Sukses

Kuku Berubah Warna Karena Sering Pakai Kuteks? Begini Cara Atasinya

Kuku yang sehat tidak hanya berperan dalam menjaga penampilan, tetapi juga menunjukkan kesehatan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Kuku menjadi bagian dari tampilan seseorang yang terkadang menjadi pusat perhatian. Karena itulah, banyak orang yang akhirnya merawat, membersihkan, hingga mempercantik kuku dengan maksimal. Terlebih ketika kondisi kuku telah berubah. Entah menjadi lebih kotor atau berwarna kuning setelah pakai nail art.

Kuku yang sehat tidak hanya berperan dalam menjaga penampilan, tetapi juga menunjukkan kesehatan yang baik.

Namun, banyak faktor yang dapat mengubah kondisi kuku. Misalnya menjadi berwarna kuning, rapuh atau kotor, itu sering menjadi pertanda seseorang memiliki kebersihan kuku yang buruk.

Di samping itu, bagi yang sering mengecat kuku terlalu sering pasti ada yang merasakan perbedaannya. Ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk menghilangkan cat kuku setelah sekian lama menggunakannya. Alhasil ketika dibersihkan, ada saja sisa cat kuku yang menempel.

Di samping itu, penggunaan penghapus cat kuku secara berulang pun berbahaya. Terlebih bagi yang berbahan aseton yang kuat. Kandungan tersebut dapat membuat kuku menjadi kuning.

Selain itu, membiarkan cat kuku terlalu lama menempel pun bisa memengaruhi keratin kuku. Kemudian seringkali juga menyebabkan kerapuhan.

Lantas bagaimanakah cara merawat kuku yang baik? Terlebih ketika setelah memakai cat kuku terlalu lama yang kemudian menyebabkan kuku menjadi warna kuning.

Melansir laman Timesnownews, Senin (20/12/2021), berikut ini cara merawat kuku yang baik.

Biarkan kuku Anda bernafas dengan cara sesekali menghapus cat kuku dan biarkan kuku terlihat alami. Itu artinya jangan dulu memberikan cat kuku.

Merendam kuku menggunakan cairan lemon. Cara ini dianggap mampu membantu menghilangkan noda kuning. Setidaknya rendam kuku selama kurang lebih 10 hingga 15 menit setiap hari sampai terlihat hasilnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lainnya

Jika tidak merendam kuku dengan cairan lemon, Anda juga bisa menggosok potongan lemon ke kuku. Lakukanlah setidaknya 30 detik hingga 1 menit.

Setelah itu biarkan lemon tersebut terserap ke dalam kuku. Setelah itu oleskan pelembap ke tangan dan kuku.

Oleskan tipis pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida ke semua kuku yang menguning. Biarkan pasta gigi menempel di kuku selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas pasta gigi dengan air bersih.

Rendam kuku dalam air panas yang dicampur dengan soda kue.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.