Sukses

Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah? Ini Penjelasan Dokter

Sebab, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Liputan6.com, Jakarta Buah adalah makanan yang menyehatkan. Namun, tahukah kapan Anda sebaiknya mengonsumsi buah-buahan?

Terkait hal ini, beberapa orang percaya bahwa ada waktu tertentu yang dianjurkan ketika ingin mengonsumsi buah-buahan. Apakah lebih baik dikonsumsi pagi, siang, atau malah hari?

Bahkan mengonsumsi buah pun sebetulnya tidak sembarangan. Sebab, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Mengenai hal ini, salah satu dokter Achyuthan Eswar membahas topik terkait waktu terbaik mengonsumsi buah-buahan di akun Instagram pribadinya.

Dia menyarankan, lebih dulu konsumsi buah tertentu ketika ingin makan. Jadi, buah itu seperti pendahulunya.

“Ada dua hal penting,” katanya di akun Instagram @achyuthan.eswar, dilansir dari The Indian Express, Jumat (1/4/2022).

Pertama, “Jika Anda makan kurang dari ini, risiko penyakit kronis seperti stroke meningkat. Jika Anda makan lebih dari ini, tidak banyak manfaat tambahannya,” tulisnya.

Kemudian Eswar menjelaskan bila buah dikonsumsi di pagi hari.

Dia mengatakan, “Jika Anda makan semuanya di pagi hari, buah akan membuat Anda tetap sehat hanya di pagi hari. Menjelang malam, status antioksidan Anda mungkin turun.”

Namun, bila Anda mengenal pola makan nabati, mulailah satu atau dua buah setiap makan, katanya.

Di samping itu, Anda juga bisa mengolah buah-buahan dengan beragam cara. Bisa dijadikan salad buah, smoothie, atau dessert.

“Buah-buahan adalah salah satu makanan paling sehat untuk Anda,” tutupnya di postingan tersebut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini