Sukses

Intip Lima Manfaat Jalan Cepat bagi Kesehatan

Semakin cepat Anda berjalan, maka semakin banyak pula manfaat yang didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Jalan kaki menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Beberapa penelitian juga menunjukkan kegiatan ini bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental sehingga menjadi olahraga yang paling umum dilakukan oleh banyak orang.

Kecepatan seseorang saat berjalan tidak selalu sama. Namun, penting untuk diketahui bahwa semakin cepat Anda berjalan, maka semakin banyak pula manfaat yang didapatkan.

Melansir dari Times Now, Rabu (120/10/2021), berjalan dengan langkah yang cepat dikenal sebagai jalan cepat. Hal ini dipraktikkan dalam berbagai bentuk, misalnya jalan cepat secara terus-menerus, mengombinasikan jalan cepat dan jalan santai, hingga mengombinasikan jalan cepat dan jogging.

Ketika berjalan dengan cepat, Anda harus menerapkan teknik yang benar. Berikut adalah beberapa tips agar jalan cepat lebih efektif.

1. Pastikan tubuh dalam kondisi rileks.

2. Pandangan menatap lurus ke depan, kepala ke atas, dan rilekskan leher.

3. Lengan harus rileks dan berayun saat berjalan.

4. Pastikan tubuh dalam kondisi tegak dengan punggung yang lurus.

5. Gunakan dan latih jari-jari kaki saat sedang berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jalan Cepat

Inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berjalan dengan cepat bagi kesehatan.

1. Menyehatkan Jantung

Jalan cepat bisa membantu mengatur gula darah dan tekanan darah, mengurangi risiko obesitas atau kelebihan berat badan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Sederet manfaat tersebut bisa menjaga jantung agar tetap sehat dan aktif sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Manajemen Berat Badan

Apabila Anda berencana untuk menurunkan berat badan, jadikan jalan cepat sebagai aktivitas wajib yang dilakukan setiap hari. Jalan cepat bisa membantu membakar kalori dan lemak lebih cepat sehingga membantu manajemen berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Beberapa penelitian berhasil menunjukkan bahwa jalan cepat bisa meningkatkan suasana hati dengan mengurangi ketegangan dan stres. Selain itu, jalan cepat juga membantu meningkatkan memori dan kualitas tidur sehingga memastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

3 dari 3 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Tubuh membutuhkan tulang dan otot yang sehat karena berpengaruh pada keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan. Jalan cepat bisa membantu memperkuat kesehatan otot dan tulang dengan meningkatkan sirkulasi dan beratnya.

5. Membantu Berumur Panjang

Tubuh yang kuat memiliki potensi untuk tetap sehat dalam jangka waktu yang lebih lama. Jalan cepat bisa membantu seseorang berumur panjang karena meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Reporter: Shania

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.