Sukses

Coba Pertimbangkan Ini Dulu Sebelum Veneer Gigi

Namun sayangnya, tidak semua orang diperbolehkan menggunakan veneer gigi.

Liputan6.com, Jakarta Veneer gigi menjadi solusi bagi yang ingin memiliki gigi rata, putih, dan bersih. Hal ini tentunya ada sisi baik dan buruknya. Jadi, sebelum memulai veneer gigi sebaiknya Anda ketahui dulu apa istilah dan kegunaannya.

Saat ini veneer gigi sudah tidak asing lagi kedengarannya. Bermula dari bintang Hollywood yang menggunakan veneer gigi untuk terlihat sempurna di layar kaca, sekarang siapa pun bisa menggunakannya.

Namun sayangnya, tidak semua orang diperbolehkan menggunakan veneer gigi. Aturan yang umum sekaligus rekomendasi dari sebagian besar dokter, veneer gigi bisa dilakukan ketika seseorang sudah memasuki usia setidaknya 18 tahun.

Sebab, ada risikonya bila aturan tersebut dilanggar. Pada gigi remaja, saraf di dalam gigi masih ekstensif. Karena lapisan tipis enamel akan dihilangkan selama proses penerapan veneer, saraf tersebut akan berisiko tinggi.

Menerapkan Veneer pada Gigi yang Sehat

Kemudian mungkin Anda bertanya bagaimana jika memasang veneer pada gigi yang sehat. Melansir laman MalayMail, Rabu (29/12/2021), materi gigi akan menghilang seiring veneer diterapkan ke gigi. Pada saat itu gigi mungkin bisa lebih sensitif terhadap panas atau dingin.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa bisa pula terjadi abrasi. Kemudian dapat menyebabkan radang saraf gigi. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu melakukan perawatan gigi hingga ke akar-akarnya.

Selain itu, enamel yang hilang bersamaan dengan lapisan gigi tadi juga tidak dapat dipulihkan secara alami. Oleh karena itu, Anda perlu rekonstruksi gigi profesional untuk mengatasinya.

Hal yang perlu diingat pula bahwa veneer gigi ini memiliki batas waktu penggunaan. Veneer akan rusak ketika Anda tidak membersihkan mulut dengan baik

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Sesuai Kebutuhan

Meskipun banyak orang yang melakukan veneer gigi, Anda tidak perlu terpancing pula untuk menggunakannya.

Apalagi jika Anda memiliki gigi yang sehat dan bersih. Kalau pun bermasalah, Anda bisa berkonsultasi lebih dulu kepada dokter gigi. Entah tentang kebersihan mulut atau gigi. Jadi, tidak semua orang atau punya masalah dengan gigi harus melakukan veneer gigi ini.

Pertimbangkan kembali perihal perawatannya. Selain itu, pikirkan apa perkiraan risiko hingga manfaatnya terlebih dahulu sebelum melakukan.

Solusi Selain Veneer Gigi

Lebih baiknya jika Anda berusaha melakukan perawatan gigi sebaik mungkin untuk mencegah veneer gigi. Salah satunya melakukan perawatan di dokter gigi.

Dengan demikian Anda bisa menghilangkan noda yang mungkin disebabkan oleh konsumsi kopi atau teh secara teratur sehingga telah memperburuk warna alami gigi.

Selain itu, Anda juga mungkin bisa melakukan perawatan ortodontik untuk mengatasi permasalahan gigi yang tidak sejajar.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini