Sukses

Buat yang Masih Bingung, Begini Tahapan Merawat Kulit Wajah di Pagi dan Malam Hari

Ini berarti Anda harus mengoleskan produk cair dan berbasis air terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Adalah hal yang percuma bila Anda merawat kulit dengan asal-asalan. Baik perawatan di pagi atau malam hari, keduanya tentu memiliki aturan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui apa saja perawatan yang tepat dilakukan supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk membantu Anda mengetahuinya dengan tepat waktu hingga penggunaan produk perawatan kulit dalam rutinitas, salah satu ahli perawatan kulit dari merek kecantikan Alpha H Tom Odgen membocorkannya.

Tom mengungkapkan, poin terpenting yang harus dipertimbangkan saat menerapkan produk perawatan kulit dalam rutinitas pagi dan malam hari.

“Yang paling penting untuk diingat adalah selalu mengaplikasikan produk yang paling tipis terlebih dahulu,” tuturnya seperti melansir Good Housekeeping, Senin (07/02/2022).

Ini berarti Anda harus mengoleskan produk cair dan berbasis air terlebih dahulu. Setelah itu, barulah menerapkan produk yang paling kental, seperti krim.

"Formula yang lebih tipis tidak akan menembus tekstur yang lebih tebal dan tidak ada yang akan menembus minyak," tambahnya.

Lantas bagaimana rutinitas perawatan kulit di pagi dan malam hari seperti yang seharusnya?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan Kulit Pagi Hari

Perawatan kulit di pagi hari memerlukan lapisan yang fokus untuk perlindungan kulit. Hal ini berguna agar produk tersebut mampu melindungi kulit dari agresor lingkungan, seperti sinar matahari hingga polusi. Anda bisa menerapkan produk yang kaya akan antioksidan, pelembap, dan tabir surya.

Setelah membersihkan wajah di pagi hari, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengoleskan krim mata terlebih dahulu. Produk selanjutnya yang harus diterapkan adalah serum. Kandungan ini memiliki berat molekul lebih rendah daripada krim yang berarti lebih tipis. Selain itu, juga mengandung bahan-bahan yang dipercaya mampu menembus kulit untuk benar-benar bekerja.

Di sisi lain, ketika menerapkan serum, coba gunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang mampu merawat kulit. Bahan tersebut yang mengandung vitamin, seperti vitamin E dan asam ferulat yang dapat meningkatkan efek vitamin lain. Sementara vitamin C dan E dianggap mampu menghilangkan bintik hitam.

Terakhir, oleskan pelembab untuk siang hari dan SPF. Ketika menerapkan SPF, biarkan produk tersebut meresap sepenuhnya, setidaknya dalam 7 menit, sebelum merias wajah.

Singkatnya begini urutan perawatan kulit yang sebaiknya diterapkan di pagi hari:

- Krim mata

- Serum

- Pelembab

- SPF

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Kulit Malam Hari

Kulit pun perlu istirahat seperti manusia yang kelelahan setelah beraktivitas seharian penuh. Jadi, gunakanlah produk untuk mendukung kulit selama beristirahat di malam hari. Anda bisa menemukannya pada produk yang mengandung asam glikolat atau retinol serta serum, krim, atau minyak yang menghidrasi .

Setelah Anda membersihkan wajah di malam hari dan menghapus riasan apa pun, serupa dengan rutinitas di pagi hari, mulailah dengan menerapkan krim mata dan serum. Selanjutnya, Tom menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung retinoid.

Sementara itu, bila Anda menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam, gunakan hanya 1-2 kali seminggu pada malam hari. Jika sudah menerapkan itu, Anda tidak perlu lagi menggunakan retinoid. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengelupasan kulit yang berlebihan. Pasangkan retinoid dengan serum yang lembut dan tidak mengelupas. Misalnya produk yang mengandung peptida atau niacinamide.

Selanjutnya, aplikasikan pelembab malam. Tom menyaranka untuk mengoleskan minyak wajah di tahap terakhir. Sebab, bila menerapkannya di awal minyak tersebut akan menghalangi produk lain menembus kulit.

Singkatnya, beginilah perawatan kulit di malam hari.

- Krim mata

- Serum

- Retinoid

- Pelembab

- Minyak wajah

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.