Sukses

Faktor yang Membuat Rambut Tipis dan Solusi Mengatasinya

Rambut yang tipis bisa disebabkan dari beberapa faktor, ada faktor eksternal dan internal.

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang tumbuh di kepala menjadi penghias untuk membuat tampilan lebih menarik. Namun, kondisi rambut tiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki rambut tebal dan ada pula yang tipis.

Perlu tahu, rambut tipis bisa disebabkan dari beberapa faktor, ada faktor eksternal dan internal. Salah satu yang paling umum penyebabnya adalah kerontokan. Selain itu, minyak rambut hingga perawatan rambut juga bisa berpengaruh.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya harus mengetahui apa saja faktor serta solusi yang bisa membuat rambut kian menipis. Melansir laman Times of India, Kamis (27/1/2022), berikut ini alasan rambut bisa menipis dan solusi mengatasinya dari Gautam Dhar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor yang Membuat Rambut Tipis

Faktor Internal

1. Pola makan yang salah

2. Kekurangan zat besi, asam folat, dan nutrisi penting lainnya untuk rambut

3. Rambut terikat kencang

4. Ada penyakit atau infeksi di dalam tubuh.

 

Faktor Eksternal

1. Menggunakan produk yang tidak tepat

2. Kondisi iklim - suasana yang sangat dingin, berangin, atau kering.

 

 

3 dari 3 halaman

Solusi Mengatasinya

Seiring hal tersebut, Anda memerlukan perawatan rambut yang tepat untuk memelihara rambut tetap tebal. Selain menggunakan produk yang benar-benar terbuat dari organik tanpa bahan kimia, tips ini pun mungkin bisa membantu Anda.

• Gunakan minyak rambut

Rambut membutuhkan asupan agar akarnya tetap kuat dan sehat. Minyak rambut yang baik dengan nutrisi rambut bisa menjadi solusinya. Gunakanah minyak rambut organik dalam tiga kali seminggu untuk membuat rambut kuat dan sehat.

• Menggunakan sampo bebas kimia

Selain itu, penting juga untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan tetap merawatnya setelah rambut dicuci. Caranya Anda bisa menggunakan sampo yang mampu memberi nutrisi pada rambut tanpa menghilangkan minyak alami dan tidak mengandung bahan kimia keras. Setelah itu, lanjutkan dengan menerapkan nutrisi ekstra yang bisa diperoleh dari kondisioner rambut.

• Aplikasikan serum rambut

Menerapkan serum setelah keramas dan menggunakan kondisioner dapat melindungi dan menjaga rambut tetap lembut dan berkilau. Selain itu, juga melindunginya dari udara panas dan dingin.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.