Sukses

Mengenal Asam Malat yang Bermanfaat Dalam Merawat Kulit

Bedanya, asam malat ini versi yang lebih lembut.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan, terdapat beragam jenis asam yang sering digunakan. Beberapa di antaranya seperti Hyaluronic, Salicylic, Lactic, atau Mandelic. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis asam yang bernama Asam Malat?

Melansir laman Pinkvilla, Rabu (6/4/2022), asam malat terkenal karena sifat pengelupasannya yang baik. Selain itu, jenis asam ini pun dianggap baik untuk membersihkan kulit dari dalam.

Jenis asam satu ini milik kelompok AHA atau Alpha Hydroxy Acid. Bedanya, asam malat ini versi yang lebih lembut. Itu berarti memiliki kemampuan penetrasi yang lebih rendah. Jadi, baik digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

Lalu, apa kira-kira manfaat asam malat dalam dunia kecantikan?

Berikut ini manfaat yang ditawarkan asam malat dalam perawatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat

1. Meningkatkan Hidrasi

Asam malat termasuk bahan umum dalam pelembap. Oleh karena itu, kandungan ini dikenal membantu memerangkap kelembapan di kulit untuk memastikannya tetap terhidrasi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Pengelupasan Kulit

Penggunaan asam malat secara teratur mampu membantu memecah lapisan atas lem yang menyatukan sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit. Setelah kerusakan itu, sel-sel ini mudah dibersihkan sehingga membuka jalan bagi sel-sel kulit baru untuk naik ke permukaan. Hal itu yang memberikan kulit terasa lebih halus dan tampilan lebih bersih. 

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Penggunaan asam malat secara teratur juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Hal itu mendukung untuk pergantian kulit. Asam malat menjadi bahan populer dalam produk perawatan kulit anti-penuaan. 

4. Menyeimbangkan tingkat pH kulit

Lapisan luar kulit biasanya terbuat dari sebum yang dikeluarkan dari pori-pori, membantu melindungi kulit dan menjaga kelembapan dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kehilangan air.

Terlepas dari kandungan AHA yang dapat merusak keseimbangan pH, asam malat justru berperan dalam menyeimbangkan pH kulit.

Meskipun asam malat cocok untuk kulit sensitif, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. Bila aman, Anda bisa menambahkan asam malat ini ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.