Sukses

Intip 5 Tips Dekor Rumah Baru Supaya Lebih Menarik

Simaklah beberapa ide menarik untuk dekor rumah baru ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat memiliki rumah baru, beberapa orang terasa semangat untuk mendekor ruangan menjadi lebih menarik dan nyaman.

Namun, terkadang hal ini justru menjadi yang membingungkan karena banyak pilihan model dekorasi rumah atau terkait biayanya.

Entah ketika memilih cat rumah, barang antik, pencahayaan, atau furnitur lain untuk menghiasi ruangan. Hal itu yang terkadang membingungkan.

Belum lagi bila barang dekorasi tersebut memiliki harga yang cukup menguras kantong. Padahal Anda mungkin saja sangat tertarik karena dapat mempercantik ruangan di rumah.

Terlepas dari itu, bila Anda sedang merasakannya, simaklah beberapa ide menarik untuk dekor rumah baru ini seperti melansir laman The Indian Express, Sabtu (26/3/2022).

1. Pencahayaan yang hemat energi

Sebelum memutuskan tema pencahayaan untuk rumah, Anda sebaiknya mempertimbangkan memilih produk yang dapat hemat energi. Jangan lupa membuat control pencahayaan yang cerdas, seperti sakelar peredup lampu dan pengatur waktu untuk membantu menghemat listrik.

Timer sangat efisien sebagai cara mematikan lampu secara otomatis saat tidak digunakan. Adapula dimmer yang tak kalah berguna untuk mengontrol pencahayaan sekitar.

2. Perabotan antik

Daripada dibuang atau dirongsok, perabotan antik yang masih layak pakai bisa Anda gunakan kembali. Justru lebih baik Anda memilih furnitur lama atau vintage untuk rumah baru karena dapat memberikan nuansa tradisional.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan barang bekas yang diubah menjadi suatu hal berguna. Anda mungkin bisa menghiasnya terlebih dahulu agar lebih menarik.

3. Gunakan bahan yang lebih alami

Baik ketika Anda mencari permadani, gorden, vas bunga, atau hiasan dinding baru, pertimbangkan untuk memilih bahan yang alami. Mungkin dari goni, kapas organik, bambu, atau tebu.

Selain mempercantik ruangan, dengan cara tersebut itu berarti Anda sudah meminimalkan penggunaan karbon.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Desain yang abadi

Maksudnya adalah ketika Anda mendekorasi rumah, pertimbangkan untuk memilih desain, tema, dan palet warna yang akan bertahan tanpa batas waktu alias tidak perlu mengikuti tren.

Misalnya, gunakan warna-warna netral, seperti warna pastel. Di samping itu, pilihlah cat yang tidak mengandung racun dan ramah lingkungan.

5. Beri penghijauan

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa rumah terasa hidup dan segar adalah dengan menghadirkan tanaman hijau.

Tanaman adalah tambahan dekorasi yang bagus karena dapat memberikan kesegaran ruangan. Jika Anda salah satu orang yang tidak terlalu suka berkebun, pertimbangkan untuk memilih tanaman yang perawatannya rendah. Itu seperti sukulen, tanaman uang atau pohon bambu.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini