Sukses

Ingat-ingat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ginjal Bermasalah

Berikut ini kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam proses ekskresi. Layaknya anggota tubuh lain, ginjal juga harus dirawat sebaik mungkin.

Bila tidak, ginjal akan bermasalah dan mungkin menimbulkan penyakit yang akan berhubungan dengan organ lain.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat untuk ginjal, menghindari kebiasaan buruk adalah salah satu upaya untuk mencegah penyakit. Lantas, kira-kira apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal?

Melansir laman Timesnownews, Minggu (16/1/2022), kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal antara lain sebagai berikut.

1. Sering Dehidrasi

Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Oleh sebab itu, setiap manusia harus menjaga tubuh tetap terhidrasi supaya fungsi ginjal tetap baik. Perlu diketahui, ginjal manusia juga dapat mengalami kerusakan substansial jika terjadi dehidrasi.

2. Kelebihan Natrium

Garam adalah bahan umum yang sering digunakan untuk memberikan rasa asin pada hidangan. Meskipun memang benar bahwa menjaga kadar natrium yang sehat dalam tubuh itu penting, asupan natrium berlebih juga dapat menyebabkan hipertensi.

Hal itu kemudian bisa berpengaruh terhadap ginjal. Oleh karena itu, jaga konsumsi garam pada makanan supaya tidak berlebih dan menimbulkan penyakit. Lebih baik menghindari makanan olahan, gorengan, hingga cepat saji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

Hal yang perlu diingat lagi adalah jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sebab, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat merusak ginjal. Dampak buruk hipertensi akibat konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko gagal ginjal.

4. Sering mengonsumsi obat pereda sakit

Meskipun meredakan, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering itu tidak baik. Para ahli bahkan menyarankan untuk menghindari hal tersebut.

Sebab, penggunaan obat penghilang rasa sakit, terutama obat antiinflamasi nonsteroid, atau NSAID, dapat membuat ginjal berisiko mengalami kerusakan.

5. Merokok

Jika Anda termasuk pecandu rokok, berhentilah bila ingin memiliki ginjal yang sehat. Efek buruk dari merokok sudah diketahui dengan secara jelas.

Akan tetapi, ada saja orang yang masih merokok. Di antara berbagai komplikasi kesehatan yang dapat muncul akibat merokok, peningkatan risiko kanker ginjal juga bisa menjadi salah satu yang potensial.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.