Sukses

Lakukan 5 Cara Ini Saat Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang jika ingin mendapat tidur yang nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Tidur adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tidur, seseorang mampu menjaga kesehatan tubuh, mental, hingga emosionalnya.

Selain itu, juga dianggap mampu menjaga kesehatan kulit dengan memungkinkan pertumbuhan dan regenerasi sel.

Jika seseorang sulit tidur sehingga jam tidurnya berkurang, itu dapat memperburuk keadaan tubuh. Tidak menutup kemungkinan pula dapat menyebabkan sejumlah masalah terhadap kulit.

Manajer pemasaran Livpure Ankit Gaur mengatakan, pola tidur yang tidak teratur atau kurang tidur dapat membuat kulit terganggu, dehidrasi, bahkan kusam. Hal tersebut akhirnya bisa memicu tumbuhnya jerawat, kerutan, dan bekas luka.

Karena itu, Gaur akhirnya membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang jika ingin mendapat tidur yang nyenyak. Dikutip dari laman The Indian Express, Selasa (26/10/2021), cara-cara tersebut antara lain:

1. Gunakan kasur yang berkualitas baik

Kasur dengan kualitas rendah cenderung menyebabkan rasa sakit sehingga membuat tidur tidak nyenyak.

Cara terbaik untuk memastikan tidur bisa nyenyak adalah dengan memakai kasur yang berkualitas tinggi. Di samping itu, tidur yang berkualitas di kasur yang tepat juga bisa berkontribusi pada kesehatan tubuh seseorang.

2. Gunakan aromaterapi

Aromaterapi cukup efektif untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak. Misalnya menggunakan aromaterapi lavender disaat sedang tidur.

Tidak hanya membuat pola tidur lebih baik, tetapi juga membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan menenangkan pikiran. Alhasil ketika bangun di pagi hari merasa segar dan berenergi.

3. Gunakan masker mata

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan masker mata saat tidur. Masker yang berkualitas baik dapat membantu mencegah cahaya yang mengganggu saat tidur. Masker mata berbahan sutra misalnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Berlatih pernapasan

Beberapa orang percaya bahwa setelah melewati hari yang melelahkan dengan beragam kegiatan, seseorang dapat tidur dengan mudah. Akan tetapi, itu tidak selamanya benar.

Terkadang rasa stres yang muncul justru tidak bisa membuat kita tidur. Saat itulah Anda perlu mencoba beberapa teknik pernapasan. Salah satunya adalah teknik pernapasan 4-7-8 yang dapat membantu memperlambat detak jantung dan mengalihkan fokus Anda dari stres.

5. Gunakan gorden yang berwarna gelap

Cara terakhir, Anda bisa menggunakan gorden berwarna gelap atau penggelap ruangan di kamar tidur.

Hal itu berguna untuk mencegah cahaya dari luar yang masuk ke kamar sehingga dapat mengganggu tidur Anda.

Selain membantu mengatur cahaya, cara ini juga dikatakan dapat membantu mengatur suhu dan mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan.

Selain kelima cara tersebut, ada pula cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat tidur Anda nyenyak.

Misalnya membaca buku atau majalah saat di tempat tidur, bermeditasi, melakukan yoga, membuat jurnal, mendengarkan musik, atau mandi air hangat.

Gaur mengatakan, cara seperti itu dapat membantu pola tidur yang efektif sehingga membuat Anda segar ketika bangun di pagi hari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.