Sukses

Sarung Bantal Sutra Vs Satin, Mana yang Lebih Baik untuk Rambut?

Memang ada banyak bahan yang sering digunakan untuk sarung bantul. Namun, antara bahan satin atau sutra, manakah yang lebih baik?

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya sampo atau kondisioner, memilih bahan sarung bantal untuk tidur pun ternyata diperlukan demi melindungi rambut tetap sehat. Lantas, bahan seperti apa yang kira-kira baik digunakan?

Memang ada banyak bahan yang sering digunakan untuk sarung bantul. Namun, antara bahan satin atau sutra, manakah yang lebih baik?

Menanggapi hal tersebut, beberapa ahli rambut menguraikan perbedaan antara sarung bantal sutra dan satin. Untuk mengetahuinya, berikut ini bahan sarung bantal yang lebih baik digunakan untuk membantu merawat rambut seperti melansir laman InStyle, Selasa (23/8/2022).

Bahan Sutra

Sutra adalah serat alami yang diproduksi oleh serangga untuk membuat kepompong dan sarangnya. Ini pertama kali dikembangkan di Tiongkok kuno. Bahkan perdagangan sutra dimulai lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Serat ditenun menjadi tekstil dan digunakan untuk membuat berbagai macam produk, mulai dari gaun hingga sarung bantal.

Seperti yang diketahui, bahan sutra dikenal mewah dan lembut, hypoallergenic, dan kurang menyerap dibandingkan kain lainnya. Atribut inilah yang membuat sutra bagus untuk rambut Anda.

"Kami terbiasa tidur di atas sarung bantal katun, tetapi kapas dikenal karena daya serapnya yang besar. Karena kami tidur di atasnya rata-rata delapan jam sehari, itu berarti bahwa dalam delapan jam itu ia memiliki semua waktu untuk menyerap semua kelembapan dan minyak keluar. rambut dan kulit Anda," kata Ahli Trikologi dan Rhyme & Reason Ambassador Angela Onuoha. "Sutra tidak melakukan itu. Jadi semua kelembapan dan minyak tetap ada di kulit dan rambut Anda."

Di samping itu, sutra juga menghasilkan lebih sedikit gesekan pada rambut. "Rambut Anda tidak akan tersangkut dan patah karena bahannya memungkinkan rambut Anda meluncur dengan lembut saat bergerak di atas bantal," kata StyleSeat Hairstylist dan Natural Haircare Professional Erinn Courtney.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Satin

Sedangkan bahan satin mungkin sekilas terlihat seperti sutra, tapi tidak persis sama. Dulu satin terbuat dari sutra, sekarang satin sering dibuat dengan campuran katun dan serat sintetis seperti poliester dan rayon.

Satin menawarkan manfaat perawatan rambut yang mirip dengan sutra, tetapi tidak akan mempertahankan kelembapan sebaik sutra. "Satin menyerap sedikit lebih banyak daripada sutra karena merupakan campuran dari banyak bahan termasuk katun, tetapi masih kurang dari 100 persen sarung bantal katun," kata Onuoha. "Ini memberi sedikit lebih banyak gesekan daripada sutra tetapi sekali lagi: jauh lebih sedikit daripada kapas."

Mana yang sebaiknya digunakan?

Kedua jenis sarung bantal akan lembut pada rambut keriting, membantu mencegah kerusakan dan kekeringan. Yang mana yang Anda pilih tergantung pada beberapa faktor, seperti harga dan preferensi.

"Saya lebih suka satin karena lebih murah daripada sutra, tetapi juga lebih halus dari sutra, mengurangi gesekan antara helai rambut dan sarung bantal," kata Ilmuwan, dan Pendiri Alodia Hair Care Isfahan Chambers-Harris, Trichologist.

Selain itu, kualitas adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan. "Perbedaannya mungkin terletak pada kualitas sarung bantal dan seberapa lama sarung bantal tersebut dapat bertahan selama Anda dicuci dan dipakai sehari-hari," kata Courtney. Sutra biasanya akan bertahan lebih lama karena kualitasnya lebih tinggi.

Jika Anda menggunakan satin karena lebih sesuai dengan anggaran Anda, itu masih merupakan peningkatan besar dari sarung bantal katun. Dan jika Anda benar-benar khawatir tentang hilangnya sedikit kelembapan, Onuoha menyarankan untuk memberikan perawatan minyak cepat pada rambut keriting Anda. Oleskan beberapa tetes serum ke ujungnya, lalu kerjakan apa yang tersisa di tangan melalui sisa helai rambut Anda untuk mengimbanginya. kehilangan itu dalam semalam," katanya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.