Sukses

Lakukan Perawatan Ini Sebelum dan Sesudah Berenang Demi Jaga Kulit, Rambut, dan Kuku

Ketika terlalu lama menghabiskan waktu di kolam renang, itu dapat menyebabkan beberapa masalah.

Liputan6.com, Jakarta Air kolam renang mengandung beberapa zat yang bisa membahayakan tubuh. Oleh karena itu, setiap orang sebaiknya memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berenang.

Klorin adalah salah satu zat kimia yang sering ditambahkan ke kolam renang. Penggunaan zat ini dianggap dapat melindungi tubuh orang yang berenang dari bakteri.

Namun, zat tersebut juga bisa berbahaya. Terlebih ketika terlalu lama menghabiskan waktu di kolam renang, itu dapat menyebabkan beberapa masalah. Beberapa di antaranya kulit dan rambut kering, kuku rapuh, dan masih banyak lagi.

Masalah tersebut kemungkinan tidak terjadi bila Anda memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berenang.

Melansir laman Pinkvilla, Kamis (17/3/2022), berikut ini hal-hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berenang demi menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelum Berenang

1. Kulit

Baik berenang di bawah sinar matahari secara langsung atau pada malam hari, perlindungan SPF adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan losion tabir surya tahan air, setidaknya 15 menit sebelum berenang.

Meskipun tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah kekeringan yang disebabkan oleh klorin, Anda dapat melengkapi tabir surya dengan pelembab tebal. Pelembab tersebut dapat berperan sebagai penghalang antara kulit dan klorin.

 

2. Rambut

Rambut juga akan hilang kelembapannya ketika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di kolam renang. Dalam hal ini para ahli menyarankan untuk membasahi rambut dengan air biasa terlebih dahulu dan mengoleskan kondisioner tanpa bilas.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa atau minyak alami yang dipijat pada akar rambut. itu akan cukup menghidrasi.

Terakhir, demi melindungi rambut dari kontak langsung dengan air, jangan lupa gunakan topi renang.

 

 

3 dari 4 halaman

Sesudah Berenang

Setelah selesai berenang, mandi adalah suatu keharusan untuk membersihkan klorin.

Selain itu, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan setelah berenang demi menjaga kulit, rambut, dan kuku.

1. Kulit

Salah satu perawatan kulit setelah berenang adalah gunakan pembersih ringan untuk membersihkan klorin dari tubuh. Setelah mandi, jangan lupa gunakan pelembab dan SPF. Oleskanlah khususnya di area bawah mata, siku, dan kutikula.

 

2. Rambut

Saat mandi setelah berenang, jangan lupa membersihkan rambut. Sebaiknya Anda gunakan sampo yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala setelah bersentuhan dengan klorin.

Sebagai catatan, jangan menggosok kulit kepala terlalu kencang karena dapat menyebabkan iritasi. Bilas rambut hingga bersih dan tutup dengan kondisioner yang cocok.

 

 

4 dari 4 halaman

Perawatan kuku

Sementara itu, untuk perawatan kuku, gunakanlah minyak zaitun atau kutikula untuk menghidrasi kuku. Sebab, Klorin yang terkandung di dalam air kolam renang dapat membuat kuku rapuh dan merusak lapisan atas.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini