Sukses

Bingung Kapan Setop Pakai Produk Perawatan Kulit karena Takut Makin Bahaya? Ini Penjelasan Ahli

Jangan sampai ketika baru sekali pakai sebuah produk kemudian langsung mengklaim bahwa produk tersebut tidak cocok karena menimbulkan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam melakukan perawatan, setiap kulit memberikan respons yang berbeda-berbeda. Itu tergantung dengan bahan yang terkandung di dalam produk dengan jenis kulit yang dimiliki.

Bila semakin hari kondisi kulit kian membaik dan menunjukkan perubahan, itu berarti produk perawatan tersebut cocok untuk kulit.

Akan tetapi sebaliknya, ketika kondisi kulit justru memburuk itu berarti produk tersebut tidak cocok dengan kulit.

Meski demikian, penggunaan produk perawatan kulit perlu dilakukan secara konsisten untuk melihat hasilnya terlebih dahulu.

Jangan sampai ketika baru sekali pakai sebuah produk kemudian langsung mengklaim bahwa produk tersebut tidak cocok karena menimbulkan jerawat. Padahal siapa sangka, munculnya jerawat tersebut untuk mengeluarkan racun di wajah.

“Untuk mendapatkan manfaat dari produk yang digunakan, Anda harus konsisten, menerapkannya secara teratur, dan bersabar,” tutur salah satu dokter kulit dan pendiri Dadu Medical Centre Nivedita Dadu seperti melansir laman The Indian Express, Selasa (14/2/2022).

Pada umumnya, tambahnya, aturan setelah mencoba produk perawatan kulit baru adalah menunggu setidaknya satu bulan, karena tingkat pergantian sel kulit kira-kira 28 hari.

“Tapi, idealnya Anda harus mengikuti rutinitas perawatan kulit baru setidaknya selama tiga bulan untuk memahami apakah itu efektif. Ini karena sementara dibutuhkan epidermis atau lapisan atas kulit, kira-kira 28 hari untuk membuat pergantian, penting untuk tetap berpegang pada produk setidaknya selama tiga bulan untuk berhasil memahami apakah itu berbuah atau tidak,” jelasnya lebih lanjut.

Sebab, beberapa produk yang dapat memunculkan jerawat di wajah Anda itu, kata Dadu, bisa jadi adalah purging.

Dia menuturkan, “Jika Anda menggunakan pembersih, toner, atau bahkan pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti AHA (asam alfa-hidroksi), BHA (asam Beta-Hidroksi), vitamin C , niacinamide, dan bahkan retinol, Anda mungkin mengalami purging kulit . Produk perawatan kulit organik juga menghasilkan purging karena berbeda dengan formulasi yang biasa digunakan kulit.”

Seiring hal tersebut, akhirnya salah satu dokter kulit medis dari Meraki Skin Clinik Neha Dubey membocorkan waktu yang dibutuhkan ketika seseorang hendak menggunakan produk perawatan kulit baru.

Dari waktu ini setidaknya Anda bisa memperkirakan apakah produk tersebut dapat berpengaruh atau tidak pada kulit.

1. Serum

Serum terdiri dari molekul ringan untuk membantu produk perawatan kulit lain menembus kulit secara lebih efisien dan cepat. Produk ini dibuat untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu, seperti bercak hitam, kerutan, atau hiperpigmentasi. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk mendapatkan hasil atau perubahan.

2. Retinoid

Produk ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu untuk menunjukkan hasil. Hasilnya juga akan bervariasi tergantung pada jenis kulit. Jadi, seseorang yang kulitnya terkelupas lebih cepat, mereka akan melihat hasilnya lebih cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Krim bawah mata

Produk ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk menunjukkan hasil. Hal ini karena krim mata bawah menyelesaikan permasalahan, seperti garis-garis halus, pigmentasi, kantung mata, dan masih banyak lagi. Dibutuhkan lebih dari 4 minggu untuk menunjukkan hasil.

4. Pelembap

Pelembap yang mengandung ceramide termasuk pelembab alami kulit. Dengan pelembab yang baik, Anda dapat mulai melihat efeknya dalam 7-10 hari.

5. Perawatan untuk jerawat, pigmentasi, flek hitam

Perawatan untuk masalah kulit ini bervariasi. Seringkali, cara kombinasi yang paling banyak dilakukan. Misalnya, jika seseorang yang jerawat sedang menjalani pengobatan dokter, bisa dikombinasikan dengan pengelupasan kimia sederhana.

Biasanya hasil akan terlihat dalam waktu lebih dari 4 minggu, tetapi jika melakukan keduanya mungkin akan terlihat dalam 2,5 hingga 3 minggu.

Namun, jika suatu produk tidak sesuai dengan jenis atau masalah kulit, Anda harus segera berhenti menggunakannya.

Terlebih ketika beberapa tanda berikut ini muncul, seperti kulit kering, ruam, jerawat, tekstur kulit yang tidak rata, dan kulit berminyak.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini