Sukses

Mengenal Apa Itu Diet Sirtfood dan Panduan Lengkap untuk Pemula

Simak informasi mengenai diet sirtfood.

Liputan6.com, Jakarta Diet Sirtfood merupakan salah satu fenomena diet yang sedang trendi. Apakah Anda tahu kalau Adele, penyanyi asal Inggris ini menjalani program dietnya dengan diet sirtfood?

Adele berhasil menurunkan berat badan 100 pound atau sekitar 45 kilogram hanya menjalani diet, transformasi tubuhnya turun karena 90 persen menjalani program diet sirtfood, bukan dari olahraga karena Adele tidak menyukai olahraga. Lalu apa itu diet sirtfood?

Simak informasi mengenai diet sirtfood, melansir laman Sirtfooddiet.net, healthline dan eatingwell, berikut tips secara lengkap untuk pemula yang ingin menjalani program diet sirtfood ini, Senin (21/3/2022).

Apa itu Diet Sirtfood?

Dilansir dari Eating Well, ini program penurunan berat badan yang dibuat oleh peneliti nutrisi, Aidan Goggins dan Glen Matten.

Mereka terinspirasi oleh studi 2013 dari University of Kiel di Jerman yang mengidentifikasi daftar “makanan pengaktif sirtuin yang terbukti meningkatkan kesehatan yang optimal.”

Menurut dari Healthline, berdasarkan penelitian Goggins dan Matten, diet sirtfood adalah diet ini didasarkan pada penelitian tentang Sirtuins (disingkat SIRT) adalah sekelompok tujuh protein yang ditemukan dalam tubuh yang telah terbukti mengatur berbagai fungsi, termasuk metabolisme, peradangan dan umur, dan penelitian menunjukkan antioksidan tertentu yang ditemukan dalam makanan nabati dapat mengaktifkan protein ini dalam tubuh.

Goggins dan Matten mulai melakukan penelitian sendiri, mereka mengadakan studi percobaan kecil pada 40 anggota dari gym di tempat mereka bekerja.

Dilansir dari The Sirtfood Diet, ketika Goggins dan Matten awalnya menguji coba ini, mereka terkejut dengan hasilnya. Peserta kehilangan rataa-rata 7 pound atau sekitar dengan 3,2 kilogram dalam minggu pertama setelah memperhitungkan penambahan massa otot.

Goggins dan Matten mengatakan para peserta tidak hanya menurunkan berat badan tanpa kehilangan massa otot tetapi juga merasa lebih berenergi, mengalami tidur yang lebih baik dan memiliki kulit yang lebih sehat.

Mereka juga mengatakan “sirtfood” ini akan mengaktifkan “skinny genes” pada tubuh Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Studi ini menemukan bahwa diet sirtfood mengikuti diet Mediterranean yang kaya sirtfood secara dramastis mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kematian dini.

Hasilnya pun lebih baik daripada studi nutrisi sebelumnya yang telah ditemukan dan jauh lebih unggul dari semua hasil yang bisa dihasilkan obat.

Diet sirtfood memberi Anda cara makan yang sederhana dan sehat untuk menurunkan berat badan, resep lezat yang mudah dibuat, dan rencana perawatan untuk kesuksesan jangka panjang. Diet sirtfood adalah diet inklusi bukan pengecualian, dan sirtfood tersedia secara luas dan terjangkau.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana cara kerja diet sirtfood?

Melansir dari sirtfooddiet.net, Diet sirtfood memiliki dua fase yang mudah diikuti:

· Fase Pertama, diet sirtfood ini berlangsung selama seminggu. Selama tiga hari pertama, Anda harus mengonsumsi tiga jus hijau sirtfood dan satu kali makan lengkap yang kaya akan sirtfood yang memiliki totak 1,000 kalori. Pada hari keempat hingga ketujuh, Anda harus meningkatkan asupan kalori menjadi 1,500 dengan mengonsumsi dua jus hijau dan dua kali makan setiap hari.

· Fase Kedua, adalah fase pemeliharaan selama dua minggu, yang dimaksudkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan secara stabil. Anda bisa makan tiga makanan kaya sirtfood seimbang setiap hari, ditambah satu jus hijau.

Kedua fase dapat diulang kapan pun Anda suka untuk meningkatkan penurunan lemak. Apa yang terjadi setelah fase kedua? Dan apakah pola makan seperti ini benar-benar berkelanjutan?

Diet sirtfood tidak dirancang untuk menjadi ‘diet’ satu kali saja, melainkan sebuah cara hidup. Anda dianjurkan, setelah Anda menyelesaikan tiga minggu pertama, untuk terus makan makanan kaya sirtfoods dan terus minum jus hijau harian Anda.

Sekarang sudah ada banyak buku resep Sirtfood Diet yang tersedia, dengan resep untk lebih banyak makanan utama yang kaya sirtfood, serta resep untuk alternatif jus hijau dan lebih banyak petunjuk dan tips untuk mengikuti Diet Sirtfood.

Bahkan ada beberapa resep untuk makanan penutup sirtfood. Fase pertama dan kedua dapat diulang jika diperlukan untuk meningkatkan kesehatan, atau jika ada yang sedikit keluar jalur.

Bagaimana cara memulainya?

Dalam buku The Sirtfood Diet, yang ditulis oleh Goggins dan Matten, tiga bahan khas yang diperlukan untuk mengikuti dua fase cara kerja diet sirtfood, yakni: bubuk teh hijau matcha, lovage, dan soba. Mungkin mahal atau sulit ditemukan. Sebagian besar makanannya adalah jus hijau, yang harus Anda buat sendiri antara satu dan tiga kali sehari.

Anda memerlukan juicer, karena blender tidak akan berfungsi dan timbangan dapur, karena bahan-bahannya dicantumkan berdasarkan beratnya.

Jus hijau sirtfood

· 75 gram (2,5 ons) kangkong

· 30 gram (1 ons) arugula (roket)

· 5 gram parsley

· 2 batang seledri

· 1 cm (0,5 inches) jahe

· Setengah apel hijau

· Setengah lemon

· Setengah sendok teh teh hijau matcha

Caranya: jus semua bahan-bahan, kecuali bubuk teh hijau matcha dan lemon yang bersama-sama dan tuangkan ke dalam gelas. Peras lemon dengan tangan, lalu aduk jus lemos dan bubuk teh hijau ke dalam jus Anda.

 

 

3 dari 3 halaman

Ide Makan

Untuk sarapan, cobalah dengan mengonsumsi yogurt kedelai dengan campuran beri, kenari cincang, dan dark chocolate, atau untuk sesuatu yang gurih, telur dadar yang dikemas dengan bacon, red chicory, dan parsley.

Salad sirtfood sangat bagus untuk makan siang tetapi jika Anda mendambakan beberapa karbohidrat, pitta gandum yang diisi dengan kalkun, keju, atau hummus yang sehat dan mengenyangkan.

Makan malam juga tidak harus membosankan: tumis udang dengan kangkong dan mie soba adalah makan malam yang lezat dan percaya atau tidak, pizza tetap menjadi menu jika dibuat dengan cara sirtfood.

Manfaat Kesehatan dari Diet Sirtfood

Diet sirtfood adalah salah satu temuan yang sangat luar biasa dari satu percobaan. Kemudian para peserta telah membuktikan hasilnya yang dapat menurunkan berat badan tujuh pound atau sekitar dengan 3,2 kilogram dalam minggu pertama yang substansial tanpa kehilangan otot.

Faktanya, sudah umum bagi peserta untuk benar-benar mendapatkan otot, yang mengarah ke tampilan yang lebih jelas dan kencang. Keuntungan lainnya dari sirtfood, mereka juga mengaktifkan pembakaran lemak tetapi juga meningkatkan pertumbuhan, pemeliharaan dari perbaikan otot. Ini sangat kontras dengan diet lain di mana penurunan berat badan biasanya berasal dari lemak dan otot, dengan hilangnya otot dan memperlambat metabolisme.

Ada bukti yang semakin meningkat bahwa sirtuin activators mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan serta membangun otot dan menekan nafsu makan.

Ini termasuk meningkatkan memori, membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik dan membersihkan kerusakan dari molekul radikal bebas yang dapat menumpuk di sel dan menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

Menurut Frank Hu, Ahli Nutrisi dan Epidemiologi di Universitas Harvard dalam artikel terbaru di jurnal advances dalam nutrition. Diet sirtfood sangat cocok sebagai rezim anti-penuaan.

Meskipun sirtuin activators ditemukan di seluruh tumbuhan, hanya buah dan sayuran tertentu yang memiliki jumlah yang cukup besar untuk dihitung sebagai sirtfood. Contohnya termasuk teh hijau, bubuk kakao, kunyit rempah India, kangkung, bawang, dan parsley.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini