Sukses

10 Jenis Olahraga Terbaik buat Bangun Kekuatan dan Kepercayaan Diri

Penting untuk menemukan praktik untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk menghindari masalah yang lebih besar seperti kecemasan dan depresi yang dapat terjadi jika masalah harga diri tidak ditangani.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membuat orang merasa kuat dan percaya diri serta menciptakan kedamaian dalam diri kita sendiri, seringkali membutuhkan upaya bersama dan serangkaian rencana.

Dilansir dari Eating Well, diperkirakan hingga 85 persen orang menderita harga diri rendah. Sementara kebanyakan orang dapat berhubungan dengan keraguan diri sesekali atau penurunan kepercayaan diri.

Di sini penting untuk menemukan praktik untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk menghindari masalah yang lebih besar seperti kecemasan dan depresi yang dapat terjadi jika masalah harga diri tidak ditangani.

Studi menunjukkan bahwa pelatihan ketahanan menghubungkan dengan pengurangan gejala depresi dan kecemasan yang dapat menyebabkan peningkatan kepercayaan diri, harga diri yang lebih tinggi, dan citra tubuh yang lebih baik.

Dalam penelitian ini telah dialami oleh semua klien pelatihan pribadinya. Terlepas dari penurunan berat badan, mereka memberitahu, “Saya menjadi lebih kuat!” atau “Saya bisa melihat otot saya sekarang!” atau “Saya selalu merasa lebih baik setelah berolahraga.”

Dorongan kekuatan itu juga dapat menyebakan peningkatan kepercayaan diri, harga diri, dan citra tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang terbaik untuk membantu Anda merasa lebih kuat dan lebih percaya diri, yang telah dirangum Liputan6.com dari Eating Well, Senin (28/3/2022).

Apa itu Latihan Perlawanan?

Latihan perlawanan, atau latihan kekuatan, adalah jenis latihan yang memanfaatkan kekuatan lawan untuk membuat otot lebih kuat.

Dilansir dari Eating Well, dalam sebuah studi American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk memasukkan latihan ketahanan setidaknya dua kali setiap minggu sebagai bagian dari rutinitas latihan Anda.

Selain manfaat yang diberikannya untuk rasa percaya diri Anda, latihan ketahanan sangat penting untuk mencegah dan mengobati sarcopenia dan osteoporosis dengan membantu mempertahankan massa otot dan tulang seiring bertambahnya usia.

Dalam latihan ketahanan ini, Anda tidak perlu menggunakan bebas untuk mendapatkan latihan kekuatan atau ketahanan, berat badan Anda dapat bertindak sebagai ketahanan.

Anda selalu dapat menambahkan beban saat Anda menjadi lebih kuat atau mengingnkan tantangan yang lebih besar, tetapi Anda dapat melakukan latihan ketahanan yang baik hanya dengan berat badan Anda.

Di sini Anda melihat beberapa latihan terbaik untuk membangun kekuatan dan membuat Anda merasa kuat dan percaya diri.

10 Latihan Terbaik untuk Membangun Kekuatan dan Kepercayaan Diri

1. Pull-up

Pull-up adalah latihan tubuh bagian atas yang merekrut beberapa kelompok otot besar, terutama otot-otot di punggung dan bisep, dan menggunakan berat tubuh sendiri sebagai ketahanan.

Untuk melakukan pull-up, Anda dapat pegang palang di atas kepala dan Tarik tubuh Anda ke atas palang menggunakan kekuatan di tubuh bagian atas.

Anda mungkin berkata pada diri sendiri, “Saya tidak bisa melakukan pull-up!” Dan meskipun Anda mungkin tidak dapat melakukan pull-up tanpa bantan hari ini, kebanyakan orang dapat melakukan pull-up menggunakan mesin pull-up berbantuan atau resistance band untuk membantu mengangkat sebagian dari berat badan mereka melalui berbagai gerakan.

Dengan latihan dan dengan membangun kekuatan ini, Anda akan membuat kemajuan. Dan ketika Anda melakukannya, rasa pencapaian yang Anda dapatkan dengan melakukan sesuatu yang sulit akan memberi Anda dorongan kepercayaan diri yang besar.

2. Push-up

Seperti pull-up, push-up juga terutama merupakan latihan tubuh bagian atas yang merekrut beberapa kelompok otot besar dan menggunakan berat badan sebagai penahahan.

Push-up menargetkan otot dada, bahu, dan trisep, dan karena tubuh Anda berada dalam postur papan tinggi, Anda juga melibatkan inti dan kaki Anda untuk menstabilitas.

Ada dua modifikasi dasar untuk membuat push-up lebih mudah diakses. Modifikasi yang paling umum adalah dengan menjatuhkan lutut ke lantai dan melakukan push-upd dari tangan dan lutut. Ini adalah variasi mudah yang menghilangkan sebagian dari berat badan Anda.

Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda berada dalam postur plank (tangan dan lutut) yang dimodifikasi dengan pinggul ke depan dan tubuh dalam garis lurus dari bahu ke lutut, lalu turunkan tubuh ke lantai sampai dada menyentuh tanah, dan dorong kembali ke papan modifikasi Anda lagi.

Dalam latihan ini, seorang pelatih merekomendasikan agar Anda dapat memodifikasi dengan mengangkat tubuh bagian atas ke bangku, kotak, kursi atau tepi meja atau meja Anda.

Modifikasi push-up yang ditinggikan ini memungkinkan Anda untuk tetap dalam postur papan penuh dengan tubuh bagian atas terangkat dari lantai untuk mengambil sebagian beban dari lengan Anda dan membiarkan kaki Anda membantu Ands melakukan pekerjaan itu.

Dengan metode tubuh bagian atas yang ditinggikan, saat Anda mulai membangun kekuatan, Anda juga melatih bagaimana rasanya melakukan push-up penuh.

Dan Anda memiliki berbagai opsi perkembangan saat Anda menjadi lebih kuat; semakin tinggi ketinggiannya, semakin mudah pus-upnya; jadi saat Anda membangun kekuatan, Anda bisa pergi dari meja ke bangku atau kursi; dan kemudian ke langkah atau kotak kecil; dan akhirnya melakukan push-up penuh di lantai.

3. Glute Bridges

Otot gluteal (pantat) adalah kelompok otot terbesar di tubuh. Sangat penting untuk memastikan mereka kuat dan berfungsi dengan baik untuk mencegah cedera dan mengurangi nyeri punggung.

Seringkali glutes menjadi lemah dan kehilangan fungsi karena terlalu lama duduk. Jadi sebelum melakukan latihan tubuh bagian bawah lainnya, ada baiknya Anda melakukan beberapa glute bridge untuk memastikan glutes menembak dengan benar.

4. Squats

Squat adalah latihan favorit saya untuk meningkatkan kepercayaan diri, karena itu adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan di tubuh bagian bawah.

Tidak ada yang membuat saya merasa lebih kuat dan lebih baik tentang tubuh saya daripada mengetahui bahwa saya dapat melakukan jongkok berbobot berat.

Squat membangun kekuatan, terutama di tubuh bagian bawah, dengan melatih otot glutes dan paha depan.

Mereka juga merekrut inti untuk menstabilkan tubuh selama latihan. Squat dapat dilakukan hanya dengan menggunakan berat badan Anda atau dapat "dibebani" dengan menambahkan dumbbell, kettlebell, barbel, atau band untuk meningkatkan resistensi saat Anda terus membangun kekuatan.

Menggunakan dinding untuk melakukan wall squat atau wall sit memberikan modifikasi yang sangat baik bagi mereka yang mungkin mengalami nyeri lutut atau yang lebih memilih dukungan tambahan dari dinding.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Olahraga Lainnya

5. Deadlifts

Deadlift adalah salah satu latihan terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari cara mengangkat barang tanpa menyakiti punggung Anda. Rasanya juga senang bisa mengangkat sesuatu yang berat.

Deadlifts melatih otot-otot di glutes, paha belakang dan inti. Untuk mengurangi risiko cedera dengan deadlift, seperti halnya semua latihan resistensi, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan bentuk yang tepat. Mulailah dengan berlatih gerakan tanpa beban. Kemudian tambahkan beban secara perlahan saat Anda membangun kekuatan.

Seperti squat, deadlift juga serbaguna. Anda dapat menambah berat badan menggunakan dumbel, barbel, kettlebell, atau bar jebakan, dan ada banyak progresi dan variasi untuk membuat latihan ini dapat diakses.

6. Walking Lunges

Menekuk lutut atau walking lunges adalah salah satu latihan terbaik untuk terus menargetkan lem dan mengencangkan kaki.

Mereka merekrut beberapa kelompok otot, dan karena mereka juga melatih keseimbangan Anda, menekuk lutut adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri dengan meningkatkan kekuatan dan stabilitas secara keseluruhan.

Gunakan berat badan Anda, tambahkan dumbel, kettlebell, atau barbel untuk terus maju saat Anda membangun kekuatan.

7. Biceps Curls

Salah satu hal yang sering dengar dari klien seorang pelatih adalah seberapa baik perasaan mereka ketika mereka mulai benar-benar melihat definisi di otot mereka

Dan bisep mungkin salah satu area termudah untuk mendapatkan hasil awal yang dapat Anda lihat, memberikan dorongan kepercayaan diri awal untuk membuat Anda terus melakukan perjalanan latihan Anda.

