7 Bahan dalam Sabun Cuci Muka Ini Baik Digunakan Bagi Kulit Berminyak dan Berjerawat, Apa Saja?

Oleh Liputan6.com pada 04 Agu 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 04 Agu 2022, 11:50 WIB
Terlalu Sering Mencuci Muka
Perbesar
Ilustrasi Mencuci Wajah Credit: unsplash.com/Kat

Liputan6.com, Jakarta Kulit yang sensitif terkadang menjadi hal yang membingungkan. Sebab, produk yang dipilih harus benar-benar tepat agar perawatan kulit bisa maksimal.

Misalnya saat mencuci wajah, pemilik kulit berminyak dan berjerawat perlu memperhatikan beberapa bahan yang terkandung di dalam sabun cuci muka agar kulit tidak bermasalah.

Ketahui bahwa hanya bahan perawatan kulit yang tepat yang dapat menyerap minyak berlebih serta mengurangi jerawat. Kali ini, daripada membeli produk perawatan kulit terbaik, lakukan beberapa langkah pencegahan untuk mengatasi jerawat tersebut.

Oleh karena itu, ingat bahan-bahan yang wajib ada dalam sabun cuci muka berikut ini khususnya bagi yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak. Karena menyadari apa yang Anda terapkan pada wajah sangat penting.

Lebih lanjut, inilah daftar bahan yang diperlukan dalam sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat seperti melansir Timesnownews, Selasa (2/8/2022).

Asam salisilat

Produk ini adalah salah satu bahan terpenting. Bahan satu ini tidak hanya membantu mencegah pori-pori tersumbat, tetapi juga mengangkat kulit mati. Banyak resep produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat yang mengandung asam salisilat.

Asam glikolat

Bahan ini sangat bagus untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet B dan pengelupasan kulit. Sementara itu, bahan ini memiliki kekuatan untuk mengurangi peradangan.

Minyak pohon teh

Ini adalah salah satu bahan yang terbuat dari daun pohon teh. Gel dengan 5 persen tea tree mungkin sama efektifnya dengan jerawat yang mengandung 5 persen benzoil peroksida. Namun, Anda mungkin merasa bahwa itu tidak menunjukkan efek yang lebih baik pada wajah daripada bahan-bahan lain, tetapi minyak pohon teh memberikan keajaiban dengan kecepatannya sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bahan Lain

Facial Wash
Perbesar
Ilustrasi Facial Wash Credit: pexels.com/pixabay

Benzoil peroksida

Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya Benzoil Peroksida itu? Benzoil peroksida merupakan salah satu bahan terkenal dan paling direkomendasikan yang digunakan untuk perawatan jerawat. Ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti gel, krim, lotion, pencuci muka, dan sabun. Benzoil Peroksida akan membantu dalam membunuh bakteri dan membuka pori-pori dengan menghilangkan kulit mati.

Sulfur

Ini sering dikombinasikan dengan bahan lain, seperti asam salisilat dan benzoil peroksida. Produk ini akan menghilangkan kelebihan minyak atau sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

Asam laktat

Jenis asam ini terkenal untuk mengatasi jerawat dan mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu jerawat.

Asam alfa hidroksi

AHA menyembuhkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tampilan bekas jerawat. AHA berperan dalam merangsang pertumbuhan kulit baru. Selain itu, ada dua jenis asam alfa hidroksi yang ditemukan dalam produk perawatan kulit yang rawan jerawat yaitu asam glikolat dan asam laktat.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya