Sukses

Sambut Mudik Lebaran 2022, Danone Indonesia Gelar Sentra Vaksin Generasi Maju di Bekasi

Sentra vaksinasi ini melayani vaksinasi booster dan vaksinasi anak usia 6-12 tahun lebih dari 2000 orang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mensyaratkan vaksin booster bagi masyarakat yang mudik Lebaran 2022. Ini telah dikeluarkan pemerintah dalam Surat Edaran (SE) 16/222 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Memfasilitasi ini, Danone Indonesia bersama dengan program “Satu Juta Vaksin Jawa Barat” yang diinisiasi oleh BPBD Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022.

Sentra vaksinasi ini melayani vaksinasi booster dan vaksinasi anak usia 6-12 tahun lebih dari 2000 masyarakat umum dan anak-anak di Masjid Karang Haur, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi pada 23 April 2022.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, jumlah penduduk di Kabupaten Bekasi meningkat dalam beberapa periode terakhir yang mana. Hal ini juga disebabkan akibat meningkatnya jumlah pendatang di wilayah tersebut.

Sehingga kemungkinan mobilitas masyarakat yang lebih tinggi dapat terjadi pada saat periode libur lebaran.

Sedangkan, data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat menyatakan bahwa vaksinasi dosis penguat atau booster di daerah tersebut mencapai angka 25 persen dari total sasaran sebanyak 2.417.794 jiwa.

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan jika lonjakan kasus angka COVID-19 dalam situasi periode lebaran dalam beberapa tahun terakhir dan sejalan dengan pelonggaran aturan mudik, memicu kepedulian untuk turut serta dalam menghadirkan program vaksinasi bagi masyarakat.

"Inisiatif tersebut kami hadirkan agar kekebalan tubuh bagi anak dan juga masyarakat dapat terjaga khususnya dalam situasi menjelang libur lebaran tahun ini. Hadirnya sentra vaksinasi Generasi Maju diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) bagi seluruh masyarakat dan juga vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun di sekitar Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi,” jelas dia.

Ketua HIPMI Jawa Barat Surya Batara Kartika menambahkan pihaknya berkomitmen penuh dalam akselerasi penyerapan vaksin di Jawa Barat bersama dunia usaha dalam rangka mendukung pemerintah provinsi Jawa Barat dan percepatan pemulihan ekonomi termasuk untuk para pelaku usaha.

"Program Sentra Vaksinasi Generasi Maju ini menjadi sangat relevan ditengah kemungkinan meningkatnya mobilitas masyarakat dan peluang akan meningkatnya roda ekonomi di tengah situasi libur lebaran," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 2021

Ketua Pelaksana Program Satu Juta Vaksin Jawa Barat, Fauzan Kemal Akbar menjelaskan, program Satu Juta Vaksin telah dijalankan sejak tahun 2021 yang lalu dan telah aktif bekerja sama dengan berbagai pihak, dalam hal memberikan vaksin gratis kepada masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih kepada Danone Indonesia yang telah bersedia untuk bergabung dalam program Satu Juta Vaksin Jawa Barat, dan membantu masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya pada kecamatan Pebayuran," lanjutnya.

Dalam penyelenggaraannya, pihaknya bekerjasama dengan pihak setempat seperti RT dan RW dalam memobilisasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi sehingga target 2000 orang dapat tercapai. "Disisi lain, kami juga bersyukur ternyata antusiasme masyarakat juga sangat tinggi untuk melakukan vaksin booster,” tambah dia

Selama pandemi, Danone Indonesia telah mendukung akselerasi vaksinasi dengan mendukung di lebih dari 152 sentra vaksinasi di 28 kota di Indonesia.

“Semangat dan optimisme menyambut transisi dari pandemi menjadi endemi perlu diimbangi dengan sikap tanggung jawab bersama melalui upaya perlindungan dan peningkatan kesehatan masyarakat khususnya pada periode yang kritikal seperti saat Periode Hari Raya Idul Fitri. Melalui kolaborasi dan sinergi yang dijalankan, diharapkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat sekitar dapat mempermudah dan meningkatkan kekebalan tubuh saat mudik lebaran tahun ini,” tutup Arif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.