Sukses

Kenali Tanda-tanda Hubungan Anda Tidak Dewasa, Apa Saja?

Beberapa perilaku dapat menjadi indikator ketidakdewasaan emosional yang menunjukkan bahwa Anda mungkin merasa ingin mundur dan menemukan seseorang yang lebih cocok.

Liputan6.com, Jakarta Ada pasangan yang meskipun sudah bersama dalam waktu yang lama, tapi masih terasa kekanak-kanakan.

Hal-hal itu bisa membuat hubungan menjadi lebih menantang. Jika tidak menyadarinya, coba perhatikan beberapa hal ini yang menunjukkan bahwa hubungan Anda terlalu kekanak-kanakan.

Beberapa perilaku dapat menjadi indikator ketidakdewasaan emosional yang menunjukkan bahwa Anda mungkin merasa ingin mundur dan menemukan seseorang yang lebih cocok.

Dalam suatu hubungan, kurangnya kedewasaan dapat bermanifestasi dalam beberapa cara, seperti bersikap sarkastik dengan pasangan, membangun penghalang, mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba, dan memiliki kecenderungan untuk kehilangan kontak dengan dunia nyata.

Berkaitan dengan topik ini, coba ketahui 3 tanda bahwa hubungan Anda terlalu tidak dewasa untuk dijalankan seperti melansir Pinkvilla, Senin  (5/9/2022).

1. Sulit mengekspresikan emosinya

Seseorang mungkin merasa seolah-olah dia mungkin bisa menjadi target perhatian di masa depan ketika pertengkaran muncul ketika seseorang berterus terang dan kepercayaan belum terbentuk.

Hal itu membuat setiap pasangan merasa sulit untuk mengekspresikan emosi. Karena mereka tidak dapat mengakses atau memahami apa yang terjadi, pasangan Anda mungkin bercanda bahwa mereka "tidak memiliki perasaan" atau bersikeras bahwa tidak ada yang mengkhawatirkan mereka.

2. Mudah marah dan defensif

Orang menjadi lebih defensif ketika tidak ada akuntabilitas, pengalihan kesalahan, pemalsuan alasan, dan rasionalisasi tindakan.

Jika semuanya ideal, Anda harus dapat mengemukakan tema spesifik tentang pasangan Anda dalam percakapan, berpikir kritis tentang masalah, dan menemukan jawaban atas masalah yang sulit tanpa terlihat bermusuhan. Namun, jika mereka merasa rentan, individu yang belum matang secara emosional selalu menjadi bermusuhan.

3. Menyimpan dendam

Beberapa orang bahkan tidak memikirkan situasi. Bagi orang lain, mungkin jauh lebih sulit untuk melepaskan permusuhan ketika mereka percaya bahwa mereka telah dianiaya.

Pasangan yang belum dewasa secara emosional biasanya menyimpan keluhan kecil untuk jangka waktu yang lama dalam hubungan.

Itu merupakan indikasi lain dari kurangnya kedewasaan. Mereka dapat mengalami kesulitan untuk mengatakan yang sebenarnya kepada pasangan mereka karena seberapa jauh mereka secara emosional dari mereka secara keseluruhan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.