Sukses

3 Langkah Sederhana Atasi Kecanduan Makanan Olahan

Makanan olahan yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa mengancam nyawa.

Liputan6.com, Jakarta Makanan olahan dijadikan pilihan sebagian orang yang ingin makan dengan cepat, murah, dan praktis. Namun, makanan olahan yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa mengancam nyawa.

Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2020, makanan olahan memicu berbagai macam penyakit, seperti serangan jantung, strok, hingga penyakit kardiovaskular. Semakin banyak makanan olahan yang dikonsumsi, semakin buruk pula kesehatan Anda.

Terkadang, sulit untuk menghindari keinginan mengonsumsi makanan olahan. Jurnalis AS Michael Moss mengatakan bahwa seseorang umumnya lebih menyukai makanan yang manis, murah, dan penuh kalori kosong.

Dengan demikian, industri makanan olahan berevolusi untuk memenuhi selera masyarakat.

Melansir dari Insider, Minggu (31/10/2021), ada beberapa beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan makanan olahan mengingat bahaya yang mengintai sangat besar. Jadi, Anda bisa mulai menjalani hidup yang lebih sehat.

Langkah pertama yang Moss sarankan adalah mengetahui terlebih dahulu jenis makanan yang menjadi pemicu Anda kehilangan kontrol. Cobalah untuk mengatasi hal tersebut.

Minuman bersoda menjadi pemicu utama yang ditemukan dalam keluarga Moss. Kedua anak laki-lakinya sangat menyukai minuman manis. Namun, akhir-akhir ini, mereka terbiasa mengonsumsi air soda tawar.

Keluarga tersebut berhasil menghilangkan minuman manis dari keseharian dan merasa senang dengan pencapaian ini.

Selanjutnya, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan perhatian sebelum keinginan untuk mengonsumsi makanan olahan muncul.

Jika keinginan untuk mengonsumsi makanan olahan muncul pada pukul 15:00, Anda harus melakukan hal lain pada pukul 14:55.

“Hindari dapur atau telepon teman Anda. Makan camilan sehat seperti segenggam kacang juga bisa membantu Anda bertahan hingga waktu makan malam,” saran Moss.

Moss menambahkan, “Beberapa orang mungkin merasa terbantu untuk menggunakan alarm sebelum waktu untuk mengonsumsi camilan tiba. Jadi, mereka tidak akan terjebak dengan keinginan untuk mengonsumsi makanan olahan.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersabar untuk Atasi Kecanduan Makanan Olahan

Kesabaran menjadi kunci saat Anda sedang berusaha mengatasi kecanduan dari makanan olahan. Pasalnya, aktivitas makan menjadi salah satu kebutuhan dasar hidup.

Moss berpendapat bahwa mengatasi kecanduan makanan olahan akan melatih kembali pola pikir Anda. Hal ini tidak bisa dilakukan dalam semalam.

"Jika Anda memiliki kebiasaan buruk yang terus berkembang sepanjang hidup, Anda tidak bisa menghilangkannya dalam satu atau dua hari, atau bahkan seminggu. Hal ini akan memakan waktu," jelas Moss.

Reporter: Shania

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.