Sukses

Wah, 4 Bunga Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi Bahkan Baik buat Kesehatan

Lantas apa saja bunga yang bisa dikonsumsi?

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita terbiasa melihat keindahan bunga sebagai elemen dekorasi karena keindahannya. Namun siapa sangka, beberapa jenis bunga ternyata ada yang bisa dikonsumsi. Bahkan bunga-bunga ini juga berkhasiat sebagai obat.

Beberapa ragam bunga yang dapat dimakan cukup aman untuk dikonsumsi dan menambah rasa pada hidangan sambil memperkaya dengan banyak nutrisi.

Banyak masakan bercampur dengan bunga yang tidak hanya memoles menu tetapi juga membuat makanan menarik dan sehat.

Lantas apa saja bunga yang bisa dikonsumsi?

Seperti melansir Pinkvilla, Senin (16/5/2022), berikut ini jenis-jenis bunga yang bisa dikonsumsi.

1. Kembang sepatu

Bunga kembang sepatu biasanya dibudidayakan di lingkungan tropis dan subtropis dan dipenuhi dengan banyak nutrisi termasuk antioksidan.

Karenanya bunga ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, menjaga kadar gula darah, meningkatkan kesehatan hati, membantu penurunan berat badan dan memperkuat kekebalan.

Biasanya bunga ini ditemukan dalam berbagai warna. Beberapa yang sering ditemukan antara lain warna merah, putih, kuning dan warna pink.

Sementara itu, teh kembang sepatu pun terkenal karena khasiatnya sebagai obat. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal maka bunga ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, dari salad hingga taburan pada camilan favorit Anda (bentuk kering).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunga Lainnya

2. Dandelion

Diakui sebagai salah satu bunga yang sangat bergizi, Dandelion terdiri dari warna kuning cerah dan dikemas dengan sifat antioksidan yang kuat.

Selain antioksidan, bunga dandelion juga merupakan sumber Vitamin A, C, K, folat, kalsium, dan kalium yang luar biasa.

Atas kandungannya tersebut, bunga ini dianggap dapat membantu memerangi peradangan, membantu menurunkan kadar gula darah, mengelola tekanan darah, melancarkan pencernaan sambil membantu penurunan berat badan.

Mulai dari memasukkannya ke dalam salad, menambahkannya ke dalam sup atau semur, pelengkap di atas sandwich atau menyeduhnya dengan teh herbal.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Kamomil

Teh chamomile sudah dikenal terlebih selama beberapa tahun terakhir. Itu karena teh satu ini banyak manfaatnya bagi kesehatan kognitif.

Bunga chamomile kaya akan antioksidan sehingga membantu mengurangi kecemasan, membantu tidur lebih nyenyak, mengurangi nyeri haid dan juga menurunkan kadar gula darah tinggi.

Di samping itu, ternyata bunga chamomile bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah atau bisa juga diinfuskan dalam teh, ramuan, smoothies atau makanan penutup.

4. Lavender

Keindahan bunga berwarna ungu ini cukup menonjol untuk menghasilkan cologne manis. Bukan itu saja, aroma khas lavender dikenal dengan efek menenangkan alami dan rasanya dapat dilengkapi dengan makanan panggang, sirup, selai atau teh.

Selain itu, bunga ini kaya dengan nutrisi vitamin A, kalsium, besi dan antioksidan yang dapat dengan mudah menurunkan tingkat stres tinggi, mengatasi insomnia dan juga dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi.

Anda bisa menikmatinya dengan menyeduh secangkir teh chamomile panas atau padukan dengan buah beri, thyme, sage, atau cokelat hitam untuk menciptakan rasa unik yang belum pernah ada sebelumnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.