Sukses

Cobain Scrub Pakai Gula dan Minyak Kelapa, Ini Manfaat dan Cara Buatnya

Selain itu, scrub gula dengan minyak kelapa terbukti bermanfaat ganda untuk tekstur kulit.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang mendambakan kulit yang bercahaya, berkilau, dan sehat. Namun, produk perawatan kulit saja ternyata tidak cukup. Penggunaan lulur diperlukan demi membuat hasil yang maksimal. Salah satu bahan yang bisa dicoba adalah lulur gula dan minyak kelapa.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa pengelupasan kulit adalah kunci utama untuk mendapatkan kulit yang lembut dan mulus. Betapapun buruknya mengonsumsi gula, ia bekerja secara ajaib sebagai bahan perawatan kulit dan kecantikan.

Selain itu, scrub gula dengan minyak kelapa terbukti bermanfaat ganda untuk tekstur kulit. Hal terbaik lainnya, lulur ini mudah dibuat hanya dengan dua bahan bahkan Anda bisa membuat dalam hitungan detik di.

Untuk mengetahuinya, ini manfaat dan cara membuat scrub gula dan minyak kelapa seperti melansir laman Pinkvilla, Jumat (26/8/2022).

Pembuatan

Resep scrub gula minyak kelapa sangat mudah. Untuk membuat scrub gula buatan sendiri, yang harus Anda lakukan adalah menggabungkan gula dan minyak kelapa sampai Anda mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

Jika minyak kelapa Anda keras, hangatkan sedikit sampai menjadi setengah cair, sehingga lebih mudah untuk mencampur gula.

Berikut ini langkah pembuatannya.

1. Campurkan dua bagian gula atau sekitar satu cangkir dengan satu bagian minyak kelapa atau 1/2 cangkir.

2. Anda dapat menambahkan lebih banyak gula jika Anda menginginkan konsistensi yang lebih kasar atau menambahkan lebih banyak minyak untuk konsistensi yang lebih cair. Dengan catatan, jika Anda seorang pemula dalam scrubbing, harap gunakan lebih sedikit gula agar tidak terlalu kasar, sampai kulit Anda, terutama kulit wajah, terbiasa.

3. Anda dapat meningkatkan scrub gula minyak kelapa Anda dengan memasukkan bahan-bahan lain, seperti kulit jeruk (jeruk, jeruk bali, beri, jeruk nipis, dll.) dan/atau minyak esensial (jeruk bali, delima, lavender, lemon, dll.).

4. Berhati-hati dan gunakan minyak esensial dalam jumlah yang terkontrol, karena minyak ini bisa jauh lebih kuat daripada bahan dasar Anda yang lain.

Tidak lebih dari jumlah yang disebutkan di atas minyak esensial atau kulit jeruk harus digunakan, yang akan banyak dan memadai untuk memberikan aroma yang menyenangkan dan manfaat kesehatan yang intens.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat

1. Pengelupasan kulit yang efektif

Minyak kelapa dengan scrub gula secara efisien dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati. Dibandingkan dengan garam, partikel gula kurang abrasif. Oleh karena itu, mereka membersihkan kotoran, membuka pori-pori Anda, merangsang pertumbuhan sel kulit, dan menghilangkan semua sisa riasan dari kulit Anda dengan lebih efektif.

2. Membantu dalam perawatan kulit

Minyak kelapa mengandung nutrisi yang kaya seperti vitamin E yang mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Saat menggunakan minyak kelapa untuk scrub gula demi pengelupasan kulit Anda, ingatlah untuk tidak melelehkan gula sepenuhnya, sehingga minyak kelapa tetap relatif lunak atau semi-cair, tetapi tidak sepenuhnya cair. Metode ini memastikan bahwa butiran gula tersebut akan secara efisien membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengikis sel-sel kulit mati Anda, dan menghilangkan kotoran, kotoran, dan kotoran yang melapisi wajah Anda.

3. Membantu menjaga kulit tetap terhidrasi

Minyak kelapa bersifat melembabkan secara alami. Ini adalah emolien yang sangat baik dan sangat bermanfaat dalam mencegah kulit kering, bersisik, kulit mati dan mengobati kondisi seperti dermatitis atopik. Di sisi lain, gula adalah humektan brilian yang menyerap kelembapan dari lingkungan untuk menjaga kulit Anda terhidrasi.

4. Membantu sebagai penghapus riasan mata yang efektif

Semua orang di luar sana yang harus menghapus riasan tahu bahwa prosesnya sangat menjengkelkan, memakan waktu, membuat stres, dan menyakitkan. Tidak hanya itu, bahan kimia keras di sebagian besar produk penghapus makeup ternyata sangat buruk bagi kulit Anda. Mereka juga dapat membuat wajah Anda terlihat bernoda, mengerikan, dan jengkel, belum lagi rasa sakit dan air mata yang Anda dapatkan jika secara tidak sengaja masuk ke mata Anda. Sebaliknya, scrub gula minyak kelapa dapat dengan cepat, mudah, dan tanpa rasa sakit menghapus semua riasan dari wajah Anda sekaligus mengelupas, membersihkan, dan melembabkan kulit.

5. Minyak kelapa membunuh bakteri berbahaya

Minyak kelapa, tidak diragukan lagi, memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang membantu mencegah masalah terkait kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

6. Mengandung sifat antioksidan

Sifat antioksidan minyak kelapa dalam scrub gula melindungi kulit Anda dari kerusakan lingkungan, radikal bebas, dan juga stres oksidatif.

7. Dapat menunjukkan efek anti-penuaan

Lulur gula minyak kelapa terbukti bermanfaat. Jika Anda menggunakan scrub ini, terutama yang buatan sendiri, setidaknya dua kali seminggu, Anda pasti akan melihat peningkatan pada penampilan Anda. Dengan manfaat antioksidannya, akan ada peningkatan nyata dalam elastisitas kulit yang pada gilirannya akan mengurangi kerutan Anda, membuat kulit Anda terasa lebih halus dan terlihat lebih muda.

8. Dapat mencegah benjolan pisau cukur dan rambut yang tumbuh ke dalam

Menggunakan scrub gula minyak kelapa pada area yang terkena di mana Anda mendapatkan rambut yang paling banyak tumbuh ke dalam atau baru-baru ini menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan rambut sekitar minimal tiga kali seminggu mungkin akan mencegah rambut Anda menggulung di dalam kulit Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.