Sukses

Ini Dia Manfaat Lemon Buat Kulit, Rambut, dan Kesehatan Tubuh Selain Bisa Turunkan Berat Badan

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui manfaat lemon.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya membantu menurunkan berat badan, jus lemon ternyata juga bisa membantu merawat kulit, rambut, hingga kesehatan lainnya. Namun, mengonsumsi lemon juga harus dengan aturan. Jika tidak, lemon justru bisa membahayakan kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat lemon untuk kulit, rambut, dan kesehatan lainnya?

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui manfaat lemon seperti melansir laman lifestyleasia.com, Kamis (4/8/2022).

Manfaat Buat Kulit

Lemon benar-benar dapat membantu dalam perawatan kulit. Salah satunya mengobati jerawat, menyamarkan bintik hitam, dan memberikan kulit yang lebih kencang dan montok.

Selain itu, lemon sangat bagus untuk kulit Anda karena mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin itu yang merupakan antioksidan dan agen pencerah. Meskipun minum air lemon dapat membuat kulit bercahaya, menggunakan masker wajah dengan beberapa tetes jus lemon akan menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengurangi jerawat.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait manfaat lemon buat kulit.

1. Menghilangkan dan mencerahkan bintik hitam

Di musim panas bahkan beberapa menit di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit cokelat dan terbakar sinar matahari. Akibatnya, bintik-bintik gelap dan warna kulit tidak merata berkembang.

Menghadapi masalah itu, lemon memiliki efek mencerahkan yang bekerja sangat baik pada kulit kecokelatan dan mengurangi munculnya bintik hitam. Noda wajah tidak menarik dan sulit dihilangkan. Jus lemon, untungnya, mengandung asam sitrat yang secara bertahap dapat menghilangkan noda dan meratakan warna kulit.

Akan tetapi, perlui diperhatikan bahwa jus lemon bisa membuat perih jika terkena luka terbuka atau goresan di wajah. Jadi, gunakan dengan hati-hati!

2. Mengobati jerawat

Karena kandungan asamnya, jus lemon memiliki sifat astringen. Lemon, misalnya, memiliki pH rendah dan dapat membantu mengurangi peradangan dan produksi minyak yang keduanya dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, lemon juga mengandung asam sitrat dan AHA yang membantu pemecahan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Buah jeruk juga dikatakan sebagai cara alami untuk meningkatkan kolagen di wajah. Kolagen adalah protein yang larut yang secara alami seiring bertambahnya usia menghasilkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin C sebagai antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kolagen, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus.

4. Mencegah kulit berminyak

Kulit berminyak adalah masalah kecantikan yang umum dan merepotkan. Banyak teknik lain yang telah dicoba dan gagal untuk menghilangkan kilau di dahi, hidung, dan dagu.

Namun, menerapkan jus lemon encer ke wajah dapat membantu mengurangi minyak berlebih dengan cepat dan efisien. Sebelum tidur, cobalah cara ini. Hal pertama di pagi hari, cuci muka. Prosedur ini akan melindungi kulit Anda dari menjadi terlalu berminyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buat Rambut

1. Mempromosikan pertumbuhan rambut

Jika rambut rontok berlebihan, Anda dapat memanfaatkan jus lemon untuk membantu mendapatkan rambut panjang dan tebal. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Akibatnya, pertumbuhan rambut terjamin.

Selanjutnya, sifat asam dari lemon membuka sumbatan dan mengaktifkan folikel rambut yang tidak aktif. Secara keseluruhan, jus lemon mungkin berguna dalam mencegah kerontokan rambut. Namun, selain menggunakan lemon untuk mengobati kerontokan rambut, Anda juga perlu mengatasi alasan yang mendasari kerontokan rambut.

2. Mengobati ketombe dan kulit kepala gatal

Merawat rambut dan kulit kepala Anda dengan lemon mampu meningkatkan kesehatan, rambut tidak berminyak dan bebas ketombe. Karakteristik anti-jamur dan pembersihan lemon membantu menghilangkan penumpukan dan minyak dari kulit kepala Anda. Hal itu memungkinkan Anda mengontrol produksi minyak dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Jadi, menggunakan scrub ringan yang terbuat dari jus lemon dan minyak zaitun pada kulit kepala sebelum mencuci rambut akan membantu Anda menghilangkan minyak, kotoran, dan gatal-gatal, serta menghilangkan ketombe untuk selamanya.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Buat Kesehatan Lainnya

Lemon adalah buah serbaguna yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Lemon membantu dalam pengendalian dan pencegahan berbagai penyakit.

1. Mendukung kesehatan jantung

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Menurut penelitian, kedua nutrisi ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Namun, beberapa serat yang ditemukan dalam lemon dapat sangat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lemon dapat membantu dalam terapi utama tekanan darah tinggi. Lemon termasuk dua komponen tanaman yang dikenal untuk mengurangi kolesterol, hesperidin dan diosmin.

2. Meningkatkan kekebalan

Lemon terkenal dengan khasiatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, lemon juga membantu dalam pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap virus yang menyebabkan pilek dan flu. Batuk dan pilek dapat diredakan dengan meminum segelas air hangat dengan perasan lemon dan sesendok besar madu.

3. Membantu menurunkan berat badan

Bagi banyak orang, lemon yang diperas penuh dalam segelas air hangat dengan sesendok madu bisa menjadi minuman ajaib yang membantu menurunkan berat badan. Pektin adalah senyawa yang ditemukan dalam lemon. Ini adalah serat yang mengembang setelah dikonsumsi dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan untuk jangka waktu yang lebih lama. Menurut beberapa penelitian, antioksidan yang ditemukan dalam lemon membantu mengontrol berat badan.

4. Dapat membantu mengatasi masalah mulut

Kita semua tahu bahwa vitamin C sangat penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Karena kandungan vitamin C yang tinggi, lemon bermanfaat untuk kesehatan gigi. Lemon cukup efektif dalam mengobati penyakit kudis, suatu kondisi mulut. Penyakit kudis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C yang menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah, dan tanda-tanda lainnya. Ketika diberikan secara topikal ke daerah sakit gigi, jus lemon mungkin memiliki sifat penghilang rasa sakit. Ini juga dapat membantu dalam pengurangan peradangan.

5. Dapat membantu proses pencernaan

Lemon memiliki konsentrasi serat larut tinggi yang membantu melancarkan buang air besar dan pencernaan secara teratur. Serat utama lemon, pektin, meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan tingkat pencernaan pati dan gula.

 

Menurut pengobatan Ayurveda, minum segelas air dengan jus lemon dan ampas di pagi hari akan membantu memulai proses pencernaan Anda. Ini juga berkontribusi pada sistem pencernaan yang sehat.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.