Biceps curls adalah latihan tubuh bagian atas yang menargetkan otot-otot di sisi depan lengan atas. Mereka membangun kekuatan fungsional yang Anda perlukan untuk membawa barang-barang berat, dan mereka membuat lengan Anda tampak hebat!

Jika Anda tidak memiliki dumbel atau barbel, Anda dapat melakukan latihan ini dengan sesuatu yang sederhana seperti sebotol air.

Seperti semua latihan resistensi, bentuk sangat penting untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Ingat: Jaga siku Anda ditarik ke samping dan gunakan otot Anda untuk mengangkat beban ke arah bahu Anda. Jika Anda mengayunkan beban, Anda menggunakan momentum, bukan otot.

8. Overhead Triceps Extensions

Membangun otot di trisep Anda dapat membantu mengurangi kendur di lengan yang sering datang seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan bentuk otot di area tubuh itu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri tubuh. Plus, membangun trisep memberikan kekuatan fungsional untuk membantu dalam situasi apa pun di mana Anda perlu mendorong objek menjauh dari tubuh Anda, dan itu juga akan membantu menyempurnakan push-up Anda.

Meskipun ada sejumlah latihan yang menargetkan trisep, ekstensi trisep di atas kepala juga merekrut otot-otot di inti Anda untuk menstabilkan tubuh saat Anda mengangkat halter di atas kepala.

Ini dapat dilakukan dengan peralatan minimal satu dumbbell atau kettlebell (atau bahkan sebotol air!) cukup. Ingat: Jaga agar lengan Anda ditarik sedekat mungkin ke kepala Anda agar siku Anda tidak melebar ke samping. Ini akan memastikan bahwa Anda terutama menggunakan trisep Anda.

9. Boat Pose

Membangun kekuatan inti sangat penting untuk fungsi tubuh dasar. Boat Pose adalah salah satu latihan penguatan inti terbaik, karena melatih otot perut dan punggung.

Itu tidak memerlukan peralatan, dan Anda bisa mulai dengan menahan pose selama Anda bisa, dan kemudian menambahkan waktu saat Anda menjadi lebih kuat.

Mendapatkan postur yang benar sejak awal itu penting. Mulailah dengan postur duduk dengan kaki di depan Anda, dan atur tubuh bagian atas dengan menggulung bahu ke atas, ke belakang dan ke bawah untuk menjaga dada tetap tegak dan leher netral.

Tarik pusar Anda ke arah tulang belakang Anda untuk mengaktifkan inti Anda dan mulai memiringkan tubuh Anda ke arah belakang pinggul Anda dan biarkan kaki Anda melayang untuk masuk ke boat Anda. Dengan bernapas dalam-dalam dan menggunakan otot-otot Anda untuk menahan postur ini, Anda akan memperkuat inti dan kepercayaan diri Anda.

 10. Planks

Seperti boat pose, planks adalah postur statis yang melibatkan hampir semua otot di tubuh. Ini adalah latihan inti, tetapi juga merekrut otot-otot di tubuh bagian atas dan di tubuh bagian bawah.

Jika Anda dapat menyempurnakan postur planks Anda, Anda dapat menyempurnakan postur berdiri dan duduk Anda secara keseluruhan, bilamana menurut penelitian penting untuk membangun kepercayaan diri dan memproyeksikan kepercayaan diri kepada orang lain.

Plank tidak memerlukan peralatan dan dapat dilakukan dimana saja. Ada beberapa cara untuk memodifikasi dan mengembangkan papan standar. Mulailah dengan memegang papan standar selama Anda bisa, menggunakan bentuk yang baik, dan kemudian bekerja untuk maju dari sana.

Aturan dasar adalah untuk dapat memegang papan rendah dengan bentuk yang baik selama satu menit sebelum menambahkan progresi atau variasi apa pun.

 Bagaimana Latihan Kekuatan Dapat Membantu Kepercayaan Diri Anda

Pelatihan ketahanan memberikan rasa pencapaian yang unik dibandingkan dengan bentuk latihan lainnya.

Ini memberi kita alternatif untuk sekadar melacak kemajuan dalam skala, dan memungkinkan kita untuk fokus pada sesuatu yang dapat kita tambahkan ke tubuh kita, alih-alih sesuatu yang perlu kita hilangkan.

Mulailah dengan latihan beban tubuh sederhana, dan lacak kemajuan Anda saat Anda membangun kekuatan dan mulai menambah berat badan. Anda akan dapat melihat peningkatan dan merayakan kesuksesan Anda saat Anda menjadi lebih kuat. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik, meningkatkan harga diri dan citra tubuh Anda, dan memberi Anda dorongan kepercayaan diri yang besar.

Reporter: Farah Meilinda Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini