Sukses

Buat Para Wanita, Ketahui Kegunaan Asam Salisilat Buat Mengatasi Jerawat

Namun dengan catatan, Anda harus berhati-hati, jangan menggunakan terlalu banyak. Sebab ketika berlebihan, asam salisilat dapat menyebabkan kulit kering yang berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bahan perawatan kulit untuk mengatasi masalah jerawat adalah asam salisilat. Jadi, bagi yang ingin menghindari atau menghilangkan masalah tersebut jangan lupa untuk gunakan produk yang mengandung bahan ini.

Namun, para pemula mungkin belum mengetahui banyak hal tentang jenis asam ini yang biasanya terdapat di produk perawatan kulit.

Asam salisilat adalah bahan aktif yang dapat diperoleh secara alami dari pohon willowbark. Kandungan ini adalah asam beta hidroksi (BHA) dan merupakan bahan pengelupasan lembut dan anti-inflamasi serta antibakteri," kata ahli kecantikan medis dan pendiri Dermovia Anita Sun, dilansir dari Popsugar, Sabtu (2/4/2022).

Fungsi Asam Salisilat

Kandungan itu yang membuat asam salisilat menjadi bahan favorit untuk mengatasi kulit berminyak atau berjerawat.

Sun menerangkan, "Asam salisilat sangat bermanfaat untuk membalikkan kulit kusam agar kulit tampak lebih cerah. Bahan ini efektif untuk pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan dan manfaatnya membantu mengurangi jerawat dan mencegah penyebaran bakteri.”

BHA yang larut di dalamnya, lanjut Sun, “Dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit untuk melonggarkan dan membersihkan sebum minyak dari pori-pori."

Jadi, asam salisilat dapat secara efektif mengurangi produksi minyak dan sekresi sebum, membuat Anda memiliki kulit yang lebih cerah, lebih bersih, dan lebih merata.

Salah satu pendiri sekaligus direktur bedah di MDCS Dermatology Snehal Amin mengatakan, "Bahan ini bekerja dengan melonggarkan sambungan seluler stratum korneum, yang merupakan lapisan terluar kulit.”

Namun dengan catatan, Anda harus berhati-hati, jangan menggunakan terlalu banyak. Sebab ketika berlebihan, asam salisilat dapat menyebabkan kulit kering yang berlebihan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Asam Salisilat untuk Kulit

Di samping itu, asam salisilat juga dapat mengobati berbagai masalah kulit lain selain jerawat. Itu seperti kutil, rosacea, bekas luka, dan masalah kulit bertekstur kasar seperti psoriasis.

Untuk jerawat, Amin menyarankan untuk menggunakan dengan konsentrasi rendah yaitu 0,5 sampai 10 persen. Itu dinilai efektif dalam melarutkan sebum dan mengurangi peradangan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, "Untuk kondisi di mana ada penumpukan keratin berlebih seperti psoriasis dan keratosis pilaris, asam salisilat digunakan 3-6 persen. Pada konsentrasi yang lebih tinggi, asam salisilat digunakan untuk mengobati kutil, jagung, dan sebagai agen pengelupasan.”

Menggunakan Asam Salisilat dengan Bahan Perawatan Kulit Lainnya

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda harus lebih berhati-hati ketika harus menggunakan asam salisilat bersamaan dengan produk lain.

Namun, niacinamide akan baik-baik saja ketika digunakan setelah asam salisilat. Hal ini karena senyawa pH yang lebih tinggi sehingga melengkapi asam salisilat, tutur Amin.

Kombinasi yang harus dihindari itu termasuk astringen dan bahan pengelupas lainnya. Intinya, hindari penggunaan asam salisilat dengan produk lain yang dapat menyebabkan iritasi atau pengelupasan kulit secara bersamaan.

 

 

3 dari 4 halaman

Asam Salisilat vs Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dengan asam salisilat keduanya merupakan perawatan jerawat . Akan tetapi, bahannya sangat berbeda. Menentukan bahan mana yang terbaik untuk Anda itu tergantung pada jenis jerawat yang sedang dialami.

Asam salisilat baik untuk merawat jerawat inflamasi serta mencegah pembentukan jerawat baru. "Asam salisilat juga bertindak sebagai bahan anti-inflamasi, membantu mengurangi kemerahan dan bengkak pada noda jerawat," jelas dokter kulit bersertifikat dan kepala petugas medis di Sanova Dermatology Ted Lain.

Sementara benzoil peroksida mampu menyerang bakteri penyebab jerawat untuk mengobati dan mencegah jerawat.

Menggunakan Asam Salisilat dengan Retinol

Jika sudah paham dengan produk perawatan kulit, Anda pasti tahu bahwa retinol adalah bahan yang bagus untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan bahkan mengobati jerawat.

Anda mungkin ingin menggunakan bahan yang kuat ini ke dalam rutinitas. Namun, jika sudah menggunakan asam salisilat, Anda harus memilih salah satu saja.

"Retinol sangat tidak stabil. Ini tidak cocok dengan asam salisilat atau benzoil peroksida. Menggabungkan dua bahan sisa, seperti masker atau perawatan semalam, dapat mengenai kulit terlalu keras jika Anda menggunakannya sekaligus," kata Joshua Zeichner yang merupakan dokter kulit di NYC.

 

 

4 dari 4 halaman

Menggunakan Asam Salisilat Selama Kehamilan

Sementara itu, ketika sedang hamil Anda harus berhati-hati menggunakan asam salisilat.

"Formulasi topikal asam salisilat yang dijual bebas (konsentrasi kurang dari 2 persen) umumnya dianggap aman untuk digunakan untuk satu hingga dua kali sehari, menurut American College of Obstetrics and Gynecology," kata Amin.

Jadi, "Tidak ada penelitian khusus yang dilakukan pada kehamilan tentang penggunaan asam salisilat topikal. Namun, mengingat proporsi yang sangat kecil yang diserap melalui kulit, tidak mungkin menimbulkan risiko bagi janin,” lanjutnya

Karena itu, Anda harus menghindari asam salisilat topikal dosis tinggi saat hamil. "Kulit kimia asam salisilat dan formulasi konsentrasi tinggi yang digunakan di kantor dokter harus dihindari selama kehamilan. Pada konsentrasi yang lebih tinggi ini, asam salisilat dapat diserap ke dalam aliran darah, dan efeknya tidak diketahui pada bayi selama kehamilan," jelasnya lebih lanjut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.