Sukses

Merapat, Begini Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Tidak Merata dari Seorang Pakar

Beginilah cara memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata menurut pakar dermatologi .

Liputan6.com, Jakarta Beberapa wanita kerap kali mengalami permasalahan tekstur kulit yang tidak merata. Hingga akhirnya rela melakukan perawatan wajah meskipun hasilnya masih nihil.

Bila cara sebelumnya masih gagal, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus.

Selalu ada alasan tekstur kulit menjadi tidak rata. Mungkin bisa disebabkan karena kulit yang mengelupas, berjerawat, berminyak, atau bahkan sedang alergi. Apa pun yang terjadi Anda harus memperbaiki masalah tersebut dengan sebaik mungkin.

Menanggapi hal tersebut, tiga pakar dermatologi yang memahami permasalahan kulit tidak merata tersebut akhirnya menjelaskan mengenai hal ini. Mereka adalah Joshua Zeichner, Caroline Robinson, dan Paul Jarrod Frank.

Lebih lanjut, beginilah cara memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata menurut pakar dermatologi seperti melansir laman Real Simple, Senin (21/2/2022).

Menggunakan eksfoliator untuk memperbaiki tekstur kulit

"Entah itu eksfoliator fisik atau kimia, bahan-bahan ini membantu menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki tekstur," jelas dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai Joshua Zeichner.

Bagi Robinson, dirinya lebih menyukai eksfoliator kimia yang berbahan lebih lembut. Caroline Robinson yang merupakan dokter kulit bersertifikat dan pendiri Tone Dermatology mengatakan, "Saya lebih suka pengelupasan kimia lembut daripada pengelupasan fisik karena menciptakan lebih sedikit gesekan dan peradangan dan memiliki hasil yang lebih seragam.”

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan masker untukmembantu memperbaiki dan mengelupas kulit mati.

Gunakan pelembap yang baik

"Beberapa keadaan dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas, bertekstur kasar," kata Zeichner. Namun, "Tetaplah gunakan pelembab yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan, seperti niacinamide untuk meratakan warna dan tekstur," lanjutnya.

Gunakan pelembap untuk tubuh

Layaknya wajah, kulit tubuh bagian lainnya pun perlu dilembapkan. Salah satu caranya bisa menggunakan body lotion.

Gunakan produk yang mengandung retinol

Zeichner menuturkan, "Retinol adalah bahan yang paling banyak digunakan untuk memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan."

Dirinya menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung retinol di malam hari. "Saya merekomendasikan serum retinol di malam hari sebelum tidur untuk membantu merangsang pergantian sel dan produksi kolagen saat Anda tidur,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan tabir surya

Paparan terhadap sinar matahari, kata Robinson, “Dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk kulit kusam, warna kulit tidak merata, garis-garis halus, perubahan tekstur, dan peningkatan risiko kanker kulit, itulah mengapa tabir surya sangat penting."

Oleh sebab itu, dia begitu menyarankan bagi Anda yang sedang menyelesaikan masalah tekstur kulit untuk menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30.

Dia mengatakan, "Saya merekomendasikan tabir surya yang SPF 30 atau lebih tinggi, spektrum luas, dan tahan air."

Cari bantuan dokter

Sementara itu, bila hasilnya masih sama saja atau tidak bertahan lama, Anda mungkin bisa mengonsultasikannya kepada dokter.

Menurut seorang dokter kulit kosmetik dan kepala petugas medis dan pendiri Merek PFRANKMD Paul Jarrod Frank, "Untuk hasil yang lebih kuat dan tahan lama, tanyakan kepada dokter kulit Anda tentang produk yang dapat digunakan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit Anda.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini