Sukses

Mengenal Penyakit Kulit Rosacea, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Penyakit ini mungkin muncul dalam bentuk yang berbeda. Lantas apa itu rosacea?

Liputan6.com, Jakarta Beragam jenis penyakit kulit mungkin perlu diketahui setiap orang agar bisa tahu cara mengatasinya. Termasuk penyakit kulit yang bernama rosacea atau rosasea.

Penyakit kulit ini dimulai dengan kulit yang memerah atau wajah menjadi merah. Seiring berjalannya waktu, kemerahan tersebut akan menutupi lebih banyak area pada kulit. Rosasea biasanya dimulai dari pipi kemudian menyebar ke hidung, dahi, dagu, telinga, dan bahkan mata dan dada, yang bisa terasa luar biasa.

Namun, dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, rosacea dapat dijinakkan dalam jangka panjang. Lantas, apa rosacea atau rosasea itu?

Melansir laman South China Morning Post, Jumat (24/6/2022), rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan terus-menerus dan benjolan kecil seperti jerawat. Ini termasuk kondisi kulit kronis sehingga Anda harus mengobatinya dan mengendalikannya, tetapi tidak ada obatnya.

Penyakit ini mungkin muncul dalam bentuk yang berbeda dan mulai pada usia yang berbeda. Biasanya dimulai sekitar usia 30 tahun, tetapi seseorang yang lebih muda juga dapat mengalaminya.

Terlepas dari itu, sangat penting untuk segera menemui dokter kulit setelah Anda menduga Anda mungkin mengalami gejala. Seab, seiring berjalannya waktu, kemerahan menjadi lebih intens dan menyebar. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah terlihat, peradangan, jerawat dan mata merah.

"Ini mungkin kombinasi dari faktor keturunan dan lingkungan," kata dokter kulit Sapna Palep. Dia mengatakan, Anda lebih mungkin mengembangkan rosacea jika memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

“Wanita juga lebih mungkin mengembangkan kondisi ini daripada pria. Namun, pria yang mengalami kondisi tersebut seringkali memiliki gejala yang lebih parah,” sambungnya.

Gejala

Ada berbagai jenis rosacea tetapi kemerahan adalah tanda yang paling umum.

“Beberapa tanda awal adalah wajah memerah atau memerah, biasanya di bagian tengah wajah Anda, serta pembuluh darah kapiler yang lebih terlihat – pembuluh darah kecil di sekitar hidung dan pipi yang pecah dan menjadi lebih terlihat,” kata salah satu Pendiri Modern Dermatology PC Deanne Robinson.

Gejala khas rosacea lainnya termasuk jerawat kecil yang terletak di pipi dan/atau hidung, pembengkakan kelopak mata, sensasi terbakar, dan hidung membesar. Dalam banyak kasus, gejala-gejala ini disalahartikan sebagai kondisi kulit, seperti jerawat, eksim atau alergi. Oleh karena itu penting untuk meminta spesialis memeriksa kulit Anda untuk mendiagnosisnya dengan benar.

Robinson mengatakan setidaknya ada empat jenis rosacea, antara lain rosacea erythematotelangiectatic (kemerahan terus-menerus); papulopustular rosacea (kemerahan dengan papula kecil/whitehead); rosacea phymatous (kulit menebal dan menjadi kental dan bengkak); dan rosacea okular (berair, merah, mata terbakar).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab

Penyebab rosacea memang masih harus ditentukan, tapi beberapa pemicu spesifik dapat memperburuk gejala rosacea.

Beberapa penyebabnya pun dihubungkan dengan gaya hidup, seperti makan makanan pedas, mengonsumsi cinnamaldehyde (senyawa yang ditemukan dalam kayu manis, tomat, jeruk, dan coklat), merokok, paparan radiasi UV, dan minum minuman panas dan alkohol.

Sementara penyebab lainnya mungkin terkait dengan kondisi lingkungan, seperti cuaca panas/dingin yang ekstrem, udara kering, angin, sinar matahari dan debu, atau bahkan komponen emosional, seperti stres atau kecemasan.

Rosacea termasuk masalah perawatan kulit yang paling banyak dicari pada tahun 2021, menurut Laporan Skinfluencer terbaru pengecer kecantikan online LookFantastic dan Covid-19 mungkin ada hubungannya dengan itu.

“Rosacea dapat diperburuk oleh kebiasaan gaya hidup,” kata Dokter Kulit dan Ahli Bedah Dennis Gross. “Faktanya, kita mungkin melihat lonjakan besar dalam masalah ini karena orang harus memakai masker. Studi terbaru menemukan bahwa masker dapat menyebabkan rosacea yang sudah ada sebelumnya berkobar saat kain bergesekan dan mengiritasi kulit.”

Seseorang yang menderita rosacea juga mungkin lebih sensitif terhadap bahan perawatan kulit tertentu, termasuk alkohol, minyak pohon teh, asam laktat dan glikolat, minyak kayu putih, pewarna, wewangian, dan tabir surya kimia .

 

Perawatan

Bagi Anda yang berurusan dengan kulit memerah, kemerahan terus-menerus dan pembuluh darah yang terlihat, salep topikal atau perawatan laser dapat membantu. Selain itu, bahan perawatan kulit, seperti asam azelaic dan antibiotik topikal juga bisa membantu mengelola gejala bagi mereka yang berjuang dengan benjolan dan jerawat.

“Penting untuk tetap konsisten dengan produk perawatan kulit topikal yang Anda resepkan serta menghindari pemicunya,” kata Robinson.

Dia menambahkan, bagaimanapun, jika Anda tiba-tiba mengalami gejala, topikal tertentu seperti Afrin atau Rhofade dapat membantu mengurangi kemerahan untuk sementara waktu.

“Kedua obat ini bekerja untuk mengecilkan dan mengencangkan pembuluh darah yang berkontribusi pada kemerahan – keduanya menawarkan bantuan sementara, tetapi bukan penyembuhan jangka panjang,” katanya.

Di samping itu, menjaga kulit tetap terhidrasi pun termasuk hal lain yang harus dilakukan karena pelembab menciptakan penghalang yang menjauhkan iritasi.

Terakhir, ingatlah bahwa apa pun jenis rosacea Anda atau apa yang memicunya, penggunaan tabir surya setiap hari adalah suatu keharusan untuk menghindari flare-up yang disebabkan oleh radiasi UV. Untuk menghindari kemungkinan pemicu gejala, para ahli merekomendasikan tabir surya yang diformulasikan dengan zinc oksida atau titanium dioksida, silikon seperti dimethicone, atau cyclomethicone, tanpa wewangian, dan SPF di atas 30.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.