Sukses

Tips Menurunkan Risiko Terkena Katarak Hingga Pengobatannya

Perlu diketahui, mata yang sehat membuat cahaya bisa melewati lensa ke retina sehingga memungkinkan untuk melihat detail.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat beberapa jenis makanan yang dianggap mampu menurunkan risiko katarak. Bahkan makanan ini dijadikan sebagai obat tradisional untuk menangani masalah mata yang terkena katarak.

Salah satunya mengenakan kacamata hitam yang bisa membantu menyaring sinar ultraviolet dari mata dan mencegah cedera mata. Selain itu, juga dapat memperlambat perkembangan katarak, kata Konsultan Dokter Mata di Chineese University of Hong Kong Medical Centre Henry Lau.

Lantas, apa itu katarak?

“Itu adalah kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, kabur, atau kurang cerah,” tuturnya dilansir dari South China Morning Post, Kamis (21/7/2022).

Perlu diketahui, mata yang sehat membuat cahaya bisa melewati lensa ke retina sehingga memungkinkan untuk melihat detail. Katarak menciptakan kabut pada lensa itu dan mengaburkan penglihatan. Jika tidak diobati, pada akhirnya akan menyebabkan kebutaan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau Wordl Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa katarak mempengaruhi sekitar 65,2 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan kehilangan penglihatan sedang hingga parah pada lebih dari 80 persen kasus.

Sementara penuaan adalah penyebab utama katarak. Oleh karena itu, penyebab itu sulit untuk dicegah. Di samping itu, ada pula penyebab lain, seperti cedera, penyakit metabolik seperti diabetes, dan penggunaan obat-obatan termasuk steroid. Ada juga peningkatan risiko katarak pada perokok.

Saat katarak berkembang, pasien mengeluhkan penglihatan kabur. Kemudian setiap kelainan refraksi menjadi lebih parah.

Kesalahan tersebut termasuk miopia atau rabun jauh, suatu kondisi umum di mana Anda dapat melihat objek di dekat Anda dengan jelas, tetapi objek yang lebih jauh buram.

Ini terjadi ketika bentuk mata Anda menyebabkan sinar cahaya membelok, atau membiaskan, secara tidak benar, memfokuskan gambar di depan retina Anda, bukan di retina Anda.

Sementara silindris adalah kesalahan refraksi lain, ketidaksempurnaan umum dan umumnya dapat diobati pada kelengkungan mata yang menyebabkan jarak kabur dan penglihatan dekat.

Katarak biasanya tidak menyakitkan sampai menjadi terlalu matang yang menyebabkan peningkatan tekanan intraokular, kata Lau. Itulah mengapa pemeriksaan mata sangat penting – untuk mencatat perubahan, terutama yang berkembang seiring bertambahnya usia, sedini mungkin sehingga dapat diatasi sebelum penglihatan terganggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan yang Menurunkan Risiko Katarak

Diet yang baik selalu penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, sebaiknya diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan untuk melindungi penglihatan secara khusus seiring bertambahnya usia. Goji berry, misalnya, menurut sebuah studi baru-baru ini di University of California, Davis.

Xiang Li sebagai penulis utama mengatakan bahwa goji berry mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu pigmen kuning, karotenoid, dan antioksidan yang diketahui memperlambat pembentukan katarak.

Goji berry adalah buah dari dua spesies semak belukar - Lycium chinense dan Lycium barbarum - asli Cina barat laut. Buah beri adalah bahan umum dalam sup dan teh Cina dan, dikeringkan, dimakan sebagai camilan seperti kismis dan sultana.

Li mengatakan bahwa dalam pengobatan tradisional Cina, “Goji berry dikenal dengan 'efek mencerahkan mata'.”

Deskripsi yang kabur karena tidak merinci bagian mata mana yang akan cerah atau goji berry. Penyakit mata apa yang mungkin mereka targetkan. Li menafsirkan mencerahkan mata sebagai peningkatan penglihatan secara keseluruhan.

 

3 dari 3 halaman

Pengobatan Katarak

Saat ini, katarak hanya dapat diobati dengan pembedahan yang memerlukan pengangkatan lensa biologis dan penggantiannya dengan implan.

Seorang Profesor di Sekolah Kedokteran di Universitas Beihang di Beijing Kehao Wang mengatakan efeknya dirasakan hampir seketika saat penglihatan menjadi jelas – dengan sendirinya merupakan peningkatan kehidupan yang besar.

Tetapi pengangkatan katarak dapat memberikan nilai tambah yang mencengangkan lainnya. Seperti sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021 di jurnal JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa operasi katarak dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya.

Mungkin ada beberapa alasan untuk ini. Gangguan penglihatan dapat menyebabkan orang menjadi menarik diri dan terisolasi – isolasi sosial baru-baru ini diidentifikasi sebagai faktor risiko demensia. Penglihatan yang buruk mempengaruhi dorongan seseorang untuk berolahraga, kekurangannya adalah risiko demensia lainnya.

Menjadi tunanetra dapat mempercepat atau memperburuk neurodegenerasi, di mana sel-sel saraf atau sistem saraf mulai rusak, mempengaruhi kemampuan kognitif kita. Namun, setelah operasi katarak, para peneliti telah melihat peningkatan materi abu-abu.

Profesor Barbara Pierscionek di Anglia Ruskin University di Inggris bekerja dengan Wang pada penelitian terbaru yang mengeksplorasi intervensi katarak non-bedah. Dia mencatat bahwa "Operasi bukan tanpa risiko dan pasien akan lebih memilih untuk menghindari operasi jika perawatan obat tersedia".

Temuan mereka kemudian dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science. Ini telah menunjukkan hasil positif menggunakan senyawa topikal pada tikus dengan katarak genetik. Tes yang melibatkan penggunaan metode paling canggih untuk mengukur kualitas optik lensa mata dan menunjukkan perbedaan yang luar biasa pada lensa yang diobati dengan senyawa dibandingkan dengan mata pada tikus yang sama yang tidak diobati.

Pasangan itu menulis, “Pekerjaan kami adalah yang pertama mengukur efek obat anti-katarak pada optik lensa. Efektivitas senyawa ini hanya ditemukan pada beberapa jenis katarak tetapi tidak semuanya, menunjukkan bahwa senyawa ini mungkin berlaku untuk beberapa jenis katarak tetapi tidak untuk semua. Ini adalah langkah maju yang penting, memungkinkan pengobatan dengan obat tetes mata untuk katarak.”

Mengingat bahwa pembedahan adalah satu-satunya pengobatan yang tersedia saat ini, dampak dari intervensi non-bedah semacam itu memiliki potensi yang luas dan menarik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.