Sukses

Manfaat Buah Naga Buat Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bagi Penderita Diabetes

Buah naga mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti kalsium, zat besi dan magnesium.

Liputan6.com, Jakarta Seperti namanya, buah naga memiliki kulit menyerupai sisik seekor naga. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini ternyata memiliki beragam khasiat bagi tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan.

Tanaman buah naga merupakan anggota famili kaktus dan memiliki kulit berwarna merah muda atau kuning dengan daun berwarna hijau seperti duri di sekelilingnya.

Rasa buah naga dapat digambarkan sebagai persilangan antara kiwi, pir dan semangka, sedangkan bijinya memiliki rasa pedas.

Buah naga mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti kalsium, zat besi dan magnesium. Dengan demikian, buah naga memiliki banyak manfaat.

Melansir laman Hindunstan Times, Senin (11/4/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan buah naga untuk kesehatan tubuh.

1. Melindungi dari kanker dan penuaan dini

Buah naga memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, asam fenolik, dan betasianin. Zat alami itu dianggap mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit, seperti kanker dan penuaan dini.

2. Camilan yang baik bagi penderita diabetes

Penderita diabetes harus sangat berhati-hati ketika mengonsumsi buah. Namun, buah naga dalam hal ini cukup bermanfaat bagi pasien diabetes.

Buah naga secara alami rendah lemak dan tinggi serat sehingga membuat perasaan kenyang lebih lama. Selain itu, buah ini juga membantu menurunkan kadar gula darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

3. Kaya akan prebiotic

Jangan salah, buah naga adalah gudang prebiotic. Nutrisi itu yang dapat membantu menjaga masalah pencernaan, seperti sembelit dan kembung.

Buah naga secara khusus pun mampu mendorong pertumbuhan bakteri probiotik lactobacilli dan bifidobacteria.

4. Memperkuat kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar zat besi

Buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh itu berkat tingginya vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Bahkan buah naga juga dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan menyediakan energi,

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.