih dahulu untuk membuat riasan mata tetap segar dan menjamin aplikasi yang lebih halus dan merata.

3. Memperkuat mata dengan menggunakan liner pensil gel berwarna coklat atau hitam

pilih liner tahan air sebab lebih berpigmen daripada pensil kohl biasa, tidak berantakan dibandingkan gel kuas dan lebih bagus daripada cairan atau spidol yang keras, untuk menciptakan kembali mata yang lebih tegas dan jelas.

Buat sketsa di sepanjang dasar kelopak mata atas dengan gerakan maju-mundur kecil. Mulailah dari mata paling luar dan kerjakan ke arah saluran air mata, lancip tiga perempat dari jalan masuk.

Sedekat mungkin ke akar bulu mata untuk mengisi celah secara menyeluruh. Pigmen padat (bukan ketebalan garis) inilah yang menghasilkan batas yang kuat.

Perkuat bentuk mata dengan "mengencangkan" garis air di bawah bulu mata bagian atas. Tekan perlahan tulang alis untuk mengekspos bagian bawah tepi dan garis.

Gunakan sentuhan ringan saat melapisi di bawah mata, atau untuk lebih banyak drama (terutama pada mata yang dalam), gariskan garis air kelopak mata bawah sebagai gantinya

4. Gunakan penjepit mata dan maskara hitam

Posisikan penjepit dengan membukanya lalu dekatkan dengan pangkal bulu mata, jepit perlahan selama 30 detik, kemudian aplikasikan maskara berwarna hitam.

5. Gunakan bayangan netral untuk menonjolkan mata

Rona alami nada hangat untuk mata gelap, nada dingin untuk mata terang.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tips Lain

Make Up - Vania
Perbesar
Ilustrasi Make Up/https://unsplash.com/Freestocks

6. Bentuk alis 

Gunakan pensil alis dengan sapuan bulu pendek mengikuti arah pertumbuhan rambut. Kemudian, jika perlu, isi area yang jarang dengan bedak, yang akan menempel pada alas pensil. Gunakan sikat spiral atau tongkat maskara tua yang bersih untuk membaur. 

7. Gunakan cahaya dan kecerahan, bukan cakupan

Riasan wajah mengembalikan cahaya dan memberikan tampilan yang sehat. Gunakan satu warna lebih hangat atau lebih keemasan daripada warna yang cocok untuk melawan kulit pucat  untuk menetralkan kemerahan atau rosacea.

Selanjutnya, pilih alas bedak dengan kata “luminous” pada nama produk untuk memastikan teknologi pemantul cahaya yang membuat kulit Anda bercahaya.

Terakhir, pilih alas bedak dewasa yang dewy dan tipis namun berpigmen tinggi dan lupakan hal-hal yang tidak memakai riasan. Kulit yang tampak bagus adalah aset kecantikan terbesar Anda.

8. Gunakan kuas makeup

Mulailah dari tengah wajah Anda dan ratakan alas bedak ke arah luar, memudar ke arah rahang dan garis rambut untuk aplikasi yang mulus.

Gunakan gerakan bolak-balik dan melingkar dan kembali ke lubang hidung, di bawah hidung, di sekitar bibir dan di lipatan hidung-ke-mulut, di mana riasan berlebih cenderung mengendap.

Gunakan kuas concealer yang lebih kecil untuk memadukan kamuflase di bawah mata, di sudut dalam di sebelah hidung dan pada bintik-bintik cokelat tertentu, kapiler yang rusak, atau noda yang mengganggu Anda.

 9. Padukan blush on krim cerah tinggi di tulang pipi

Pilih warna pink, mawar, aprikot atau merah yang cerah dan jelas, tergantung pada warna kulit Anda. Apa yang tampak awalnya mengejutkan memudar saat Anda me-tap-blend untuk meleleh dengan mulus ke dalam kulit. Lalu kunci menggunakan bedak tabur. 

10. Ganti lip liner dan lipstik 

Sesuaikan lip liner dengan warna bibir alami Anda. Buat sketsa batas tetapi perbaiki garis bibir atas yang pudar, asimetris, atau menipis dengan sedikit membulatkan busur alih-alih menggambar dua titik baru.

Kemudian isi seluruh mulut dengan liner sebagai alas untuk mencegah migrasi cincin-sekitar-mulut dan lipstik menjadi garis.

Pilih lipstik berwarna krem ​​bukan gloss. Jika Anda lebih suka warna nude, lewati warna pucat untuk warna yang cocok dengan warna bibir dan liner Anda.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya