Sukses

Daftar 20 Makanan yang Sebaiknya Tidak Ditaruh di Kulkas, Apa Saja?

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemarin es.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa tidak semua makanan dan minuman boleh ditaruh di kulkas? Sebagai gantinya makanan tersebut lebih baik disimpan di dalam suhu ruangan.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang tidak boleh disimpan di dalam lemari es atau kulkas?

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang sebaiknya tidak disimpan di dalam lemarin es seperti melansir dalam indiatimes.com, Jumat (19/8/2022).

1. Tomat

Jika tomat disimpan di lemari es, rasanya mungkin akan hilang. Untuk mencegahnya menjadi hambar dan teksturny, tomat sebaiknya dijauhkan dari lemari es.

2. Pisang

Buah satu ini membutuhkan suhu sedang untuk bisa matang. Anda dapat, bagaimanapun, meninggalkannya di lemari es jika ingin buah pisang cepat matang.

3. Alpukat

Mereka hampir selalu perlu matang setelah pembelian. Menyimpannya di lemari es akan memperlambat proses ini. Alpukat akan tetap enak dan matang secara alami jika disimpan di tempat yang kering di atas meja.

4. Semangka

Jika semangka dimakan segar, harus dipotong dan ditempatkan di lemari es pada saat-saat terakhir, selama persiapan makanan misalnya. Terlalu lama di lemari es Anda, buah satu ini akan kehilangan antioksidannya.

5. Terong

Terong adalah sayuran yang peka terhadap suhu. Sementara itu, waktu yang lama di lemari es bisa berbahaya. Suhu di bawah 10°C dapat merusak tekstur serta rasa terong. Mereka harus disimpan pada suhu kamar dan jauh dari buah-buahan dan sayuran lainnya.

6. Madu

Jika madu dapat disimpan selama bertahun-tahun, itu terutama berkat gula yang dikandungnya. Menempatkannya di lemari es hanya akan membuat madu mengeras dan membuatnya tidak bisa dimakan. Jadi, madu asli lebih baik disimpan tanpa batas waktu dan tidak perlu didinginkan.

7. Bawang Putih

Bawang putih tidak disimpan di lemari es. Sebab, suhu dingin akan membuatnya berkecambah dan membuatnya tidak dapat dicerna, seperti karet dan berjamur, bahkan mungkin mulai bertunas. Ini adalah makanan lain yang membutuhkan sirkulasi udara. Ini akan tetap baik selama lebih dari sebulan di ruang terbuka di keranjang.

8. Cokelat

9. Kentang

Kentang terasa paling enak saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

10. melon

Seperti halnya semangka, melon harus dipotong dan dimasukkan ke dalam lemari es cukup lama untuk didinginkan agar dapat dinikmati dalam keadaan segar. Itu harus disimpan pada suhu kamar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Lainnya

11. Kemangi

Menyimpan kemangi di lemari es bukanlah pilihan yang baik karena berisiko menyerap bau dan layu terlalu cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpannya di udara terbuka dalam wadah dengan sedikit air. Anda bisa mengawetkannya dengan merendam akarnya dalam segelas air.

12. Bawang

Bawang jangan disimpang di lemari es. Bawang sering menjadi lunak dan terkadang bahkan berjamur apalagi jika disimpan di lemari es. Mereka bertahan lebih lama saat disimpan di suhu ruangan. Bawang membutuhkan sirkulasi udara dan dapat disimpan di jaring yang sering dijual.

13. Telur

Seperti di supermarket, telur tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari es. Tempatkan mereka di tempat yang kering untuk konservasi yang lebih baik.

14. Stroberi

Dalam kontak dengan dingin, stroberi kehilangan gula dan teksturnya pucat. Simpan di udara terbuka dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Yang terbaik adalah membelinya untuk memakannya dengan cepat.

15. Buah Batu

Nektarin, persik, dan aprikot lainnya bisa kehilangan nutrisinya. Selain melestarikan antioksidan, penyimpanan di udara sekitar juga memungkinkan mereka untuk matang dengan baik sementara kurang asam dan karena itu lebih manis.

16. Mentimun

Kulitnya tidak suka dingin sama sekali dan akan layu dengan kecepatan tinggi. Jadi, jangan simpan di lemari es.

17. Kopi

Kopi perlu ditempatkan di tempat yang kering jauh dari panas agar tetap segar mungkin.

18. Roti

Suhu dingin cenderung memiliki efek mengeringkan pada banyak makanan. Roti akan menjadi kering dan basi jika didinginkan. Ini juga dapat memiliki tekstur yang lembut jika disimpan terlalu lama di lingkungan yang dingin.

19. Selai Kacang

Selai kacang harus disimpan pada suhu kamar. Kemungkinan akan menjadi kering dan keras jika disimpan di lemari es. Untuk selai kacang yang creamy dan mudah dioleskan, disarankan untuk menyimpannya di tempat yang gelap dan kering. Kecuali selai kacang alami yang bisa terpisah jika tidak didinginkan.

20. Kecap

Meskipun sebagian besar botol kecap mengharuskan Anda untuk mendinginkannya setelah dibuka, produk ini biasanya mengandung cukup banyak bahan pengawet untuk mencegah pembusukan tanpa didinginkan. Banyak restoran menyimpan botol kecap di atas meja untuk waktu yang lama.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.