Sukses

5 Cara Mudah Atasi Kelelahan

Salah satu hal yang paling berbahaya tentang burnout atau kelelahan adalah bahwa hal itu membahayakan penilaian, termasuk penilaian tentang diri kita sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi telah memperburuk kelelahan, terutama bagi wanita mungkin paling merasakan ketegangan. Menurut penelitian, 53 persen wanita melaporkan bahwa kesehatan mental mereka menderita ke titik kelelahan karena pekerjaan.

Kelelahan dapat bermanifestasi dalam banyak cara. Tentu saja ada tanda-tanda kelelahan yang lebih jelas, seperti kelelahan, atau bahkan sakit ebih sering. Tetapi ada gejala yang lebih halus juga, seperti ketidakmampuan untuk fokus dan sepenuhnya hadir dengan orang lain.

Salah satu hal yang paling berbahaya tentang burnout adalah bahwa hal itu membahayakan penilaian, termasuk penilaian tentang diri kita sendiri.

Jadi Anda mungkin berpikir baik-baik saja, tetapi jika tidak mendapatkan tidur yang dibutuhkan, atau jika banyak menghabiskan hari demi hari dalam rapat virtual berturut-turut dan di depan layar, kemungkinan besar Anda tidak melakukan sebaik yang dikira.

Sebuah studi dari LeanIn.org menemukan bahwa pada 2020, wanita yang mengalami gejala burnout dua kali lipat dari pria. Itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa terlihat eksodus massal wanita dari tempat kerja.

Ketika segala sesuatu tentang bagaimana menjalani hidup telah terbalik, melewati hari saja bisa membuat stres.

Tetapi ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi kelelahan dan bahkan berkembang selama momen yang sulit secara historis ini.

Ini mungkin terdengar seperi sebuah paradoks, tetapi cara untuk menavigasi ketidakpastian dan stres selama masa perubahan dalam skala besar adalah dengan membuat penyesuaian yang sangat kecil dalam hidup Anda sendiri.

Dikutip dari buku Thrive Global, Your Time To Thrive, hal ini memungkinkan untuk mengontrol apa yang dapat dikendalikan dan ternyata, dapat mengontrol sedikit tentang dunia langsung.

Ketika cukup kecil, perubahan ini memungkinkan untuk membuat perbaikan besar pada kesejahteaan fisik dan mental kita.

Ini adalah panduan yang didasarkan pada rencana hidup manusia seutuhnya dan sistem perubahan perilaku yang akan membantu meningkatkan setiap aspek kesejahteraan fisik dan mental, kinerja, ketahanan, dan hubungan.

Berikut ini ada lima langkah kecil yang dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan saat ini, yang dirangkum dari Marie Claire, Senin (11/4/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Langkah

1. Hanya Bernafas

Ilmu saraf menunjukkan bahwa kita dapat mengoreksi dari stres hanya dalam 60 hingga 90 detik. Itulah mengapa salah satu langka kecil ini adalah dengan hanya fokus pada naik turunnya napas Anda, bahkan selama 60 detik.

Ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, menurunkan kadar hormon stres kortisol. Ini adalah salah satu yang dapat Anda lakukan sebagai reset sepanjang hari sebelum rapat, setelah rapat, atau bahkan selama rapat.

2. Kebiasaan Tumpuk Rasa Syukur 

Salah satu cara untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat adalah melalui apa yang oleh para peneliti disebut “habit stacking”, yaitu menempelkan kebiasaan baru ke kebiasaan yang sudah ada.

Anda dapat melakukan combo-microstep: setiap kali Anda menyikat gigi, juga dapat memikirkan tiga hal yang disyukuri.

Syukur adalah salah satu emosi yang paling kuat, dan ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa itu membantu menurunkan stres dan kecemasan.

Melakukannya sambil menyikat gigi adalah cara mudah untuk membawa manfaat luar biasa dari rasa syukur ke dalam hidup Anda tanpa perlu lagi dari hari yang sudah sibuk.

3. Hentikan Doomscrolling

Dalam langkah ini, tentu saja kita semua ingin mendapat informasi karena masih hidup dengan krisis kesehatan masyarakat dan menjadi berpengetahuan dan up-to-date dapat membantu merasa lebih siap.

Tetapi seperti yang banyak kita ketahui menelusuri siklus berita dalam 24/7 hanya dapat menambah stres kita.

Kita dapat memecahkan ini dengan menetapkan waktu cut-off berita untuk diri kita sendiri. Ini memungkinkan kita untuk mematikan televisi dan mengisi luang dengan terhubung dengan teman atau orang yang dicintai, atau memiliki waktu henti untuk terhubung dengan diri kita sendiri.

Ini membantu kita menempatkan tidur malam yang lebih baik, yang pada gilirannya membantu kita menempatkan berita yang membuat stres ke dalam perspektif. Dan jangan khawatir, jika Anda ingin tahu apa yang Anda lewatkan, beritanya akan tetap ada di pagi hari.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Langkah Lain

4. Jadwalkan Waktu Berolahraga

Luangkan waktu di kalender Anda untuk berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahkan hanya beberapa menit bergerak dapat berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental.

Sangat mudah untuk mengisi hari kecuali kita memblokir waktu itu sebelumnya, jadi di awal minggu, di pagi hari, atau kapanpun Anda mengisi kalender, jangan lupa untuk mencatat waktu Anda untuk berolahraga.

 5. Jangan Gunakan Ponsel Tepat Sebelum Tidur

Ponsel kita adalah gudang dari semua yang perlu kita simpan agar kita bisa tidur, seperti daftar tugas, kotak masuk, tuntutan hari yang tidak pernah berakhir.

Plus, cahaya biru yang mereka pancarkan menekan melatonin, hormon yang berhubungan dengan pengaturan tidur.

Jadi, pilih waktu di malam hari untuk mematikan perangkat dan mengeluarkannya dari kamar tidur Anda untuk bangun dengan daya penuh seperti ponsel kesayangan kita.

 

Reporter: Farah Meilinda Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.