Sukses

Ingin Tahu Cara Mencerahkan Bibir? Cobain 5 Bahan Alami Ini

Selain melakukan pengobatan serta perawatan dokter, pigmentasi bibir juga dapat teratasi dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Pigmentasi menjadi salah satu masalah kulit yang sering dirasakan hampir tiap orang. Pada umumnya masalah ini terjadi pada kulit. Namun siapa sangka, pigmentasi ternyata juga bisa terjadi pada bibir. Karena itulah, setiap orang sebaiknya juga merawat bibir dengan baik demi menghindari masalah ini.

Penyebab pigmentasi itu beragam. Bisa terjadi karena perubahan gaya hidup tertentu atau faktor medis.

Secara umum, pigmentasi disebabkan karena kelebihan melanin yang dapat dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, kurangnya hidrasi, merokok, reaksi alergi terhadap zat tertentu seperti pasta gigi, lipstik, atau makanan, hingga minum terlalu banyak kafein itupun bisa jadi penyebabnya.

Masalah ini sebetulnya bisa diatasi dengan mudah. Selain melakukan pengobatan serta perawatan dokter, pigmentasi bibir juga dapat teratasi dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Bahkan pengobatan rumahan tertentu terbukti cukup efektif jika digunakan secara teratur.

Namun, jika Anda memang memilih perawatan lain, biasanya langkah merawat pigmentasi bibir bisa dengan laser dan bahan kimia, seperti hidrokuinon dan asam kojic. Akan tetapi, bila Anda lebih memilih menggunakan bahan alami, lemon menjadi salah satu yang disarankan.

Tidak hanya itu, masih ada lagi bahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai bahan perawatan bibir. Anda pun bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Melansir laman Timesnownews, Jumat (10/12/2021), berikut ini bahan alami yang bisa dijadikan sebagai scrub bibir guna menghilangkan pigmentasi.

1. Lemon dan gula

Bahan pertama yang bisa dimanfaatkan adalah lemon dan gula. Anda bisa menerapkan lemon dan gula menjadi scrub bibir sebelum tidur.

Caranya cukup mudah. Siapkan potongan lemon dan celupkan ke dalam gula. Setelah itu, terapkan pada bibir dan gosok secara lembut selama beberapa menit. Kemudian bilaslah dengan air bersih.

2. Jeruk nipis

Selain lemon dan gula, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan pigmentasi bibir.

Caranya dengan menyiapkan setidaknya satu setengah sendok teh air jeruk nipis dalam mangkuk. Kemudian campurkan air jeruk nipis itu dengan satu sendok teh madu dan gliserin. Aduk merata dan oleskan ke bibir. Biarkan semalaman dan bilaslah pada keesokan harinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kunyit

Bahan ketiga datang dari salah satu rempah-rempah Indonesia yaitu kunyit. Selain bermanfaat sebagai obat, kunyit juga bisa membantu mencerahkan warna kulit khususnya kulit bibir.

Untuk membuat ramuannya Anda cukup mencampurkan satu sendok makan susu dengan kunyit ini. Setelah tercampur rata, oleskan kedua bahan tersebut ke bibir. Tunggu hingga kering dan barulah membilasnya.

4. Lidah buaya

Bahan satu ini mungkin terkenal karena manfaatnya yang bisa membantu merawat rambut. Lebih dari itu, lidah buaya juga ternyata bisa membantu mengurangi pigmentasi pada bibir. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat menghambat produksi melanin. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya, itu sudah cukup membantu menghilangkan pigmentasi.

5. Minyak kelapa

Bahan terakhir adalah minyak kelapa. Minyak kelapa juga dianggap dapat membantu mengurangi pigmentasi.

Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup dengan mengoleskan minyak ini pada bibir. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari terutama sebelum tidur.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini