Sukses

Mengenal Komunikasi Non-Verbal, Apakah Itu?

Seseorang berkomunikasi secara nonverbal untuk menyampaikan informasi tentang berbagai hal.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa menjadi hal terpenting dalam berkomunikasi. Namun, ternyata tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa. Itu karena beberapa orang berkomunikasi dengan cara non-verbal.

Melansir Forbes, Rabu (18/5/2022), komunikasi nonverbal didefinisikan sebagai cara seseorang berkomunikasi satu sama lain tanpa berbicara atau menulis.

“Misalnya, ketika kita mengedipkan mata pada seseorang, menawarkan jabat tangan yang kuat atau mundur, kita menyampaikan pesan tanpa mengucapkan sepatah kata pun,” kata Profesor Psikologi di Universitas Manchester Marcie Coulter-Kern.

“Ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan bahkan jarak fisik kami mengirimkan pesan,” lanjutnya.

Seseorang berkomunikasi secara nonverbal untuk menyampaikan informasi tentang emosi, niat, sikap, kebutuhan, dan lainnya, menurut penelitian di International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.

“Kami terus berkomunikasi secara nonverbal,” kata Pakar Komunikasi Nonverbal Patti Wood. Faktanya, seseorang yang biasa berkomunikasi dengan cara ini dapat bertukar hingga 10.000 isyarat dalam waktu kurang dari satu menit, katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Jenis Umum Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal lebih dari sekedar menyilangkan tangan dan menganggukkan kepala. Meskipun bahasa isyarat menggunakan ekspresi dan gerakan yang berbeda, penting untuk dicatat bahwa itu tidak dianggap sebagai bentuk komunikasi nonverbal.

Kemudian sebaliknya, itu adalah bentuk komunikasi verbal nonvokal karena penandatanganan dapat diterjemahkan ke dalam kata-kata tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini uraian jenis komunikasi nonverbal yang paling umum.

1. Kinesika

Kinesik mengacu pada gerakan tubuh termasuk gerak tubuh, gerakan kepala dan ekspresi wajah, menurut penelitian dari University of Minnesota.

“Mereka mencerminkan persepsi tentang diri sendiri dan orang lain serta situasi dan topik,” jelas Wood.

Akan tetapi, meskipun Anda dapat dengan jelas melihat seseorang tersenyum ketika mereka tertawa atau berpose untuk foto, misalnya, ada berbagai macam ekspresi yang tidak selalu kita kenali secara sadar. Itu seperti memiringkan kepala, mengibaskan rambut, menyilangkan kaki, mengetuk-ngetuk kaki, dan mengedipkan mata, semuanya dianggap sebagai isyarat gerakan tubuh.

Faktanya, menurut Coulter-Kern, kita lebih cenderung mempercayai ekspresi wajah seseorang daripada kata-katanya.

2. Kronik

Kronik adalah bagaimana waktu mempengaruhi komunikasi. Lebih khusus, Wood mengatakan ini adalah penggunaan waktu untuk mencerminkan identitas, kekuasaan, atau status pribadi atau budaya.

Misalnya, datang tepat waktu atau datang terlambat serta menjawab panggilan atau SMS secara tepat waktu adalah bentuk-bentuk kronologis.

3. Proksemik

Jenis komunikasi nonverbal ini ada hubungannya dengan ruang dan jarak fisik, menurut data dalam Communication Disorders in Multicultural and International Populations.

“Kita tertarik pada apa yang kita sukai dan ditolak oleh apa yang tidak kita sukai,” tambah Wood.

Ada empat zona proxemic ruang pribadi: intim, pribadi, sosial dan publik (atau profesional).

4. Haptik

Adapula yang menggunakan sentuhan untuk menyampaikan emosi dan berkomunikasi. Haptics termasuk memeluk, mencium, berjabat tangan dan bentuk pelukan lainnya.

“Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan adalah indra pertama yang berkembang, dan memainkan peran penting dalam kesejahteraan,” kata Wood. 

5. Penampilan fisik

“Karakteristik fisik seperti warna kulit, tinggi badan, berat badan, fitur wajah, simetri wajah dan tubuh, serta daya tarik memengaruhi cara orang memandang kita—dan sebaliknya,” kata Wood.

Menariknya, Anda dapat mengubah penampilan fisik dengan hal-hal, seperti riasan, tato, dan perhiasan.

Di samping itu, ada pun data yang mendukung gagasan bahwa penampilan dapat memengaruhi persepsi orang lain sebelum sempat berbicara dengan mereka.

“Orang sering melihat kepercayaan, introversi atau ekstroversi, kedewasaan dan keramahan dari penampilan seseorang—terkadang salah,” kata Wood.

6. Vokal

Hal ini juga disebut parabahasa. Jenis komunikasi nonverbal ini mencakup semua nuansa suara seseorang, termasuk nada, volume, kecepatan, dan kualitas vokal mereka.

Ini juga termasuk bernapas, tertawa atau menggunakan pengisi verbal, seperti "uh" atau "um." Vokal terdiri dari komponen komunikasi nonverbal yang disuarakan — tetapi bukan verbal.

Wood mengatakan bahwa subkategori komunikasi nonverbal ini membantu kita menilai kepribadian, intensitas emosi, dan humor orang lain, dan memberi kita petunjuk untuk mengatur alur percakapan.

“Banyak ahli menganggap paralanguage sebagai komunikasi nonverbal yang paling jujur dan cara terbaik untuk menilai kebohongan,” kata Wood.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Berkomunikasi Nonverbal pada Orang Lain

Apa yang kita ungkapkan secara nonverbal itu penting karena kurang di bawah kendali kesadaran daripada kata-kata yang diucapkan, kata Coulter-Kern. “Akibatnya, kami melihat bahasa tubuh orang lain sebagai semacam pendeteksi kebohongan yang memberikan informasi tentang apa yang sebenarnya mereka maksud atau rasakan,” katanya.

Perlu bertahun-tahun studi untuk memecahkan kode setiap elemen komunikasi nonverbal secara akurat, kata Coulter-Kern.

Saat memeriksa sikap seseorang, perhatikan ketidakkonsistenan apa yang dikatakan versus gerak tubuh. Lihat seberapa cepat atau keras mereka berbicara dan apakah mereka melakukan kontak mata atau tidak.

Jangan terlalu fokus hanya pada satu tanda. Sebuah anggukan kepala sederhana bisa menyesatkan jika tidak cocok dengan isyarat verbal dan nonverbal seseorang secara keseluruhan.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Melatih Komunikasi Nonverball

Untuk melihat bagaimana orang lain mungkin memandang Anda, Wood menyarankan, "Memeriksa dari jari kaki ke atas kepala Anda untuk mencatat isyarat koneksi penting, seperti di mana kaki Anda menunjuk, jika lutut Anda disilangkan, jika telapak tangan Anda ditampilkan dan jika Anda melakukan kontak mata lebih dari tiga detik.”

Di samping itu, salah satu cara terbaik untuk memasukkan dan meningkatkan komunikasi nonverbal kita sendiri adalah dengan memperhatikan bagaimana orang lain menanggapi kita, tambah Coulter-Kern.

“Ketika orang bergerak ke arah kita atau menjauh dari kita, ada alasannya. Dan alasan itu mungkin ada hubungannya dengan komunikasi nonverbal Anda sendiri,” katanya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.