Tips Parfum Harum Tahan Lama Seharian, Begini Ternyata Cara Benar Menerapkannya

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2022, 10:10 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 10:10 WIB
[Fimela] aroma parfum
Perbesar
ilustrasi aroma parfum | unsplash.com/@olgaserjantu

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang menginginkan tetap harum sepanjang hari meski aktivitas sedang padat. Salah satu solusinya menggunakan parfum. Namun, mengaplikasikan parfum agar wanginya awet ternyata tidak sembarangan. Dengan kata lain, ada trik khusus agar harumnya bisa tahan lama.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan parfume agar wangi tahan lama?

Dilansir dari laman InStyle, Jumat (12/8/2022), berikut ini cara mengaplikasikan parfum agar harumnya tahan lama seharian.

1. Oleskan Wewangian Langsung ke Kulit

"Parfum dirancang untuk berinteraksi dengan kimia tubuh Anda sendiri dan kehangatan dari tubuh Anda," jelas seorang ahli pargum Ixchel Leigh.

Dengan kata lain, mengoleskan wewangian di mana saja selain ke kulit secara langsung sebenarnya mengganggu dan bertentangan dengan formulasi yang dibuat dan dimaksudkan untuk digunakan.

"Berapa lama aroma bertahan di kulit Anda tergantung pada parfum dan seberapa kering kulit Anda," ujar pemilik rumah wewangian Atelier Cologne Gerard Camme. "Jika kulit Anda kering, aromanya akan lebih cepat memudar. Jadi jika Anda ingin lebih tahan lama, pelembab sebelum aplikasi." Inilah mengapa semuanya berbau lebih harum (baik atau buruk) di musim panas,” tambahnya.

2. Tidak Menyemprotkan Parfume ke Udara

Kita semua bersalah atas strategi mist-and-walk-through. Hal itu dianggap Leigh tidak hanya sebagai pemborosan mutlak, tetapi juga dapat berdampak pada furnitur atau dekorasi di sekitarnya.

"Dengan menyemprotkan parfum ke udara, itu juga akan jatuh ke pakaian dan lantai atau furnitur Anda dan bisa ternoda dari residunya," tuturnya. "Saya juga tidak suka menyemprotkannya ke rambut Anda, terutama jika wewangian Anda berbasis alkohol karena mengeringkan rambut."

3. Semprot di Titik Nadi

"Titik nadi adalah bagian terhangat dari tubuh Anda dan panas membantu proses pengeringan dan membantu mengeluarkan aroma," kata Camme.

Pergelangan tangan dan leher adalah tempat tujuan bagi kebanyakan orang, tetapi ada juga banyak titik nadi lain yang kurang dikenal di tubuh Anda yang akan memaksimalkan intensitas dan umur panjang parfum.

Camme menyarankan untuk menyemprotkan parfum di area lipatan siku dan pusaran di belakang lutut. Sedangkan Leigh mengingatkan kita pada titik nadi tersembunyi di belakang telinga, di rongga tenggorokan (dekat klavikula), dan perut di atas tulang kemaluan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


4. Tidak Menggosok Setelah Disemprot

3 Cara Simpel Tampil Menarik di Depan Kamera Saat Bekerja di Rumah
Perbesar
Ilustrasi gambar orang sedang memakai parfum (dok cottonbro/pexels.com)

Mungkin kecerobohan terbesar dan paling sering dilakukan adalah menggosok parfume setelah disemprotkan.

"Kami menyarankan untuk tidak pernah melakukan ini," jelas Gerard. "Sebaliknya, biarkan wewangian mengering secara alami. Anda tidak akan menghancurkan nada atas, tetapi Anda akan membiarkan lapisan wewangian memainkan perannya dengan benar."

5. Jangan Berlebihan

Menempatkan jumlah yang tepat adalah tantangan bagi semua orang. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa harga parfum cukup beragam, itu karena mengandung tingkat konsentrasi wewangian yang berbeda, artinya akan memiliki intensitas yang berbeda saat diaplikasikan.

Wewangian dengan label "parfum" memiliki konsentrasi wewangian tertinggi, diikuti oleh eau de parfum dan terakhir, eau de toilette varietas paling ringan, jelas Laura Slatkin.

Semakin terkonsentrasi wewangian, semakin lama akan bertahan dan semakin sedikit Anda perlu menerapkan.

Parfum sejati seharusnya hanya membutuhkan dua semprotan, sementara eau de toilette "lebih seperti percikan tubuh untuk diterapkan lebih bebas", jelas Bee Shapiro pendiri Ellis Brooklyn.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya