Sukses

Selain Memperbaiki Skin Barrier, Ini Dia Manfaat dari Ceramide

Perawatan kulit yang mengandung ceramide ini dianggap dapat melembapkan, mengurangi peradangan, hingga memperbaiki area kulit luar yang teriritasi.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif. Jenis kulit seperti ini tentu bisa mudah iritasi dan menyebabkan masalah lain, seperti kulit kering atau skin barrier yang rusak. Namun tak perlu khawatir, semua dapat teratasi dengan produk yang mengandung ceramide.

Menurut informasi, bahkan kandungan ceramide mampu menjaga skin barrier seseorang. Perawatan kulit yang mengandung ceramide ini dianggap dapat melembapkan, mengurangi peradangan, hingga memperbaiki area kulit luar yang teriritasi.

Menurut salah satu dokter kulit bersertifikat Bernard Kim, ceramide atau seramida sebetulnya dapat ditemukan secara alami pada kulit masing-masing. “Ceramida adalah molekul lipid yang ditemukan secara alami di kulit,” ungkapnya seperti melansir laman InStyle, Rabu (19/01/2022).

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa ceramide membentuk sekitar setengah dari skin barrier. Dengan demikian, ceramide dapat membantu kulit tidak kehilangan air transepidermal demi menjaga kesehatan dan kulit terhidrasi.

“Mereka pada dasarnya adalah mortar antara sel-sel kulit yang menyatukan sel-sel tersebut untuk membentuk penghalang kulit,” jelasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggunakan Ceramide

Meskipun ceramide dapat ditemukan secara alami di kulit, Kim menjelaskan bahwa faktor lingkungan dan penuaan dapat menurunkan produksi ceramide secara alami tersebut. Jadi, Anda harus tetap meningkatkan kadarnya dengan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide, itu sangat penting.

"Ketika kulit rendah ceramide, kulit akan lebih rentan terhadap kemerahan dan kekeringan," tuturnya.

Sementara itu, salah satu CEO of SkinRx Lab. Hope Mitchell juga menambahkan bahwa seiring bertambahnya usia, kandungan ceramide pada diri seseorang akan berkurang. Hal ini kemudian dapat membuat kulit dehidrasi dan berpotensi menimbulkan garis-garis halus dan kerutan.

Mitchell menambahkan, ceramide topical dapat melindungi skin barrier secara alami dan membantu mengatasi permasalahan yang ada. Utamanya bila memiliki masalah dengan skin barrier, seperti eksim.

"Ceramides meminimalkan iritasi kulit dari stres lingkungan, menenangkan gejala, seperti gatal, dan mempertahankan kelembaban di kulit," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Bahan yang Cocok dengan Ceramide

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan beberapa produk lain yang cocok dengan ceramide. Namun, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Sebab, tidak semua kandungan itu cocok jika digunakan bersamaan dengan ceramide.

Ceramide bekerja dengan baik dengan bahan pengisi kulit lainnya, seperti gliserin dan antioksidan, seperti vitamin C dan E. Mitchell mengatakan, dirinya lebih suka menggabungkan penggunaan ceramide bersaaman dengan retinol, peptida, dan niacinamide.

Di samping itu, ceramide juga mampu bekerja dengan baik bersama retinol. Sebab, keduanya bisa saling membantu meminimalkan iritasi. Sementara niacinamide, kandungan ini dapat menenangkan kulit dan melindungi skin barrier.

“Pengelupasan atau pergantian sel dengan asam alfa hidroksi (AHA), seperti glikolat atau laktat acid, akan meningkatkan penetrasi produk yang mengandung ceramide, menjadikan bahan-bahan ini pasangan yang luar biasa dan efektif," jelasnya.

Tips Cari Produk Ceramide

Dalam hal ini, Kim menyarankan untuk mencari produk dengan konsentrasi ceramide yang tinggi.

"Jika mereka terdaftar di bagian bawah, produk mungkin mengandung konsentrasi yang sangat kecil," ujarnya.

Kemudian bila mengalami iritasi, Anda bisa mencari produk bebas pewangi yang dipasarkan untuk kulit sensitif.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini