Sukses

Coba Rasakan Manfaat Minyak Kelapa Buat Perawatan Rambut, Apa Saja?

Tidak hanya melembabkan, minyak kelapa juga melembutkan, menambah kilau, dan membantu memperbaiki rambut rusak saat digunakan secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa tidak hanya termasuk sebagai bahan terbaik untuk perawatan rambut, tetapi juga menjadi salah satu yang paling sering digunakan. Meskipun manfaatnya dalam perawatan kulit masih bisa diperdebatkan, tapi bahan satu ini tidak diragukan lagi untuk membuat rambut lebih sehat.

Tidak hanya melembabkan, minyak kelapa juga melembutkan, menambah kilau, dan membantu memperbaiki rambut rusak saat digunakan secara teratur. Bahkan lebih dari itu, masih banyak lagi manfaat yang ditawarkan minyak kelapa untuk merawat rambut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini sederet manfaat minyak kelapa buat perawatan rambut seperti melansir laman lifestyleasia.com, Selasa (9/8/2022).

1. Melembutkan rambut dan menghilangkan keriting

Karena berfungsi sebagai penghalang terhadap gesekan fisik, bahan kimia keras, dan sinar UV, minyak kelapa membantu menghaluskan kutikula dan mengurangi kerusakan.

2. Menenangkan ketombe

Minyak kelapa bermanfaat untuk ketombe, kulit kepala kering, dan eksim. Ini mempromosikan bakteri sehat sementara juga menjadi anti-inflamasi dan menghidrasi. Berkat asam laurat yang memiliki sifat keseimbangan mikroba itu membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan bersisik serta menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit kepala.

3. Menjaga rambut ikal tetap terhidrasi

Minyak ini sangat bermanfaat untuk rambut keriting yang rentan terhadap kekeringan. Ini membantu rambut keriting dengan melembapkan baik di dalam maupun di luar keriting, menghasilkan untaian halus dengan lebih sedikit keriting dan kusut. Minyak bergizi menghidrasi dan mencegah kerusakan. Ikal didefinisikan dengan lembut dan memiliki memori bentuk dan gaya yang luar biasa.

4. Membantu mencegah kerontokan rambut

Minyak kaya nutrisi memperkuat helai, meminimalkan kerusakan dan membuat rambut terlihat lebih penuh. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang melindungi dan mencegah kerusakan sekaligus meningkatkan retensi panjang.

Sebagai perawatan kulit kepala, minyak kelapa menghancurkan bakteri dan menciptakan lingkungan yang bersih untuk pertumbuhan rambut dan kulit kepala . Vitamin dan asam lemak membantu rambut untuk menahan kekeringan yang merupakan salah satu alasan utama kerusakan.

5. Minyak kelapa sebagai masker rambut

Jika menggunakannya sebagai masker rambut, Anda harus membilas minyak dengan benar dari rambut setelah perawatan, mungkin memerlukan banyak siklus bilas. Untuk hasil terbaik, bereksperimenlah dengan jumlah minyak kelapa yang Anda oleskan dan waktu Anda membiarkan minyak meresap. Gunakan lebih sedikit minyak kelapa jika itu membuat rambut Anda terasa berat atau berminyak.

6. Minyak kelapa sebagai penghilang kusut atau pelembap harian

Untuk rambut yang sangat kering, oleskan sedikit ke ujung rambut Anda setelah mandi sebagai penghilang kusut atau pelembap harian. Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai penyegar. Busakan banyak dari akar ke ujung ikal Anda jika Anda memiliki rambut keriting. Faktor kilau dan hidrasi keluar dari dunia ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan

Minyak kelapa tidak disarankan untuk digunakan di pagi hari karena membutuhkan waktu untuk menyerap dan dapat membuat rambut Anda tampak berminyak. Menurut para ahli, waktu terbaik untuk mengoleskan minyak ini adalah pada malam hari. Bahkan pada waktu itu bekerja paling baik untuk rambut kering.

Namun, disarankan untuk menghangatkan minyak kelapa hingga cair dan memijatnya di telapak tangan hingga berbusa di ujung rambut. Minyak kelapa harus dipanaskan untuk membuka kutikula rambut dan memungkinkan molekul menembus rambut.

Setelah mengoleskan minyak kelapa, biarkan di rambut Anda selama 20 hingga 30 menit. Jika rambut sangat kering, Anda dapat membiarkannya lebih lama. Beberapa orang lebih suka menggunakannya sebagai pengobatan semalam. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan bungkus dengan handuk panas langsung dari pengering atau gunakan pengering rambut selama beberapa menit untuk membuka kutikula dan biarkan minyak meresap lebih dalam ke helaian rambut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.