Sukses

5 Makanan yang Bisa Bantu Anda Menjaga Kesehatan Usus

Selain mengonsumsi minuman fermentasi, terdapat bahan makanan lain yang dianggap mampu membantu menjaga kesehatan usus.

Liputan6.com, Jakarta Usus adalah salah satu organ pencernaan yang juga penting untuk dijaga kesehatannya. Jika tidak sehat, tentu akan berpengaruh pula nantinya terhadap proses pencernaan manusia. Hingga akhirnya besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit.

Selain mengonsumsi minuman fermentasi, terdapat bahan makanan lain yang dianggap mampu membantu menjaga kesehatan usus. Melansir laman Pinkvilla, simaklah 5 bahan alami yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan usus.

1. Gandum

Bahan ini mungkin terkenal dalam pembuatan kue atau roti. Namun selain itu, gandum juga ternyata bisa digunakan untuk membantu Anda menjaga kesehatan usus.

Siapa sangka, gandum kaya akan serat beta-glukan, yang terkait dengan bakteri usus yang sehat. Selain itu, bahan ini juga dianggap dapat membantu memperlambat pencernaan dengan mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Biji rami

Tak banyak yang tahu bahwa biji rami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Terdapat kandungan gizi yang membuat biji rami dapat menyehatkan usus. Salah satunya mengandung serat yang tinggi.

Selain itu, biji rami juga terkenal sebagai makanan prebiotik dan probiotik. Oleh karena itu, biji rami menyediakan bakteri yang baik sehingga berguna untuk mikrobioma usus.

3. Kenari

Selain menjadi camilan yang lezat, kenari juga dapat membantu meningkatkan proliferasi bakteri usus yang baik. Sebab itu, selain mampu menjaga kesehatan usus, kenari juga dianggap dapat meningkatkan kesehatan serta mengurangi risiko penyakit jantung.

 

3 dari 3 halaman

4. Plum

Buah yang kaya serat ini juga tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan usus. Di samping itu, plum juga dinilai dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Kismis

Selain dijadikan sebagai pelengkap kue, kismis juga berperan dalam menjaga kesehatan usus. Setara dengan dadih, kismis juga sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan usus Anda. Sebab, kismis dapat berperan dalam meningkatkan flora usus. Selain itu, keduanya juga mendukung untuk pertumbuhan bakteri baik di dalamnya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini