Sukses

Info Penting buat Kaum Muda, Cara Menyeimbangkan Investasi, Tabungan Hingga Pengeluaran

Masalah sebenarnya yaitu kebanyakan orang tidak berinvestasi sama sekali atau berinvestasi terlalu sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Diskusi publik tentang tabungan dan investasi di media atau media sosial terfokus pada isu yang kurang tepat. Poin terpenting sepertinya selalu berfokus pasa investasi. Padahal sebaiknya ketiganya perlu seimbang, antara tabungan, investasi, dan pengeluaran.

Masalah sebenarnya yaitu kebanyakan orang tidak berinvestasi sama sekali atau berinvestasi terlalu sedikit. Banyak yang mulai terlambat dalam hidup, terkadang tidak memulai sama sekali, dan ketika mereka melakukannya, mereka berinvestasi terlalu sedikit. Kemudian mengajarkan nilai menabung kepada kaum muda seharusnya menjadi bagian besar dari literasi keuangan.

Namun, beberapa tahun yang lalu, ada sebuah acara televisi, selama tanya jawab keuangan pribadi, seorang pemuda mengajukan pertanyaan. Dia baru saja mulai menghasilkan uang dan dia ingin nasihat tentang apa yang harus dilakukan dengan uangnya.

Sementara itu, keinginan terbesarnya di dunia adalah membeli sepeda motor senilai Rs.1,5 lakh. Dia telah memimpikannya selama bertahun-tahun sebagai sesuatu yang akan dia lakukan ketika dia mulai menghasilkan uang. Ini bukan mimpi yang tidak biasa.

Jadi, dia ingin tahu cara tercepat untuk menyimpan cukup uang untuk membeli sepeda. Sebagai tanggapan, ia menerima saran sederhana dan masuk akal, lengkap dengan perhitungan terperinci tentang berapa banyak yang harus dihemat, kemudian berapa pengembaliannya. Hingga hitungan perihal kapan seseorang dapat membeli sepeda motor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menabung Meski Sedikit

Pada dasarnya, penundaan pemenuhan keinginan seharusnya menjadi landasan perilaku keuangan yang baik. Namun, jika dia mulai menabung sekarang, saat berusia 30 tahun dia akan dapat membelinya, dan bahwa dia akan terlalu tua untuk menikmati mengendarai sepeda itu seperti anak muda.

Bahkan, dia mungkin tidak akan menginginkannya saat itu. Jadi, mungkin, dia harus melanggar aturan perilaku keuangan yang baik dan membeli sepeda itu sekarang juga dengan uang pinjaman.

Apakah itu berarti dia tidak boleh menabung sama sekali? Lagi pula, tidak masuk akal untuk menabung sementara ada pinjaman yang harus dilunasi.

Meski begitu, poinnya adalah orang seperti itu juga harus menabung sedikit, meskipun hanya Rs.1.000 sebulan. Bahkan jika itu menyimpan uang dalam instrumen sederhana seperti deposito berulang di banknya.

Pada intinya, menabung bukanlah tentang aritmatika pengembalian dan suku bunga, atau seterusnya. Ini sebenarnya cara berpikir dan kebiasaan.

Seseorang yang menabung bahkan sejumlah kecil Rs.1.000 sebulan adalah tipe orang yang secara fundamental berbeda dari orang yang menghabiskan segalanya.

Mungkin akan lebih baik membelanjakan apa yang diinginkan, selama tahu bahwa itu adalah kesenangan. Kemudian pada saat yang sama, mulailah membiasakan diri menabung.

Begitu menggandakan tabungan dan menyadari bahwa uang berlipat ganda dengan sendirinya, pengalaman pribadi ini akan jauh lebih efektif daripada kelas literasi keuangan mana pun. Tak pelak, tabungan tumbuh, orang menabung lebih banyak, dan itu menjadi siklus yang baik.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.