Sukses

Tips Ahli Gizi Saat Perut Kembung Ketika Menstruasi

Lantaran tubuh sudah menahan air, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sesuai dengan rekomendasi ahli gizi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian wanita mungkin sering merasakan perut kembung menjelang siklus mestruasi yang datang setiap bulan. Hal itu tentu membuat seseorang merasa tak nyaman bahkan bisa sampai kesakitan.

Namun, kini permasalahan tersebut mungkin dapat teratasi berkat tips dari ahli gizi Simrun Chopra. Dia membagikan tips mengatasi perut kembung akibat siklus menstruasi.

“Ini terjadi karena perubahan estrogen dan progesteron. Penelitian menunjukkan retensi air biasanya paling tinggi pada hari pertama siklus,” jelas Chopras seperti dikutip dari laman The Indian Express, Minggu (31/10/2021).

Lantaran tubuh sudah menahan air, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sesuai dengan rekomendasi ahli gizi.

1. Kurangi mengonsumsi makanan asin

Makanan ini termasuk makanan olahan. Biasanya makanan olahan mengandung tinggi sodium. Karena itulah, saat perut terasa kembung ada baiknya untuk mengurangi makanan yang terlalu asin atau tinggi sodium.

2. Kurangi karbohidrat olahan

Selain makanan asin, karbohidrat yang diolah juga kurang baik dikonsumsi. Karena itu, jangan dulu mengonsumsi maida (tepung putih) dan gula olahan.

Itu dikarenakan dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah yang dapat menyebabkan ginjal menahan lebih banyak natrium.

3. Hindari alkohol dan kafein

Chopra lebih lanjut menyarankan untuk menghindari terlebih dahulu mengonsumsi alkohol dan kafein disaat memasuki siklus menstruasi. Sebagai gantinya, coba konsumsi makanan yang lebih sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Coba mengonsumsi kalium

Saat rasa kembung datang, coba konsumsi makanan yang kaya akan kalium. Makanan ini dianggap mampu mengurangi kadar natrium. Misalnya Anda dapat menambahkan sayuran, seperti bayam, ubi jalar, pisang, alpukat, atau tomat.

5. Diuretik alami

Makanan ini dianggap mampu meningatkan produksi urin. Anda bisa coba menambahkan asparagus, nanas, persik, mentimun, jahe, atau bawang putih.

6. Konsumsi air

Hal penting lainnya adalah memastikan Anda minum air yang cukup. Sebagai tanda bahwa tubuh Anda telah menerima air dengan baik adalah dari warna urin yang terlihat jernih.

7. Lakukan olahraga

Melakukan olahraga atau latihan kecil dapat membantu mengurangi retensi air dan kembung secara umum. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.