Sukses

10 Tips Mudah Memperkuat Kuku yang Rapuh, Cobain!

Berikut ini 10 tips mudah memperkuat kuku.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sering memakai kuku akrilik terkadang justru bisa membuat kuku mudah rapuh. Bila sudah begitu, perlu beberapa perawatan untuk memulihkan kuku sehingga mampu kuat kembali.

Lantas, bagaimana saja cara memperkuat kuku?

Berikut ini 10 tips mudah memperkuat kuku seperti melansir laman Times of India, Selasa (29/3/2022).

1. Lemon

Vitamin C dianggap sangat membantu dalam pertumbuhan kuku. Jadi, yang Anda butuhkan hanyalah irisan lemon.

Setelah itu, oleskan lemon tersebut pada kuku jari tangan dan kaki. Lakukan hal ini setidaknya sekali sehari. Gosok selama kurang lebih lima menit lalu bilas dengan air hangat. Ini akan membantu kuku Anda tumbuh dan juga akan menjaganya tetap bersih dan bebas bakteri.

2. Minyak kelapa

Memijat kuku Anda dengan minyak kelapa hangat juga dapat meningkatkan pertumbuhan kuku. Sebab, minyak kelapa kaya akan vitamin E dan merupakan sumber antioksidan yang baik.

Caranya dengan memijat kuku jari Anda dengan minyak kelapa setiap malam sebelum tidur.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jeruk

 

Selain lemon, jeruk pun dianggap mampu membantu dalam produksi kolagen. Kolagen adalah agen penting yang membantu pertumbuhan dan menambah vitalitas kuku. Sifat antioksidan di dalam jeruk juga dipercaya dapat mencegah infeksi.

Cara memperkuat kuku dengan cara ini adalah dengan memasukkan beberapa jeruk yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk. Lalu rendam kuku selama sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

4. Minyak zaitun

Jika Anda memiliki kuku yang rusak dan rapuh, maka minyak zaitun adalah pilihan terbaik untuk merawatnya. Sebab, minyak zaitun memiliki sifat yang mudah ditembus sehingga mampu mencapai lapisan dalam kuku.

Bahkan minyak ini juga bisa menenangkan dan menyembuhkan kuku yang kering. Di samping itu, juga membantu sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan kuku.

Langkah-langkahnya, panaskan sedikit minyak zaitun murni dan pijat kuku dan kutikula dengan lembut selama sekitar lima menit. Tutupi tangan Anda dengan sarung tangan dan diamkan semalaman. 

5. Kurangi penggunaan gel dan kuku akrilik

Seni kuku, seperti gel dan kuku akrilik, memang terlihat menarik. Namun, kuku akrilik dan gel ini sebenarnya dapat mencegah penguatan dan pertumbuhan kuku.

Sesekali tidak apa-apa menghiasi kuku dengan cara ini. Akan tetapi, lebih baik tidak dilakukan secara teratur.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Konsumsi biotin

Biotin adalah vitamin yang bisa digunakan untuk pertumbuhan kuku dan rambut. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin, seperti pisang atau alpukat atau suplemen biotin. Namun, sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen biotin, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

7. Mengonsumsi banyak sayuran

Sayuran berdaun hijau, terutama bayam, mengandung asam folat atau vitamin B9 tingkat tinggi yang melengkapi pertumbuhan kuku dan membuatnya kuat. Bila ingin memiliki kuku yang kuat, coba konsumsi sayuran berdaun hijau ini. 

8. Gunakan kulit telur

Kalsium ekstra dalam kulit telur membantu memperkuat kuku. Ambil kulit telur, bersihkan, lalu haluskan dan buat pasta. Kemudian Anda dapat mengoleskannya pada kuku.

9. Madu

Madu membantu melawan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga membantu menjaga kuku dan kutikula tetap ternutrisi dan kenyal. Anda bisa menjadikan madu untuk masker kuku madu. Anda juga bisa menambahkan lemon sebagai bahan campurannya.

Caranya, campurkan 2 sendok teh madu dengan beberapa tetes lemon yang dihaluskan. Kemudian pijat kuku dengan bahan tersebut dan biarkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas secara menyeluruh.

10. Minyak bawang putih

Bahan terakhir untuk memperkuat kuku adalah bawang putih. Tanpa disangka, minyak bawang putih kaya akan selenium yang dapat membantu mendorong pertumbuhan kuku.

Caranya, gosok kuku jari dengan irisan bawang putih. Jika terlalu pedas, Anda bisa membuat minyak bawang putih sendiri. Gunakan minyak bawang putih ini sebagai masker kuku. Anda bisa mencobanya seminggu sekali.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.