Sukses

Coba Konsumsi Makanan Ini Kalau Suasana Hati Sedang Tidak Baik

Seorang ahli diet berbagi informasi mengenai makanan dan nutrisi yang turut berperan dalam meningkatkan mood seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Makanan berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Di samping itu, diet yang seimbang pun bisa membuat seseorang berenergi sepanjang hari dan menyeimbangkan suasana hati.

“Makanan memiliki peran utama dalam menyeimbangkan suasana hati kita, baik bahagia, sedih, marah, depresi, atau cemas. Para peneliti telah mempelajari beberapa makanan dan nutrisi yang dikaitkan dengan kesehatan otak,” kata ahli diet Rumah Sakit Jaslok Jyoti Bhatt, seperti dikutip dari The Indian Express, Selasa (21/9/2021).

Karena itulah, Bhatt berbagi informasi mengenai makanan dan nutrisi yang turut berperan dalam meningkatkan mood seseorang.

1. Cokelat hitam

Kakao kaya akan triptofan yang biasa digunakan otak untuk memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter. Serotonin ini adalah hormon kunci yang dapat membantu menstabilkan suasana hati seseorang.

2. Teh hijau

Teh ini dikenal dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan. Teh hijau mengandung antioksidan, seperti catechin (EGCG) yang membantu meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, teh ini juga dianggap bisa membantu seseorang merasa waspada karena adanya kandungan kafein.

3. Paprika

Paprika kaya akan vitamin A dan B6. Kedua nutrisi tersebut penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Selain itu, juga bisa membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepinerfin yang dapat mempengaruhi suasana hati.

4. Makanan kaya omega-3

Omega-3 dianggap mampu membantu mengendalikan penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan memiliki sifat antioksidan.

Di samping itu, omega-3 juga dikenal karena bisa menurunkan depresi, kondisi mental, dan perilaku lainnya. Salah satu makanan yang kaya akan omega-3 adalah salmon, biji rami, biji chia, kacang-kacangan.

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Makanan yang di fermentasi

Makanan yang di fermentasi berperan untuk menjaga kesehatan usus. Sebab, di dalam makanan atau minuman yang di fermentasi, mengandung bakteri probiotik.

Makanan itu seperti kimchi, buttermilk, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt. Makanan yang di fermentasi ini dianggap bisa memperbaiki suasana hati karena adanya serotonin yang diproduksi di usus.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber yang kaya akan mineral, vitamin, magnesium, dan memiliki sifat antioksidan.

Makanan ini juga bisa menjaga mood menjadi lebih baik. Sebab, kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi.

7. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau itu seperti bayam, methi, dan yang mengandung vitamin B folat. Jika seseorang kekurangan sayuran hijau, dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin.

8. Kafein

Terakhir adalah kafein. Kafein ini dapat membantu meningkatkan kinerja dan suasana hati dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak. Selain itu, beberapa orang yang minum kafein akan merasakan dampak yang berbeda-beda, seperti sulit tidur, sedih, atau mudah tersinggung. Jika berdampak seperti itu, lebih baik jangan mengonsumsinya. Sebagai gantinya, konsumsi minuman bebas kafein dengan memilih minuman rendah kafein, seperti teh hitam atau teh hijau.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini