Sukses

Nonton Escape From Mogadishu di Vidio: Kisah Nyata Sejarah Politik Korea tahun 1980

Menceritakan kisah nyata dari sejarah politik Korea, nonton film Escape from Mogadishu di Vidio. Simak sinopsisnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Escape From Mogadishu merupakan film bergenre aksi kriminal Korea yang dirilis 28 Juli 2021. Film garapan Ryoo Seung Wan ini dibintangi oleh Kim Yoon Seok, Jo In Sung dan Heo Joon Ho.

Cerita dalam film Escape From Mogadishu ini diangkat dari kisah nyata, yang berlatar belakang perang saudara di Somalia, serta upaya Korsel dan Korut untuk diterima di Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Film Escape From Mogadishu berlatar pada tahun 1980 akhir dan awal 1990. Film ini menceritakan upaya melarikan diri berbahaya yang dilakukan oleh pekerja kedutaan Korut dan Korsel yang terdampar selama konflik.

Sebelumnya, Escape From Mogadishu direncanakan rilis pada 2020, namun karena angka Covid-19 yang semakin meningkat sehingga harus ditunda ke tahun 2021. Meskipun ditunda 1 tahun, film ini berhasil menduduki peringkat 5 box office di minggu pertama penayangannya pada Agustus 2021.

Di akhir tahun 2021, Escape From Mogadishu berhasil meraup keuntungan terbesar dalam sejarah film Korea, yaitu sebesar US$29 juta. Diikuti dengan total perolehan penghargaan sebesar 21 penghargaan di beberapa ajang festival film. Berikut ini sinopsis dari film Korea Escape From Mogadishu yang tayang di Vidio. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinopsis Escape From Mogadishu

Menceritakan kedua hubungan negara Korea, yang mana saat itu Korsel sedang mengupayakan untuk bergabung menjadi anggota PBB. Tugas mereka semakin menantang karena di sisi lain pemerintah Korut melakukan upaya untuk memblokir masuknya Korsel.

Di tengah pertikaian politik antara Korsel dan Korut, terjadi perpecahan perang saudara di Somalia yang membahayakan para diplomat di sana. Kisah dimulai ketika Dae Jin, seorang intel yang bekerja untuk kedutaan Korea Selatan, pergi ke Somalia untuk menyerahkan hadiah mewah yang ditujukan kepada presiden Somalia.

Hadiah tersebut kemudian diserahkan kepada Sin Seong, duta besar Korsel di Somalia untuk diserahkan kepada presiden. Di tengah jalan, mereka dicegat oleh para perampok dan mengambil hadiah tersebut. 

Sin Seong yang telat untuk melakukan pertemuan dengan presiden Somalia kemudian melihat Rim Yong Su, duta besar Korut yang akan mengadakan pertemuan dengan presiden Somalia. Ia menduga bahwa Yong Su telah bekerja sama dengan presiden Somalia untuk mencegah Korsel bisa masuk menjadi bagian dari PBB. 

3 dari 3 halaman

Pecahnya Perang di Mogadishu

Ternyata benar, Sin Seong melihat hadiah tersebut dimasukan ke dalam mobil Yong Su. mengetahui hal tersebut, Sin Seong marah dan membalas duta besar Korut dengan memasok senjata kepada para perampok.

Perang pun terjadi di depan hotel hingga mengakar ke wilayah Mogadishu. Jenderal Aidid sebagai diplomat Somalia kala itu memerintahkan kepada para duta besar untuk menggulingkan pemerintah yang korup dan dianggap sebagai pemberontak. 

Kerusuhan yang ditimbulkan oleh para pemberontak semakin menjadi, mereka mulai melemparkan molotov ke kantor kedutaan Korsel dan Korut. Seluruh karyawan kedutaan pun panik termasuk Sin Seong yang mencoba membawa istrinya untuk pulang ke Korea Selatan.

Sayangnya, usahanya gagal karena bandara ditutup akibat kerusuhan tersebut. Apakah Korsel dan Korut berhasil lolos dari kerusuhan di Mogadishu? Streaming film Escape From Mogadishu hanya di aplikasi Vidio. 

Penulis: Nida Zhafira P.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.