Sukses

Pesan Moral dalam Kartun Tayo the Little Bus yang Tayang di Vidio

Anak-anak mungkin hanya mengagumi keindahan dan kelucuan karakter Bus Tayo. Namun, tahukah Anda bahwa pesan moral yang terkandung dalam serial kartun ini ternyata cukup banyak.

Liputan6.com, Jakarta Tayo the Little Bus merupakan serial animasi anak asal Korea Selatan yang diproduksi oleh Iconix Entertainment. Serial ini pertama kali ditayangkan pada 23 Agustus 2010 di saluran Educational Broadcasting System (EBS). Hingga kini, program hiburan anak ini telah menayangkan lebih dari 150 episode yang terbagi dalam 6 season.

Kartun ini menceritakan tentang Tayo, sebuah bus kecil berwarna biru yang bertualang di lalu lintas kota bersama teman-temannya. Tayo adalah bus yang ramah dan suka menolong. Serial animasi ini mengajarkan tentang ketertiban berlalu lintas, persahabatan dan tolong-menolong terhadap sesama.

Anak-anak mungkin hanya mengagumi keindahan dan kelucuan karakter Bus Tayo. Namun, tahukah Anda bahwa pesan moral yang terkandung dalam serial kartun ini ternyata cukup banyak. Anda bisa menemani si kecil sambil mengajari pesan moral yang terkandung di dalamnya. Ingin tahu apa saja pesan moral dari kartun Tayo? Berikut adalah rangkumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengajarkan Bertanggung Jawab

Sifat bertanggung jawab berarti bersedia menerima risiko dari perbuatan sendiri. Dalam beberapa scene, kartun ini mengajarkan nilai tanggung jawab terhadap pemirsa.

Misalnya ketika karakter Toto yaitu bertanggung jawab atas pekerjaan yang dijalankan walaupun pada saat sedang menikmati hari liburnya. Hal positif tersebut penting untuk diterapkan kepada anak sejak dini agar dapat terserapnya sikap tanggung jawab kepada seorang anak.

Selain bertanggung jawab, manfaat lain dari menonton kartun Tayo the Little Bus adalah bisa menjadi sarana untuk anak belajar tolong menolong. Sifat tolong-menolong tergambar dalam beberapa scene yang ada di serial ini.

Misalnya ketika Lani yang akan berencana untuk pergi menikmati hari liburnya,namun ia justru membantu mobil sekolah yang rusak. Lani pun menggantikan bus sekolah yang rusak dengan memberikan tumpangan bagi anak-anak yang akan pergi berpiknik membuat anak-anak kembali bahagia. Dalam adegan ini mengajarkan untuk senantiasa membantu orang lain walau dalam keadaan apapun.

3 dari 4 halaman

Belajar tentang Kedisiplinan

Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian dengan tujuan untuk mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib.

Sifat disiplin ditunjukkan oleh dalam scene Tayo dan Rogi yang pulang terlambat dan sangat mengkhawatirkan teman mereka, Cito. Benar saja, ternyata Cito sangat marah ketika melihat Tayo dan Rogi pulang dengan terlambat dan dalam keadaan kotor. Adegan ini mengajarkan pada anak bahwa mereka perlu untuk disiplin dalam waktu bermain.

Kartun ini mengajarkan pentingnya memperhatikan rambu lalu lintas sejak usia dini. Sikap taat  lalu lintas ditunjukkan pada scene Tayo yang melambat ketika lampu merah menyala dan berhenti di belakang marka jalanBanyak manfaat yang akan mereka ketahui ketika mereka akan mulai turun sebagai pengguna jalan dan akan memahami peraturan yang wajib ditaati dan dimengerti.

4 dari 4 halaman

Nonton Kartun Tayo the Little Bus di Vidio

Itu dia pesan moral yang terkandung dalam serial kartun Tayo the Little Bus movie. Kisah Tayo dan kawan-kawan memang sayang untuk dilewatkan. Serial animasi ini cocok disaksikan bersama keluarga untuk mengisi akhir pekan.

Segera nonton tayo the little bus the movie di website resmi Vidio atau download aplikasinya sekarang! Jangan lupa berlangganan untuk nonton animasi populer lainnya lengkap dengan sub hingga dubbing Indo.

Jangan lupa untuk buka blog Vidio untuk update informasi terbaru tentang rekomendasi film, drama, sinopsis, fakta menarik, hingga jadwal pertandingan olahraga karena #SemuaAdaDiVidio.

Penulis: Adhera Wardani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.