Sukses

Ketahui Mana Lebih Wangi Antara Eau de Toilette Vs Eau de Parfum?

Lantas, apa perbedaan Eau de Toilette vs Eau de Parfum?

Liputan6.com, Jakarta Suka atau tidak, wewangian begitu menggugah. Terlebih untuk Eau de Toilette dan Eau de Parfum yang mungkin sudah banyak dikenal. Namun bagi yang belum tahu, pasti akan bertanya-tanya terkait perbedaan keduanya.

Lantas, apa perbedaan Eau de Toilette vs Eau de Parfum?

Sebelum mengetahuinya, ketahui bahwa area di dalam otak yang mengontrol ingatan, emosi, dan aroma semuanya saling terkait. Itu artinya, tanpa diragukan lagi, ada hubungan tak terkendali antara ingatan dan wewangian yang paling kuat. Jadi, dalam arti tertentu, memilih parfum tidak hanya memilih aroma, Anda juga bisa membuat orang-orang mengenal Anda hanya dari wangi tersebut.

Dengan banyaknya pilihan dan aroma, Anda sebaiknya perlu tahu dulu perbedaan antara Eau de Toilette vs. Eau de Parfum.

"Eau de parfum memiliki konsentrasi minyak wangi yang lebih tinggi daripada eau de toilette," jelas NEST New York Laura Slatkin dilansir dari InStyle, Rabu (24/8/2022).

"Dalam dunia wewangian, urutan konsentrasi tertinggi hingga terendah adalah parfum murni, yang cenderung padat: eau de parfum, eau de toilette, dan eau de cologne," jelasnya.

Umumnya, eau de parfum terdiri dari 15 hingga 20 persen minyak parfum. Sedangkan skala eau de toilette sedikit lebih rendah, mulai 10 hingga 15 persen, menurut Bee Shapiro yang menjadi pendiri lini wewangian bersih yang berbasis di NYC, Ellis Brooklyn.

Komposisi yang tepat akan bervariasi antar merek, tetapi merupakan taruhan yang aman untuk menganggap eau de toilette sebagai "lebih ringan dan lebih segar", kata Direktur Pemasaran Wewangian di Prancis Dipryque Eduardo Valadez. Sementara parfum cenderung "lebih padat dan lebih kaya" karena konsentrasinya yang lebih tinggi.

Apakah harumnya sama?

Jika kedua jenis wewangian dibuat dengan harum yang sama, maka ya, mereka akan berbau serupa, tetapi tidak persis sama. Misalnya, semprotan lavender eau de parfum akan melepaskan konsentrasi wewangian yang lebih tinggi daripada eau de toilette.

Kemudian ketika tingkat minyak wangi meningkat, "harum tertentu dapat berkembang pada kulit menjadi lebih kaya, lebih tajam atau lebih manis," tergantung pada susunan kimiawi aromanya, jelas Valadez.

Tingkat konsentrasi yang berbeda dari wewangian yang sama bisa sangat halus yang semuanya merupakan bagian dari kesenangan, menurut Shapiro.

Hal itu karena "memungkinkan harum atau bahan yang berbeda untuk bernafas," menciptakan pengalaman tunggal bagi pemakainya.

Untuk Diptyque, wewangian sering di-tweak dengan lembut di antara kedua jenis untuk menghasilkan dimensi yang sedikit berbeda.

"Di Do Son eau de toilette, Anda memiliki bunga sedap malam, melati, dan bunga jeruk," tutur Valadez. "Saat menggunakan eau de parfum, Anda mengalami overdosis tuberose, yang membawa sensasi baru yang lebih tinggi pada aromanya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kedaluwarsa

Terkait kedaluwarsa, Slaktin menerangkan, "Tergantung pada kualitas bahan dan tempat penyimpanannya, sebagian besar parfum memiliki masa simpan setidaknya tiga hingga lima tahun.”

Akan tetapi, dia juga mengatakan bahwa itu benar-benar tergantung pada arsitektur masing-masing aroma.

Eau de toilette cenderung kedaluwarsa sedikit lebih lambat. Itu berkat konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dalam formulasinya yang bertindak sebagai pengawet pelindung. Di sisi lain, wewangian yang bersih dan bebas alkohol akan kehilangan intensitas paling cepat.

Untuk memaksimalkan masa simpan eau de parfum atau eau de toilette, Slatkin menyarankan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk, kering, dan gelap.

Waspadalah terhadap cahaya yang berlebihan, variasi suhu (terutama panas), dan paparan oksigen. Sebab, hal itu akan mempercepat kerusakan wewangian.

Sementara jika warna parfum berubah menjadi lebih gelap, atau aromanya menjadi sedikit asam atau apek, inilah saatnya untuk pensiun.

 

 

3 dari 4 halaman

Mana yang lebih tahan lama?

Sebagian besar, eau de parfums bisa bertahan lebih lama, kata Shapiro, yang juga memperingatkan bahwa catatan yang berbeda membawa pola umur panjang yang berbeda.

"Anda tidak bisa membandingkan, katakanlah, eau de parfum yang sangat segar dengan eau de toilette yang sangat berkayu," jelasnya.

"Buah dan nada segar cenderung menjadi nada teratas dan menguap lebih cepat, bahkan pada konsentrasi yang lebih tinggi."

Tapi mungkin imajinasi paling keren dari semua jenis parfum adalah bahwa pengalaman setiap pemakai wewangian berbeda, tergantung pada bagaimana formulasi bereaksi dengan minyak spesifik kulit.

Dengan kata lain, jangan membabi buta membeli parfum yang begitu harum karena mungkin baunya kurang gurih bagi Anda.

Wewangian melekat pada minyak, kata Shapiro, dan mereka yang memiliki kulit lebih kering mungkin perlu memakai konsentrasi wewangian yang lebih tinggi agar memiliki dampak.

Di atas segalanya, Anda harus mematuhi aturan emas aroma, menurut Valadez. Dia dengan tegas mengatakan, "Jangan pernah menilai wewangian sampai Anda mencobanya pada kulit Anda sendiri."

Mana yang lebih murah?

Melihat titik harga di antara keduanya, mudah untuk menilai eau de toilette sebagai produk yang lebih murah.

"Eau de toilette lebih murah karena memiliki konsentrasi minyak wangi halus yang lebih rendah," kata Slatkin. "Bukan karena bahannya berbeda."

Intensitas wewangian yang ingin dikenakan sepenuhnya terserah Anda. Akan tetapi, lebih baik Anda memakai "apa yang Anda hubungkan dan apa yang harum untuk Anda, terlepas dari konsentrasinya," kata Valadez.

 

4 dari 4 halaman

Pemakaian

Eau de parfum cocok dengan aktivitas malam hari dan iklim yang lebih dingin karena aroma menghilang lebih cepat di udara kering. Jadi, Anda memerlukan konsentrasi wewangian yang lebih tinggi untuk hasil aroma yang sama.

Untuk pemakaian siang hari dari salah satu wewangian, semprotkan aroma langsung ke titik nadi — leher atau pergelangan tangan — dan untuk meningkatkannya di malam hari, tambahkan semprotan udara dan berjalan melewatinya, atau semprotkan parfum sekali atau dua kali ke rambut panjang. untuk aroma yang mudah dan berhembus dengan gerakan.

Mengenakan wewangian adalah seni yang bagus dan tindakan penyeimbang, tetapi itu menambahkan tingkat ekspresi diri yang menyenangkan tanpa pernah mengucapkan sepatah kata pun.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.