Sukses

Lakukan Peregangan Saat Punggung Belakang Bagian Bawah Sakit Akibat Duduk Terlalu Lama

Seseorang yang duduk berjam-jam dengan posisi yang tidak benar dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dari rumah atau dikenal dengan work from home (WFH) menjadi cukup populer sejak adanya pandemi Covid-19. Sebetulnya aktivitas tersebut memiliki sisi baik dan burukn. Salah satunya berdampak untuk kesehatan tubuh seseorang.

Sebuah jajak pendapat Gallup yang dilakukan pada bulan Januari menunjukkan bahwa 56 persen dari karyawan Amerika yang selalu atau kadang-kadang bekerja dari rumah atau duduk lebih dari tujuh jam setiap hari, memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh khususnya untuk punggung belakang bagian bawah.

Lebih banyak membungkuk di depan komputer/laptop, bekerja dari rumah terkadang dikatakan tidak cukup optimal jika dibandingkan bekerja di kantor. Seseorang yang duduk berjam-jam dengan posisi yang tidak benar dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang sekaligus persendian.

Bahkan dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Hal ini bisa terjadi karena pelindung tulang belakang terlalu tegang.

Untuk mengantisipasinya, buatlah tempat kerja yang nyaman dengan posisi yang benar. Selain itu, olahraga pula yang cukup. Itulah beberapa kunci untuk mencegah sakit punggung.

Selain itu, para ahli dari kedokteran pun sering menyarankan untuk melakukan peregangan. Hal ini penting untuk mengatasi cedera tulang belakang khususnya nyeri punggung.

Seorang dokter dari The Sport Institute di University of Washington Medical Center Cindy Lin, membagikan peregangan harian favoritnya. Peregangan ini pun super mudah dilakukan untuk membantu mengatasi nyeri punggung bagian bawah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Meregangkan

Menurutnya, peregangan favoritnya ini sangat membantu meringankan cedera tulang belakang yang disebabkan karena duduk terlalu lama. Anda bisa melakukannya 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Dikutip dari CNBC, Rabu (22/09/2021), berikut ini caranya.

1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Buat rileks kepala dan bahu.

2. Letakkan tangan di atas panggul.

3. Luruskan lutut dan perlahan dorong tulang belakang sedikit ke belakang.

4. Tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 menit, lalu perlahan kembali ke posisi tegak.

5. Ulangi sebanyak lima kali.

 

 

3 dari 4 halaman

Tambahkan Modifikasi Sederhana

Selain gerakan tersebut, Anda juga bisa menambahkan beberapa gerakan modifikasi.

Selain meletakkan tangan di pinggul, Anda juga bisa memegang lengan dengan tangan. Lakukan gerakan ini di atas atau belakang kepala. Detailnya, siku mengarah ke samping. Kemudian, lakukan cara yang sudah disebutkan tadi.

Gerakan modifikasi seperti itu dianggap dapat membantu meregangkan otot dada yang kencang. Selain itu, juga bisa mencegah bahu membungkuk dan memperpanjang tulang belakang bagian atas.

Peregangan ini sangat praktis karena Anda pun bisa melakukannya sambil duduk.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Peregangan

Selain berolahraga, peregangan seperti ini pun penting dilakukan. Terlebih ketika harus duduk berjam-jam di depan laptop.

Sebab perlu diingat, kurangnya aktivitas fisik dapat berpengaruh pada kekuatan persendian dan otot.

Bahkan menurut penelitian, berisitirahat atau meluangkan waktu untuk berjalan sekitar 20 sampai 30 menit itu bisa berdampak baik.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.