Sukses

Ahli Gizi Bagikan Vitamin Nomor Wahid buat Otak Tetap Sehat dan Muda

Depresi, demensia dan gangguan mental sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B, sebuah studi dari Wayne State University School of Medicine menemukan.

Liputan6.com, Jakarta Ahli gizi dari kampus Harvard membagikan vitamin yang bisa membuat otak manusia lebih muda dan sehat. Caranya, dengan menjaga pola makan yang seimbang. 

Melansir laman CNBC.com, Kamis (11/8/20220), sang ahli mengatakan jika sebagian besar hal itu berkaitan dengan memastikan mendapatkan semua vitamin yang tepat, terutama karena itu penting untuk mencegah penurunan kognitif.

Dan mengingat bahwa risiko penyakit saraf meningkat seiring bertambahnya usia. "Satu pertanyaan yang sering saya dapatkan dari pasien saya adalah: "Apa vitamin terbaik untuk melindungi otak kita yang menua?," ujar Psikiater nutrisi, ahli otak, dan anggota fakultas di Harvard Medical School, Uma Naidoo.

Tapi kelompok vitamin yang paling diprioritaskan untuk menjaga otak tetap muda dan sehat adalah vitamin B.

Manfaat dari vitamin B

Depresi, demensia dan gangguan mental sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B, sebuah studi dari Wayne State University School of Medicine menemukan.

“Kekurangan vitamin B12 sebagai penyebab masalah kognitif lebih umum daripada yang kita pikirkan, terutama di antara orang tua yang hidup sendiri dan tidak makan dengan benar,” kata Rajaprabhakaran Rajarethinam, ahli dan penulis utama studi tersebut.

Ada delapan vitamin B yang berbeda, masing-masing dengan manfaat kesehatan utamanya sendiri:

1. Meningkatkan energi 

Vitamin B1, atau thiamin, sangat penting untuk fungsi dasar sel kita dan metabolisme nutrisi untuk energi.

Otak adalah salah satu organ yang paling aktif secara metabolik di tubuh Anda, yang berarti membutuhkan dukungan thiamin untuk mencegah kekurangan yang dapat menyebabkan masalah neurologis.

2. Memecah obat

Vitamin B2, atau riboflavin, bertindak sebagai asisten enzim dalam sel kita yang melakukan reaksi penting, seperti di tubuh dan otak.

Ini juga membantu menumbuhkan sel, menghasilkan energi dan memecah lemak dan bahan eksternal seperti obat-obatan.

3. Mengurangi peradangan

Vitamin B3, atau niasin, bekerja dengan lebih dari 400 enzim untuk menghasilkan bahan seperti kolesterol dan lemak yang dibutuhkan dalam tubuh, dan untuk mengubah energi untuk semua sistem organ kita.

Niasin juga merupakan antioksidan, yang membantu mengurangi peradangan berlebih.

4. Mendukung kesehatan otak secara keseluruhan

Vitamin B5, atau asam pantotenat, sangat penting untuk membuat senyawa molekul yang disebut koenzim A, yang membantu enzim tubuh kita membangun dan memecah asam lemak untuk energi.

Ini juga membantu sel-sel kita menghasilkan protein pembawa asil, membantu menghasilkan lemak yang diperlukan.

Otak terutama adalah lemak, jadi asam pantotenat adalah salah satu vitamin terpenting dalam mendukung kesehatan otak.

5. Melawan penyakit

Vitamin B6, ataupiridoksin, terkenal karena perannya dalam pencegahan penyakit karena kadar vitamin yang tepat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari sejumlah kanker.

Selain itu, piridoksin membantu banyak reaksi kimia dalam tubuh yang mendukung fungsi kekebalan dan kesehatan otak.

6. Membantu sel berkomunikasi lebih baik

Vitamin B7, paling umum dikenal sebagai biotin, mengatur sinyal sel untuk komunikasi yang cepat dan efisien ke seluruh tubuh. Di otak, ini penting untuk pensinyalan seluler melalui neurotransmiter.

7. Menjaga keseimbangan

Vitamin B9, atau folat, adalah suplemen populer dan vitamin kunci untuk mendukung kesehatan otak dan neurologis, fungsi neurotransmitter yang optimal, dan kesehatan psikologis yang seimbang.

Manfaat lain adalah membantu mendorong detoksifikasi seluler.

8. Membantu jantung 

Vitamin B12, ,atau kobalamin merupakan vitamin esensial untuk pembentukan sel darah merah dan DNA, serta mendukung perkembangan dan fungsi sistem saraf.

B12 juga mendukung pemecahan homosistein, protein yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan menyebabkan demensia jika berlebihan.

Makanan Vitamin B Terbaik bagi otak 

Uma Naidoo mengaku jika dirinya adalah orang yang "mendahulukan makanan", jadi selalu mendorong orang untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin ini ke dalam makanan mereka.

Namun, diet tidak sempurna, jadi mungkin ada kasus di mana suplemen dapat membantu. Jika itu masalahnya, saran sederhana saya adalah "menguji, bukan menebak" — dan konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Kabar baiknya adalah bahwa vitamin B adalah salah satu yang paling mudah untuk dimasukkan ke dalam diet Anda karena makanan yang kaya akan satu vitamin B banyak, jika tidak semua, vitamin B bila dikonsumsi sebagai makanan utuh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Kaya Vitamin B

Berikut enam makanan kaya vitamin B yang bisa dimakan setiap hari:

1. Telur mengandung sepertiga dari nilai harian vitamin B7 yang direkomendasikan. Juga mengandung sejumlah kecil vitamin B lainnya.

2. Yogurt kaya akan vitamin B2 dan vitamin B12, serta probiotik alami, yang mendukung kesehatan usus dan kesehatan mental.

"Saya suka yogurt Yunani polos untuk protein tambahan," jelas dia

3. Kacang seperti kacang hitam, buncis, edamame dan lentil semuanya membantu meningkatkan mood dan kesehatan otak 

Mereka adalah sumber vitamin B9 yang sangat baik, dan termasuk sejumlah kecil vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6

4. Salmon secara alami kaya akan semua vitamin B, terutama vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan vitamin B12.

Perhatikan sumber makanan laut Anda, dan ingatlah bahwa salmon beku atau kalengan juga merupakan pilihan yang hemat.

5. Biji bunga matahari adalah salah satu tanaman sumber vitamin B5 terbaik

Anda bisa mendapatkan 20 persen dari nilai harian yang direkomendasikan dari vitamin ini hanya dari satu ons biji!

6. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak Swiss dan kubis merupakan sumber vitamin B9.

Ini adalah makanan pertama yang saya sarankan untuk pasien yang ingin meningkatkan mood rendah.

 

Reporter: Firda Makarimah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.