Sukses

Air Beras Bermanfaat Buat Rambut, Apa Saja Khasiatnya?

Salah satu manfaat air beras dapat digunakan untuk kulit kering dan rusak serta kondisi kulit lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Bahan-bahan alami dan DIY telah mengambil alih pasar untuk produk perawatan kulit, wajah, hingga rambut. Salah satunya air beras yang terkenal memiliki keajaiban untuk kulit dan rambut. Apa saja kira-kira manfaat air beras untuk rambut?

Orang tua dan kakek-nenek selalu menekankan pentingnya bahan alami karena bisa memberikan manfaat. Dari benih sayuran dan buah-buahan hingga ke rempah-rempah kini air beras pun cukup berkhasiat khususnya dalam merawat rambut.

Perlu diketahui, air yang diperoleh setelah direndam dan disaring dari bekas cucian beras atau lebih dikenal sebagai air beras, air tersebut memberikan beberapa manfaat untuk kulit dan rambut.

Salah satu manfaat air beras dapat digunakan untuk kulit kering dan rusak serta kondisi kulit lainnya. Air beras juga bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala.

Lalu, apa saja manfaat air beras?

Untuk mengetahuinya, berikut ini manfaat air beras seperti melansir laman Timesnownews, Rabu (20/7/2022).

1. Membantu pertumbuhan rambut

Menerapkan air beras ke kulit kepala sebelum mencuci rambut dapat membantu menyehatkan folikel rambut dan ketika folikel rambut sehat dan bergizi. Pada akhirnya air beras bisa mendukung pertumbuhan rambut.

2. Membantu membuat rambut lebih tebal

Menggunakan air beras secara teratur dapat membantu membuat rambut lebih tebal. Selain itu, juga membuat rambut lebih mudah diatur.

3. Mengatasi rambut kering. Jika Anda menderita rambut kering, air beras dapat membantu mengkondisikan rambut Anda dan juga dapat membuat rambut Anda tidak terlalu kusut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Air Beras

Bagi yang ingin coba perawatan rambut dengan air beras, berikut ini langkah-langkah membuat air beras tersebut.

1. Ambil beras dan cuci sampai benar-benar bersih,

2. Kemudian, dalam mangkuk, ambil air dan tambahkan nasi ke dalamnya,

3. Selanjutnya aduk nasi dan simpan air pada suhu kamar selama 24 jam,

4. Anda sudah bisa menggunakan air dan menyimpan sisanya di lemari es.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.