Sukses

Pesan Moral dari Nenek Hyo Jung Dalam An Old Lady, Berani Melawan Kekerasan Seksual

An Old Lady film yang menceritakan lansia yang berjuang agar kasus pelecehan seksual yang dialaminya bisa membawa pelaku ke meja hijau. Namun, kasusnya justru dipersulit oleh pihak penegak hukum. Simak pesan moral dari film Korea An Old Lady

Liputan6.com, Jakarta An Old Lady adalah film Korea tentang perjuangan nenek Shim Hyo Jung (Ye Soo Jung) berumur 69 tahun untuk memberikan hukuman setimpal bagi pelaku kekerasan seksual terhadapnya. Di umurnya yang sudah senja ini, Hyo Jung harus menghadapi pelecehan seksual dari asisten perawat muda bernama Lee Joong Ho (Kim Joon Kyung).

Film ini rilis perdana pada 6 Oktober 2019 dalam Busan International Film Festival, kemudian resmi secara global pada tanggal 20 Agustus 2020. Dikenal dengan nama An Old Lady, film drama dan kriminal ini juga memiliki nama lain 69se atau 69 tahun.    

Dalam wawancaranya dengan Korean Film Council tahun 2020 lalu, Sutradara An Old Lady, Lim Sun Ae mengaku ingin menyuarakan suara para korban kekerasan seksual lansia yang terbungkam. 

“Saya pikir kekerasan seksual pada lansia itu jarang, tapi ternyata tidak demikian. Di daerah Dongducheon, ada banyak residivis militer Amerika Serikat (saat perang Korea dulu) yang melakukan kekerasan seksual pada lansia yang tinggal sendiri,” ujar Lim Sun Ae dalam wawancara tersebut.

Karena itu, dari film ini penonton bisa belajar beberapa hal dari apa yang dilakukan oleh Nenek Hyo Jung dalam An Old Lady. Berikut ini beberapa pesan moral yang bisa dipetik dari film An Old Lady.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak gentar memperjuangkan keadilan bagi dirinya

Pertama adalah Nenek Hyo Jung tidak pernah menyerah supaya pelaku bisa mendapatkan hukum yang setimpal. Sang nenek telah melakukan segala cara kepada pihak penegak hukum, namun usahanya tetap saja nihil tidak ada yang percaya bahwa nenek berumur 69 tahun adalah korban pelecehan seksual.

Nenek Hyo Jung meskipun sudah tua, tapi tubuhnya tetap bugar dan sehat. Ini berkat terapi dan melakukan renang secara berkala. Akan tetapi, terapi rutinnya itu justru membawa malapetaka bagi dirinya. Asisten perawat muda yang mendampinginya melakukan perbuatan yang tidak senonoh.

Untuk itu, Hyo Jung melaporkan tindakan asusila tersebut kepada kepolisian. Sang pelaku bernama Lee Jong Ho mengaku bahwa tindakan yang dilakukannya merupakan atas konsen bersama. 

Kasus ini kemudian lanjut di pengadilan. Namun, pihak pengadilan justru menolak untuk memberikan surat penangkapan kepada si asisten perawat itu. Hyo Jeong pun memiliki rencana lain.

3 dari 5 halaman

Berani melawan stigma masyarakat

Ini tidak mudah bagi Hyo Jung untuk mengungkapkan kasus ini ke publik. Dirinya adalah seorang korban, dia merasa trauma dan ketakutan terhadap kejadian malam itu di Rumah Sakit.

Tapi begitu banyak pertentangan serta halangan yang nenek tua itu temui. Belum lagi, anggapan masyarakat yang buruk kepada dirinya.

Hyo Jung tidak peduli kepada semua itu. Dirinya bertekad ingin agar pelaku mendapatkan keadilan hukum atas tindakannya. Akankah Hyo Jung berhasil mencapai tujuannya itu?

4 dari 5 halaman

Teman yang setia mendampingi

Untungnya di tengah ketakutan yang melanda diri Hyo Jung dirinya tidak sendiri. Dia ditemani oleh teman setianya Nam Dong In (Ki Joo Bong). Pemilik toko buku kecil itu selalu berada di sisi Hyo Jung dari awal hingga akhir.

Nam Dong In membuat Hyo Jung berani untuk melaporkan kasusnya ke pihak kepolisian. Sayangnya, respon pihak penegak hukum ini sangat acuh bahkan tidak berusaha untuk bersimpati dengan korban. 

Walaupun proses dari kasus kekerasan seksual ini sangat sulit dan lama, Nam Dong In mengajukan diri untuk menjadi wali dari Hyo Jung. Kewenangannya tidak begitu banyak atas Hyo Jung, tetapi dia ingin agar temannya keluar dari kesengsaraan ini.

5 dari 5 halaman

Nonton An Old Lady di Vidio

Bagaimana menurutmu tentang film berdurasi 100 menit ini? Nonton An Old Lady dan film Korea lainnya bisa di Vidio. Setiap bulannya, Vidio menghadirkan drakor gratis yang bisa disaksikan oleh para pencinta drakor. 

Jadi, jangan sampai ketinggalan info-info terbaru dari layanan streaming Vidio. Selain film dan drakor, bisa nonton sports, e-sports, sinetron, hingga anime tersedia di Vidio.

Penulis: Melly Yustin Aulia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.