Sukses

5 Buah Kaya Vitamin C Selain Jeruk dan Lemon, Apa Saja?

Namun siapa sangka, ada sejumlah sumber vitamin C lain yang juga tidak kalah dari jeruk dan lemon. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Sudah diketahui banyak orang, vitamin C yang kaya akan antioksidan begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya kandungan tersebut ditemukan dalam buah dan sayuran.

Dalam dunia buah, selain jeruk dan lemon, ternyata ada jenis lainnya yang tidak kalah mengandung vitamin C dalam jumlah banyak.

Bagi yang masih mengabaikan, nutrisi ini penting bagi kesehatan khususnya untuk pembuluh darah kecil, tulang, gigi dan jaringan kolagen.

Para ahli menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi vitamin C minimal 90mg agar tubuh berfungsi dengan normal dan untuk risiko penyakit.

Sementara itu, sumber vitamin C yang paling populer di kalangan masyarakat adalah jeruk dan lemon. Dari 100 gram, masing-masing mengandung setidaknya 53,2 mg dan 53 mg vitamin C.

Namun siapa sangka, ada sejumlah sumber vitamin C lain yang juga tidak kalah dari jeruk dan lemon. Apa saja?

Melansir laman Timesnownews, Kamis (17/2/2022), berikut ini buah-buahan selain jeruk dan lemon yang kaya akan vitamin C.

1. Nanas

Beberapa orang menikmati dengan dijadikan minuman. Selain itu, buah satu ini pun nikmat dimakan dalam bentuk irisan.

Terlepas dari itu, nanas adalah salah satu sumber vitamin C terbaik dengan 79mg dalam satu porsi. Buah ini pun dianggap dapat membantu membangun tulang yang kuat sekaligus menjaga kadar gula darah dengan baik.

2. Pepaya

Buah satu ini sering direkomendasikan kepada para wanita ketika mengalami menstruasi yang tidak teratur. Sebagai buah tropis, pepaya merupakan sumber yang kaya serat. Satu cangkir pepaya setara dengan 88m vitamin C.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah Lainnya

3. Jambu biji

Jambu biji adalah buah rendah kalori dengan jumlah serat dan karbohidrat terbatas per buahnya. Selain itu, buah ini pun kaya akan vitamin C. Satu buahnya setara dengan 126 mg dan sebagian besar ditemukan di kulitnya.

4. Kiwi

Buah berwarna hijau ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Jadi, buah kiwi ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau pasien diabetes yang berjuang dengan kadar gula darah tinggi. Lebih dari itu, buah ini pun dapat memberikan nutrisi vitamin C sebanyak 137 mg.

5. Paprika

Terakhir ada buah paprika. Buah satu ini memang merupakan sumber vitamin C terbaik. Baik paprika berwarna merah, kuning, atau hijau, ketikanya memiliki jumlah vitamin C yang bervariasi. Rinciannya, paprika merah mengandung 152mg, paprika hijau mengandung 96mg, dan paprika kuning mengandung 218mg.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini