Sukses

Orang Sukses Punya 5 Kekuatan Mental Ini, Apa Itu?

Ada lima kekuatan mental utama yang semuanya bekerja sama untuk membantu seseorang sukses. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Ketika menginginkan tubuh jadi lebih bugar secara fisik, Anda perlu melatih tubuh. Salah satunya bisa berkonsentrasi pada otot tertentu, seperti bisep atau paha depan. Bahkan Anda pun bisa melakukan hal yang sama dengan menjaga kekuatan mental.

Selama25 tahun lebih penelitian Jody Michael sebagai psikoterapis, dia menemukan bahwa ada lima kekuatan mental utama yang semuanya bekerja sama untuk membantu seseorang meningkatkan kecerdasan emosional, menanggapi situasi dengan lebih tahan banting, membangun hubungan antarpribadi yang lebih kuat, dan berkembang dalam semua bagian kehidupan.

Sementara banyak orang sukses telah menguasai hal ini, kebanyakan orang belum menguasainya. Lantas apa saja itu?

Dilansir dari CNBC, Senin (22/8/2022), berikut ini lima kekuatan mental yang Anda butuhkan demi mencapai kesuksesan dalam hidup.

1. Akuntabilitas

Anda akan terkejut melihat betapa banyak orang yang salah mengira bahwa mereka telah menguasai yang satu ini.

Akuntabilitas pribadi tidak ada hubungannya dengan tindakan sehari-hari, seperti datang ke kantor atau membawa anak-anak Anda ke latihan bisbol tepat waktu.

Ini berfungsi pada tingkat yang jauh lebih radikal, di antaranya:

- Anda berhenti menyalahkan orang lain dan keadaan atas apa yang Anda rasakan atau atas apa yang telah terjadi.

- Anda sepenuhnya memiliki bagian Anda dalam hasil Anda, bahkan saat mengenali kontributor potensial lainnya untuk apa yang telah dibuka

- Anda memiliki apa yang menjadi milik Anda dan Anda menahan orang lain untuk memiliki apa yang menjadi milik mereka.

2. Keyakinan yang bermanfaat

Sebagian besar dari kita berpikir bahwa keyakinan adalah kebenaran. Tetapi itu sebenarnya adalah seperangkat asumsi yang berarti bahwa kita dapat bereksperimen dengannya. Kita bisa menyelidiki keyakinan, menantang, dan mencoba memikirkan yang baru.

Berikut adalah beberapa pendekatan berguna yang bisa Anda lakukan.

- Kolaboratif

Ini adalah pendekatan “Saya menang ketika Anda menang”. Mungkin setiap orang tidak mendapatkan semua yang mereka inginkan, tetapi mereka semua pergi dengan perasaan didengar dan disertakan.

- Kemungkinan

Pendekatan ini memungkinkan Anda untuk mengambil langkah mundur dan mengesampingkan sementara semua hambatan, masalah atau keraguan yang dirasakan untuk memberikan diri Anda kebebasan untuk membayangkan hasil yang ideal.

- Peluang

Bahkan di saat konflik, Anda dapat bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa menemukan peluang dalam situasi apa pun yang saya hadapi?”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Penilaian diri

Dapatkah Anda secara akurat menilai sendiri keadaan internal? Ini adalah komentar yang mungkin sering berlalu-lalang di kepala, suasana hati dan emosi yang Anda rasakan.

Katakanlah Anda sedang dalam suasana hati yang sangat buruk. Itu tidak jelas. Tetapi jika Anda memiliki otot penilaian diri yang kuat, Anda dapat mengatakan bahwa Anda mengalami kombinasi kekecewaan, kemarahan dan kecemasan dan sakit kepala yang berdenyut.

Tujuannya adalah untuk menjadi lebih baik dalam mengelola dan mengatur emosi dan respons Anda terhadap pemicu.

4. Punya banyak sudut pandang

Jika seperti kebanyakan orang, Anda berfokus untuk membuktikan bahwa posisi Anda adalah yang benar. Tetapi ketika Anda dapat melihat banyak sudut pandang yang berbeda, Anda memiliki kemampuan untuk memahami dan mempertimbangkan perspektif yang tidak selaras dengan Anda.

Ketika menghargai dan mengizinkan perbedaan pendapat, Anda dapat meninggalkan percakapan tanpa perlu menentukan siapa yang benar atau salah.

Bergerak melampaui kesederhanaan hitam/putih atau benar/salah. Berlatih menangguhkan penilaian dan merangkul kompleksitas abu-abu serta potensi “yang belum diketahui”.

5. Menenangkan fisiologi Anda

Terkadang beberapa orang meremehkan kekuatan besar yang dimiliki atas keadaan fisik ketika sedang tertekan atau kesal dalam beberapa cara. Lantas, bagaimana mengubahnya secara umum?

Tentu dengan mempengaruhi sistem saraf diri sendiri. Di satu sisi, tidak membantu, kita dapat dengan mudah mengintensifkan keadaan katabolik, seperti “terluka” karena sesuatu. Tapi dengan membantu, kita juga bisa menenangkan diri.

Ada banyak teknik yang sangat efektif, seperti latihan pernapasan dan relaksasi otot, yang dapat Anda gunakan untuk mengubah keadaan fisik dengan cepat saat Anda merasa terpicu atau terancam.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.